eprintid: 15270 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/52/70 datestamp: 2022-06-27 04:13:33 lastmod: 2022-06-27 04:13:33 status_changed: 2022-06-27 04:13:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Farezy, Muhammad Kemal creators_name: Ramadhan, Said creators_name: Putra, Gilang Kumari title: Strategi Media Relations Humas Pemerintah Kota Bekasi Dalam Upaya Menangani Isu Negatif Kota Bekasi di Media Sosial ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Pada saat ini Humas atau Hubungan Masyarakat dalam sebuah organisasi berperan sangat besar, hampir tidak ada satupun organisasi, perusahaan dan institusi pemerintahan sekalipun yang tidak memiliki bagian Humas di dalam struktur organisasinya. Dalam penelitian ini, Humas Pemerintah Kota Bekasi melakukan strategi dalam mengelola hubungan baik dengan media. Lewat media relations Humas berupaya menangani isu Kota Bekasi di sosial melalui beberapa teknis media relations. Penelitian ini menjelaskan strategi apa yang Humas Pemerintah Kota Bekasi lakukan dalam membina hubungan baik dengan media dan menangani isu negatif di sosial. Selain itu, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode studi kasus dan teori infrormasi organisasi (grand theory) dan konsep Media Relations yang menjadi landasan pemikiran penelitian ini. Keterikatan teori informasi organisasi dengan penelitian ini adalah bagaimana Humas Pemerintah Kota Bekasi memproses ketidakjelasan informasi yang masuk ke Humas baik yang melalui eksternal maupun internal organisasi. Hasil penelitian menunjukan Humas Pemkot Bekasi telah melakukan kegiatan media relations, tidak hanya menggunakan media konvensional dalam kegiatan penyampaian pesan namun juga menggunakan media baru yaitu media sosial untuk mengikuti perkembangan teknologi komunikasi. Diharapkan penelitian selanjutnya menggunakan pendekatan kuantitatif meneliti respon warga Bekasi terhadap program kerja Humas agar memperoleh data jauh lebih terukur. Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat dan menambah pengetahuan penelitian selanjutnya dalam kajian teori humas seperti teori informasi organisasi dan konsep media relations. date: 2016 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Afdhal, Ahmad Fuad, 2008, Tips & Trik Public Relations, Jakarta: Grasindo. Arifin, Anwar. 2003. Komunikasi Politik: Paradigma-Teori-Aplikasi-Strategi Komunikasi Politik Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Anggoro, Linggar.M, 2000. Teori dan Profesi Kehumasan Serta Aplikasinya di Indonesia,PT Bumi Aksara, Jakarta. Ardianto, Elvinaro dan Soemirat. 2007. Pengantar Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Bungin, Burhan. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers. Cangara, Havied. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Raja Grafindo Persada, Jakarta Cutlip, Scott M, Allen H. center, & Glenn, M. Broom. 2009. Effective Public Relations edisi kesembilan, jakarta : Prenada Media Group. Dan Lattimore, Otis Baskin, Suzette T. Heiman dan Elizabeth L. Toth, Public Relations, Profesi dan Praktik, Salemba Humanika, Jakarta, 2010. Danandjaja. 2011. Peranan Humas dalam Perusahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu Darmastuti, Rini. 2007. Etika PR & E-PR. Yogyakarta: Gaya Media Denzin, N. K dan Lincoln. 2009. The Sage Handbook of Qualitative Research Devito, Joseph, A.1997. Human Communication. New York: Harper Collinc Colege Publisher. Diah, Wardhani, 2008. Media Relations : Sarana Membangun Reputasi Organisasi,Graha Ilmu, yogyakarta. Effendy, Onong Uchjana. 2005. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik, Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya Eriyanto. 2005. Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, Dan Politik Media, Yogyakarta: PT LkiS Pelangi Aksara. Holmes, David, 2005. Teori Komunikasi : Media Teknologi dan Masyarakat, Pustaka Pelajar, Yogyakarta. Iriantara, Yosal. 2006 Community Relations Konsep dan Alplikasinya, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung. Jefkins, Frank. 1992, Hubungan Masyarakat, PT. intermasa, Jakarta. Liliweri, Alo. 2003. Makna Budaya Dalam Komunikasi Antar budaya, Yogyakarta : Pustaka Pelajar. LittleJohn, Stephen W. 2008. Theories of Human Communication – ninth Edition. Jakarta: Salemba Humanika Kaelan. 2005. Metode Penelitian Kualitatif Bidang filsafat. Yogyakarta : Paradigma. Kasali, Reynald. 2003. Manajemen Public Relations Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti. Kriyantono, Rachmat. 2008. Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Pranada Media Group Kriyantono, Rachmat. 2012. Public Relation & Crisis Management : Pendekatan Critical Public Relations Etnografi Kritis & Kualitatif, Jakarta: Kencana, 2012 Kusumastuti, Frida. 2004. Dasar-Dasar Humas. Ghalia Indonesia dengan UMM Press Jakarta. L. Tubbs, Stewart & Sylvia Moss. 2005. Human Communication, Remaja Rosda Karya, Bandung Masmuh, Abdullah. 2008. Komunikasi Organisasi dalam Perspektif Teori dan Praktek, Malang : UPT. Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa. Salemba Humanika, Jakarta. Mulyana, Deddy. 2008. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Pace, R Wayne dan Faules Don F. 2010. Komunikasi Organisasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Metode Penelitian Komunikasi, Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya Riswandi, 2009. Ilmu Komunikasi (cetakan Pertama). Yogyakarta : Graha Ilmu. Rumanti, Maria Assumpta. 2005. Dasar-dasar Public Relations: Teori dan Praktek. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Ruslan, Rosady. 2007. Manajemen Public Relations & Media komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Suminar, Yenny Ratna.,dkk. 2007. Komunikasi Organisasi. Penerbit: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, Jakarta. Suwarto, FX. 1999. Perilaku Keorganisasian. Yogyakarta :Penerbitan Universitas Atmajaya. Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta. Wasesa, 2005. Silih, Agung, Strategi Public Relations, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. West and Turner. 2008. Pengantar Teori Komunikasi Edisi 3, Salemba Humanika, Jakarta. Link Internet : https://twitter.com/pemkotbekasi https://www.facebook.com/pemkotbekasi/?fref=ts http://bekasikota.go.id/read/834/bagian-humas https://www.youtube.com/channel/UCj8YSC3qXltFmHuiYU2Afqg http://myblogrudipurwanto.blogspot.com/2013/04/manajemen-isu menentukan-stop-tidaknya.html. citation: Farezy, Muhammad Kemal dan Ramadhan, Said dan Putra, Gilang Kumari (2016) Strategi Media Relations Humas Pemerintah Kota Bekasi Dalam Upaya Menangani Isu Negatif Kota Bekasi di Media Sosial. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15270/1/FISIP_ILKOM_1206015057_Muhammad%20Kemal%20Farezy.pdf