eprintid: 15281 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/52/81 datestamp: 2022-06-27 04:37:12 lastmod: 2022-06-27 04:37:12 status_changed: 2022-06-27 04:37:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Syalsabillah, Syalsabillah creators_name: Basuki, Maryono creators_name: Hariyati, Farida creators_id: idha_004@yahoo.com creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Persepsi Siswa SMAN 87 dan SMK Trikarya Jakarta Terhadap Tayangan Reality Show “Katakan Putus” di Trans TV ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Televisi memiliki kelebihan dari media massa lainnya karena bersifat audio dan visual. Di Indonesia stasiun televisi swasta jumlahnya relatif banyak sehingga persaingan untuk mendapat penonton semakin ketat. Banyak program televisi yang bermunculan demi menarik perhatian penonton. Untuk itu stasiun televisi Trans TV membuat program-program acara yang menarik penonton, seperti program reality show “Katakan Putus” yang menyajikan adegan sesuai dengan kenyataan dan para pemainnya bukan selebritas melainkan orang biasa. Fokus penelitian ini adalah pada persepsi khalayak terhadap tayangan reality show “Katakan Putus”. Paradigma penelitian ini adalah positivisme. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kognitif. Asumsi teori ini bahwa individu mempunyai kemampuan memproses informasi. Kemampuan memproses informasi tergantung kepada faktor kognitif, yang perkembangannya secara bertahap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data adalah survei. Populasi penelitian ini adalah siswa SMAN 87 dan SMK Trikarya Jakarta yang berjumlah 840 siswa. Sampel sebanyak 150 siswa Selanjutnya, penelitian ini melakukan uji validitas, reliabilitas, independent samples test dan mean independent samples test. Hasil penelitian tabel frequency yaitu dengan frekuensi responden 59,1% untuk SMAN 87 Jakarta dan 67,7 untuk SMK Trikarya Jakarta pada kategori negatif. Artinya, persepsi siswa SMAN 87 dan SMK Trikarya Jakarta terhadap tayangan Reality Show “Katakan Putus” di Trans TV negatif. Responden menilai adegan dalam tayangan ini tidak perlu diikuti responden. Secara akademis penelitian ini diharapkan menambah referensi teori kognitif berkaitan dengan rangsangan yang diterima orang untuk mengetahui lebih dalam mengenai persepsi khalayak. Secara metodologis penelitian ini menggunakan metode delphie technique untuk pengumpulan data, bahwa pada delphie technique tidak ada diskusi melainkan semua kegiatan dilakukan secara tertulis melalui kuesioner. Secara praktis penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat terhadap lembaga penyiaran televisi swasta yakni Trans TV dalam meningkatkan kualitas program acara televisi yang inspiratif dan edukatif. date: 2016 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Abdullah, Ma’ruf. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Andi. 1996. Penerapan Psikologi dalam Perawatan. Yogyakarta: Yayasan Essentia Medica. Andy Corry dan Morissan. 2008. Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta: Ramdina Prakarsa. Ardianto, Elvinaro. 2004. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. ______________. 2006. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana. Cangara, Hafied. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Effendy, Onong Uchjana. 1993. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakrya ____________________. 2003. Ilmu teori & filsafat komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti ____________________, 2008. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. El Hafiz, Subhan. 2013. Dasar-Dasar Psikologi. Jakarta. Fachruddin, Andi. 2012. Dasar-Dasar Produksi Televisi. Jakarta: Kencana. ______________. 2013. Dasar-Dasar Penyiaran. Jakarta: Kencana ______________. 2015. Cara Kreatif Memproduksi Program Televisi. Yogyakarta. Hartiningsih. 2014. Komunikasi Massa Televisi Dan Tayangan Kekerasan Dalam Mendekatkan Kasus. Jakarta: Rajawali Pers. Kasali, Rhenald. 1992. Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti. Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana. _________________. 2008. Teknik Praktik Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana. _________________. 2010. Teknik Praktik Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana. _________________. 2012. Teknik Praktik Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana. McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika. Morissan. 2011. Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio&Televisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nurhadi, Zikri Fachrul. 2015. Teori-teori Komunikasi: Teori Komunikasi Dalam Perspektif Penelitian Kualitatif. Bogor: Ghalia Indonesia. Rakhmat, Jalaludin. 1985. Psikologi komunikasi. Bandung: Remadja Karya CV _______________. 2004. Psikologi komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosadakarya Riswandi. 2009. Dasar-Dasar Penyiaran. Yogyakarta: Graha Ilmu. Rohim, Syaiful. 2009. TEORI KOMUNIKASI: Perspektif, Ragam & Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta. Salim, Agus. 2001. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana. Sarwono, Sarlito Wirawan. 2003. Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. _____________________. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Sarwono, Sarlito W, dan Eko W. Meinamo. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika. Sukardi. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum Dalam Lintas Sejarah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Suprapto, Tommy, Peplau, Letitia Anne & Sears, David O. 2006. Pengantar Teori Komunikasi. Yogyakarta: Media Pressindo Sumber Skripsi: Wenny Arly, 2012. Persepsi Siswa SMAN 3 Depok Terhadap Tayangan pesbukers di ANTV. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Sefriani, 2011. Persepsi Ibu-Ibu RW 10 Kelurahan Gandaria Utara terhadap Reality Show Bukan Sinetron Di Global TV Episode “Derita Kawin Muda”. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Dhany Riyadi, 2012. Persepsi Warga Swadarma Raya Kampung Baru RW 02 Kelurahan Ulujami Jakarta Selatan Terhadap Tayangan reality Show “Jika Aku Menjadi” Di Trans TV. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Sumber Internet: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Katakan_Putus (Diakses pada tanggal 12 Maret 2016) https://id.m.wikipedia.org/wiki/Trans_TV (Diakses pada tanggal 12 Maret 2016) http://id.m.wikihow.com/Menjadi-Aktor-atau-Aktris-yang-Baik (Diakses pada tanggal 10 Juni 2016) http://www.Markaz-production.com/tahap-produksi-film/ (Diakses pada tanggal 10 Juni 2016) http://www.goodreads.com/topic/show/1247450-alur-dan-plot-dalam-cerita (Diakses pada tanggal 10 Juni 2016) https://www.youtube.com/watch/v=6CO12sdJe8o (Diakses pada tanggal 11 Juni 2016) https://www.youtube.com/watch/v=6CO12sdJe8o (Diakses pada tanggal 11 Juni 2016) https://www.youtube.com/watch?v=oLdHDFpB6LY (Diakses pada tanggal 11 Juni 2016) https://www.youtube.com/watch?v=ChcVTe1RXOg (Diakses pada tanggal 11 Juni 2016) http://id.wikipedia.org/wiki/Trans_TV#Direksi (Diakses pada tanggal 24 Oktober 2016) http://id.wikipedia.org/wiki/Trans_TV#Perubahan_logo (Diakses pada tanggal 24 Oktober 2016) citation: Syalsabillah, Syalsabillah dan Basuki, Maryono dan Hariyati, Farida (2016) Persepsi Siswa SMAN 87 dan SMK Trikarya Jakarta Terhadap Tayangan Reality Show “Katakan Putus” di Trans TV. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15281/1/FISIP_ILKOM_1206015088_Syalsabillah.pdf