eprintid: 15277 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/52/77 datestamp: 2022-06-27 04:34:46 lastmod: 2022-06-27 04:34:46 status_changed: 2022-06-27 04:34:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Cahyanty, Oktannafia Dwi creators_name: Masykuroh, Khusniyati creators_id: Oktannafia98@gmail.com creators_id: khusniyati.masykuroh@uhamka.ac.id title: Pengaruh Reward Stiker Bintang Terhadap Kedisiplinan Anak Usia 5-6 Tahun Pada Kegiatan Belajar Dari Rumah ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86207 abstract: Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemberian reward stiker bintang terhadap Kedisiplinan anak usia 5-6 tahun pada kegiatan belajar dari rumah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif asosiatif. Dengan pengambilan sampel jenuh dari seluruh anak usia 5-6 tahun di TK Cahaya Mughni. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh dengan jumlah responden sebayak 32 anak. Uji validitas dan reliabilitas pada penelitian ini menggunakan pendapat para ahli (expert judment) pada salah satu dosen FKIP UHAMKA dan uji konstruk dengan koesiner yang telah diuji cobakan di TK Amaryllis dengan responden sebanyak 26 responden dan sebanyak 33 pertanyaan dengan 29 soal valid dan 4 soal tidak valid. Sedangkan untuk uji reabilitas menggunakan cornbac’h alpa dengan nilai realibitas 0,939 > 0,6 maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya uji persyaratan normalitas dengan menggunakan uji normalitas one sample kolmogrorov-smirnov, terdapat nilai singnifikasi 0,780, maka nilai singnifikasi 0,780 > 0,05, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai residual berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas terlihat nilai sig sebesar 0,080 yang artinya nilai sig 0,080 > 0,05 yang artinya dua variansi distribusi data tersebut homogen. Hasil dari uji koefisien determinan menunjukan bahwa nilai kolerasi r sebesar 0,512, dan dari hasil tersebut maka diperoleh koefisien deteminan (R square) sebesar 0,262, dari nilai tersebut dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh variabel bebas (reward stiker bintang) terhadap variabel terikat (kedisiplinan anak usia 5-6 tahun). Besarnya pengaruh pada variabel bebas (reward stiker bintang) terhadap variabel terikat (kedisiplinan anak usia 5-6 tahun) sebanyak 26,2 %. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: AGUSTINA, I. U. (2018). PENGARUH TEKNIK TOKEN ECONOMY DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SANTRIWATI PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL (PDF) WUSTHA KELAS ISTI’DAD (PERSIAPAN) DI PONDOK PESANTREN ASSALAFI AL FITHRAH SURABAYA. Procedia Computer Science, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.15439/2019F121 Anugerahwaty, R. (2018). PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP KEDISIPLINAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATTHFAL KOTAMADYA JAKARTA TIMUR. 03(1), 85–93. Ardianto, R., Priyanto, S., Studi, P., Teknik, P., & Tamansiswa, U. S. (2017). 0.433 dan F. 5(1), 46–55. Arifatun, F. (2015). PENGARUH TOKEN ECONOMY TERHADAP DISIPLIN ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK. 8. Aulina, C. N. (2013). Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 36. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.45 Dewi, D. A. N. N. (2018). Modul Uji Validitas dan Reliabilitas. Www.Researchgate.Net/, 7(October), 1–8. Edwards, B. (2014). .University of Otago, and Office of the Children’s Commissioner The Discipline and Guidance of Children. Journal. (A Summary of Research Children’s Issues Centre). Edy, E., CH, M., Sumantri, M. S., & Yetti, E. (2018). Pengaruh Keterlibatan Orangtua Dan Pola Asuh Terhadap Disiplin Anak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 221–230. https://doi.org/10.21009/jpud.122.03 Fanani, I., Djati, S. P., & Silvanita, K. (2016). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) (Studi Kasus RSU UKI). Indonesian Christian University, 1(1), 80–89. Fayez, M., Ahmad, J. F., & Oliemat, E. (2016). Jordanian Kindergarten and 1st-Grade Teachers’ Beliefs About Child-Based Dimensions of School Readiness. Journal of Research in Childhood Education, 30(3), 293–305. https://doi.org/10.1080/02568543.2016.1178195 Hasan, M. (2011). pendidikan anak usia dini. jogjakarta: jogjakarta diva press 2010. Howard, B. J. (n.d.). Discipline in Early Childhood. Development and Behavior: The Very Young Child, 38(6), 1351–1369. https://doi.org/10.1016/S0031-3955(16)38224-4 Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak jilid 2. jakarta: Erlangga. Jannah, L. M., & Prasetyo, B. (2011). Pendekatan Kuantitatif. Materi Pokok Metode Penelitian Kuantitatif, 1–19. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/4598/2/SOSI4311-M1.pdf Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. Lukitasari, S. (2017). Deskripsi Kedisiplinan Anak Usia 5-6 Tahun di KB/TK Pedagogia. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(6), 231–240. Retrieved from journal.student.uny.ac.id › ojs › index.php › pgpaud › article › download%0A%0A Masnipal. (2012). Siap Menjadi Guru dan Pengelola Paud Profesional. jakarta: PT ELEX Media Komputindo. McLeod, S. A. (2007). Skinner - Operant conditioning. Simply Psychology, Vol. 1, p. 2. Retrieved from http://www.simplypsychology.org/operant-conditioning.html Mufidah, U. (2015). Efektivitas Pemberian Reward Melalui Metode Token Ekonomi Untuk Meningkatan Kedisiplinan. Nuryadi, Tutut Dewi Astuti, Endang Sri Utami, & Martinus Budiantara. (2017). Dasar-Dasar Statistika Penelitian. Nyoman Rohmaniah , I Made Tegeh, M. M. (2016). PENERAPAN TEKNIK MODIFIKASI PERILAKU TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATAN KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI. Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2). Psikologi, J., & Diponegoro, U. (2006). Reliabilitas Dan Validitas Konstruk Skala Konsep Diri Untuk Mahasiswa Indonesia. Reliabilitas Dan Validitas Konstruk Skala Konsep Diri Untuk Mahasiswa Indonesia, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.14710/jpu.3.1.1 Purwanto. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas Dan Reliabilitas Penelitian Ekonomi Syariah. In A. Saifudin (Ed.), StaiaPress. Purworejo: StaiaPress. R, P. R. K. (2015). A Study on the Impact of Rewards and Recognition on Employee Motivation. International Journal of Science and Research (IJSR), 4(11), 1644–1648. https://doi.org/10.21275/v4i11.nov151549 Rimm, D. S. (2003). Mendidik dan Menerapakan Disiplin Pada Anak Prasekolah. jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Riwidikdo. Rohmat, A. (2017). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kedisiplinan Siswa Di Ma Islamiyah Ciputat. Retrieved from http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/35293/2/ABDUL ROHMAT-FITK.pdf Rusdinal dan Elizar. (2005). Pengelolaan Kelas Di Taman Kanak-Kanak. JAKARTA: Depdiknas RI. Sabartiningsih, M., Muzakki, J. A., & Durtam, D. (2018). Implementasi Pemberian Reward Dan Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 60. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i1.2468 Setiawan, C. K., & Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh Green Marketing Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk The Body Shop Indonesia (Studi Kasus Pada Followers Account Twitter @TheBodyShopIndo) Cruisietta. Jurnal Ilmiah M-Progress, 10(1), 1–9. Severe, S. (2003). Bagaimana Bersikap Pada Anak Agar Anak Prasekolah Anda Bersikap Baik. Jakarta.: gramedia. Shochib, D. M. (2002). Pola Asuh Orangtua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. (PT Rineka Cipta., Ed.). jakarta. Sugiyono.., dan R., & D). (2015). Penelitian Pendidikan.(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. jakarta: Alvabeta. Sugiyono. (2015). Penelitian Pendidikan.(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D). Jakarta: Alvabeta. Suharsimi Arikunto. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Sutari Imam Burnadib. (1982). Pengantar Mendidik Anak-anak. Institut Press IKIP Yogyakarta. Syahputra, D., Manajemen, J., & Ekonomi, F. (2019). PENERAPAN REWARD STIKER BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PENGENALAN MEMBACA IQRO’ DI TKIT AL FALAAH KECAMATAN SIMO KABUPATEN BOYOLALI. Syarbini, amirulloh. (2014). Model Pendidikan Karakter dalam keluarga. Jakarta.: PT ELEX Media Komputindo. Vinayastri, A., Masykuroh, K., Fitriani, E., & Anugerahwaty, R. (n.d.). ANALISIS PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PEMBERIAN REWARD TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA DINi. 6, 11–20. Wahyuni Nadar, Tina Maharani, S. S. (2019). PENINGKATAN KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE PEMBIASAAN TOKEN ECONOMY. 1, 637915. Wantah., M. J. (2005). Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral Pada Anak usia dini. jakarta: Depdiknas RI. Zamzami, M. R. (2015). Penerapan Reward and Punishment Dalam Teori Belajar Behaviorisme. Ta’limuna, 4(1), 1–20. citation: Cahyanty, Oktannafia Dwi dan Masykuroh, Khusniyati (2020) Pengaruh Reward Stiker Bintang Terhadap Kedisiplinan Anak Usia 5-6 Tahun Pada Kegiatan Belajar Dari Rumah. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15277/1/FKIP_PENDIDIKAN%20ANAK%20USIA%20DINI_1601035017_OKTANNAFIA%20DWI%20CAHYANTY.pdf