eprintid: 15268 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/52/68 datestamp: 2022-06-27 04:03:55 lastmod: 2022-06-27 04:03:55 status_changed: 2022-06-27 04:03:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hasfah, Ade Nur creators_name: Masykuroh, Khusniyati creators_id: adenrh2@gmail.com creators_id: khusniyati.masykuroh@uhamka.ac.id title: Kecerdasan Emosional anak Usia 4-6 Tahun di Panti Sosial Asuhan Anak Balita Tunas Bangsa Cipayung Jakarta Timur ispublished: pub subjects: L1 subjects: Skripsi divisions: 86207 abstract: Penetlitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peran Pengasuh dalam menanamkan Kecerdasan Emosional Anak di PSAA Balita Tunas Bangsa, (2) Untuk mengetahui peran Psikolog dalam menanamkan Kecerdasan Emosional Anak di PSAA Balita Tunas Bangsa, (3) Untuk mengetahui peran guru dalam menanamkan Kecerdasan Emosional Anak di PSAA Balita Tunas Bangsa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Pendekatan Kualitatif Deskriptif. Pada pendekatan ini peneliti mendeskripsikan data-data yang sudah didapat dan dituliskan di dalam laporan skripsi. Subjek dalam penelitian ini yaitu Pengasuh Panti Asuhan, Psikolog Panti Asuhan, dan Guru TK Al-Fatonah dengan objek penelitian meliputi Kecerdasan Emosional Anak Usia 4-6 Tahun di Panti Sosial Asuhan Anak Balita Tunas Bangsa Cipayung Jakarta Timur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Saat menanamkan Kecerdasan Emosional Anak, pengasuh lebih banyak memberikan kasih sayang dengan memeluk anak, menjanjikan anak akan sesuatu dan memberikan motivasi kepada anak agar anak dapat mengelola emosinya, mengontrol emosinya dengan baik dan benar. (2) Anak-anak lebih mudah tantrum, karena anak-anak panti asuhan membutuhkan perhatian lebih. (3) Anak-anak menunjukkan perasaan yang berubah-ubah ketika berada di panti maupun disekolah. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdellatif, S. A., Hussien, E. S. S., Hamed, W. E., & Zoromba, M. A. (2017). Relation Between Emotional Intelligence, Socio-Demographic and Clinical Characteristics of Patients with Depressive Disorders. Archives of Psychiatric Nursing, 31(1), 13–23. https://doi.org/10.1016/j.apnu.2016.07.009 Abidin, A. M. (2019). Peran Pengasuh Panti Asuhan Membentuk Karakter Disiplin dalam Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal Anak. An-Nisa, 11(1), 354–363. https://doi.org/10.30863/an.v11i1.302 Adang, S. A. (2019). AIRMANSHIP (1st ed.; Mulyono, Ed.). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Aftab, R., & Jamal, S. R. (2020). Emotional Intelligence among Orphans and Non-Orphans. (3), 5537–5544. Albi, A., & Johan, S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (1st ed.; L. D. Ella, Ed.). Jawa Barat: CV Jejak. Andi, S., & Muhtadi. (2018). IbM Pengembangan Usaha Ternak Kambing di Pondok Pesantren Yatim Piatu dan Dhuafa di Kabupaten Sukoharjo. 8–12. Antinienė, D., & Lekavičienė, R. (2017). Psychological and physical well-being of Lithuanian youth: Relation to emotional intelligence. Medicina (Lithuania), 53(4), 277–284. https://doi.org/10.1016/j.medici.2017.05.008 Abdellatif, S. A., Hussien, E. S. S., Hamed, W. E., & Zoromba, M. A. (2017). Relation Between Emotional Intelligence, Socio-Demographic and Clinical Characteristics of Patients with Depressive Disorders. Archives of Psychiatric Nursing, 31(1), 13–23. https://doi.org/10.1016/j.apnu.2016.07.009 Abidin, A. M. (2019). Peran Pengasuh Panti Asuhan Membentuk Karakter Disiplin dalam Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal Anak. An-Nisa, 11(1), 354–363. https://doi.org/10.30863/an.v11i1.302 Adang, S. A. (2019). AIRMANSHIP (1st ed.; Mulyono, Ed.). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Aftab, R., & Jamal, S. R. (2020). Emotional Intelligence among Orphans and Non-Orphans. (3), 5537–5544. Albi, A., & Johan, S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (1st ed.; L. D. Ella, Ed.). Jawa Barat: CV Jejak. Andi, S., & Muhtadi. (2018). IbM Pengembangan Usaha Ternak Kambing di Pondok Pesantren Yatim Piatu dan Dhuafa di Kabupaten Sukoharjo. 8–12. Antinienė, D., & Lekavičienė, R. (2017). Psychological and physical well-being of Lithuanian youth: Relation to emotional intelligence. Medicina (Lithuania), 53(4), 277–284. https://doi.org/10.1016/j.medici.2017.05.008 Aripah, A. N., Harsanti, I., Salve, H. R., Psikologi, F., Gunadarma, U., & Barat, J. (2019). Kecerdasan Emosional dan Resiliensi Pada Ibu Dengan Anak Disabilitas 1. Asfi, M. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma, Metode, dan Aplikasi (1st ed.; T. U. Press, Ed.). Malang: UB Press. Barlow, A., Qualter, P., & Stylianou, M. (2010). Relationships between Machiavellianism, emotional intelligence and theory of mind in children. Personality and Individual Differences, 48(1), 78–82. https://doi.org/10.1016/j.paid.2009.08.021 Bettmann, J. E., Mortensen, J. M., & Akuoko, K. O. (2015). Orphanage caregivers’ perceptions of children’s emotional needs. Children and Youth Services Review, 49, 71–79. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2015.01.003 Bruno, L. (2019). What We Know about Emotional Intellegence. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Bucich, M., & MacCann, C. (2019). Emotional intelligence research in Australia: Past contributions and future directions. Australian Journal of Psychology, 71(1), 59–67. https://doi.org/10.1111/ajpy.12231 Burhan, B. (2014). Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya (2nd ed.; Jeffry, Ed.). Jakarta: KENCANA. Chen, J., & Guo, W. (2018). Emotional intelligence can make a difference: The impact of principals’ emotional intelligence on teaching strategy mediated by instructional leadership. Educational Management Administration and Leadership. https://doi.org/10.1177/1741143218781066 Dewi, S. (2019). Menjadi Guru Profesional. Riau: PT. Indragiri Dot Com. Doinita, N. E. (2015). Adult Attachment, Self-Esteem and Emotional Intelligence. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 187, 570–574. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.03.106 Dolev, N., & Leshem, S. (2017). Developing emotional intelligence competence among teachers. Teacher Development, 21(1), 21–39. https://doi.org/10.1080/13664530.2016.1207093 Dosen, T. (2019). Pedoman Skripsi FKIP UHAMKA. Erfan Karyadiputra, Galih Mahalisa, Abdurrahman Sidik, dan M. R., & Wathani. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Asuh Berbasis Ti Dalam Menanamkan Nilai Wirausaha Pada Asrama Putera Panti Asuhan Yatim Piatu Dan Dhu’afa Yayasan Al-Ashr Banjarmasin. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Faqih, N. S. (2018). Kecerdasan dan Keajaiban Hati Aplikasi Praktis Memasuki Zona Bahagia dengan Metode Air (1st ed.; R. Herlambang, Ed.). Yogyakarta: CV Budi Utama. Faruqi, A. (2017). KECERDASAN EMOSI DALAM TAFSIR MAHASIN AL-TA’WIL. Jurnal Qolamuna, 3(1), 1–20. Fitriyani, L. (2015). Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak. Lentera, 18(1), 93–110. Foster, K., McCloughen, A., Delgado, C., Kefalas, C., & Harkness, E. (2015). Emotional intelligence education in pre-registration nursing programmes: An integrative review. Nurse Education Today, 35(3), 510–517. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2014.11.009 Gershon, P., & Pellitteri, J. (2018). Promoting emotional intelligence in preschool education: A review of programs. International Journal of Emotional Education, 10(2), 26–41. Goleman, D. (1995). Emotional Intelligence (2nd ed.; T. Hermaya, Ed.). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Gomez-Baya, D., Mendoza, R., Paino, S., & de Matos, M. G. (2017). Perceived emotional intelligence as a predictor of depressive symptoms during mid-adolescence: A two-year longitudinal study on gender differences. Personality and Individual Differences, 104, 303–312. https://doi.org/10.1016/j.paid.2016.08.022 Hendriana, Y. (2016). Kecerdasan Emosi pada Anak dengan Ibu Bekerja dan Tidak Bekerja. Jurnal SKOLASTIK KEPERAWATAN, 3(38), 146–154. Hengki, W. & U. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan (S. S. Claudia, Ed.). Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray. Hengki, W., & Helaluddin. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik (1st ed.; S. T. Theology, Ed.). Hidayah, R., Yunita, E., & Utami, Y. W. (2015). Hubungan pola asuh orangtua dengan kecerdasan emosional anak usia prasekolah (4-6 tahun) di tk senaputra kota malang. Keperawataneperawatan, 4(2), 131–135. https://doi.org/10.22219/JK.V4I2.2363 Hui-Hua, Z., & Schutte, N. S. (2015). Personality, emotional intelligence and other-rated task performance. Personality and Individual Differences, 87, 298–301. https://doi.org/10.1016/j.paid.2015.08.013 Iin, P., & Nur, S. (2015). Optimalisasi kecerdasan emosi melalui musik feeling band pada anak usia dini. Jurnal CARE, 3, 20–33. Julia, Istok’atun, & Indra, S. (2017). PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Membangun Generasi Emas 2045 yang Berkarakter dan Melek IT” dan Pelatihan “Berpikir Suprarasional” (1st ed.; Julia, Isrok’atun, & S. Indra, Eds.). Sumedang: UPI Sumedang Press. Keefer, K. V, & Parker, J. D. A. (2018). Emotional Intelligence in Education. Kurnia Illahi, S. P., & Akmal, S. Z. (2018). Hubungan Kelekatan dengan Teman Sebaya dan Kecerdasan Emosi pada Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(2), 171. https://doi.org/10.21580/pjpp.v2i2.1854 Laksmi, R. A., & Sujana, I. K. (2017). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Pemahaman Akuntansi. E-Journal Akuntansi Universitas Udayana, 21(2), 1373–1399. https://doi.org/doi.org/10.24843/EJA.2017.v21.i02.p19 Lubis, S. (2017). HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Sarmadhan Lubis. Hubungan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, 6(2), 237–258. Retrieved from https://schoolar.google.co.id/schoolar?hl=id&as_sdt=0%2CS5&as_ylo=2014&q=hubungan+kecerdasan+emosional+terhadap+prestasi+belajar+siswa+pada+mata+pelajaran+pendidikan+agama+islam=&btnG= Lynn, A., Lynn, J., & EQB1. (2013). The Emotional Intelligent Activity Kit. Maria, I., & Amalia, E. (2018). Perkembangan Aspek Sosial-Emosional dan Kegiatan Pembelajaran yang Sesuai untuk Anak Usia 4-6 Tahun. 1(1), 1–15. Retrieved from https://osf.io/preprints/p5gu8/ Maria, T. V. J. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Gifted (1st ed.; F. Irfan, Ed.). Jakarta: PRENADA MEDIA GROUP. Marina, M. S., & Mikhailovna, Z. L. (2018). Sociocultural context of emotional intelligence development of 5-7 year old. 3(1), 3–7. Mayer, J. D., Caruso, D. R., & Salovey, P. (2016). Special Section : Emotional Intelligence The Ability Model of Emotional Intelligence : Principles and Updates. https://doi.org/10.1177/1754073916639667 Nurjannah, N. (2017). Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Keteladanan. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(1), 50–61. https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.141-05 Parrish, D. R. (2015). The relevance of emotional intelligence for leadership in a higher education context. Studies in Higher Education, 40(5), 821–837. https://doi.org/10.1080/03075079.2013.842225 Pekaar, K. A., Linden, D. Van Der, Bakker, A. B., & Born, M. P. (2020). Dynamic Self- and Other-Focused Emotional Intelligence: A Theoretical Framework and Research Agenda. Journal of Research in Personality, 103958. https://doi.org/10.1016/j.jrp.2020.103958 Petrides, K. V., Mikolajczak, M., Mavroveli, S., Sanchez-Ruiz, M. J., Furnham, A., & Pérez-González, J. C. (2016). Developments in Trait Emotional Intelligence Research. Emotion Review, 8(4), 335–341. https://doi.org/10.1177/1754073916650493 Portal, J. D. P. R. (2017). Wilayah Kecamatan Cipayung. Putri, R. Y., & Hazizah, N. (2012). Pengaruh Bermain Gagdet Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Rahmasari, L. (2012). Pengaruh Kecerdasan Intelektual , Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan. Rahmawati, B. D., Listiyandini, R. A., & Rahmatika, R. (2019). Resiliensi Psikologis dan Pengaruhnya terhadap Kualitas Hidup terkait Kesehatan pada Remaja di Panti Asuhan. Magister Psikologi UMA, 11(1), 21–30. Riana, M. (2015). Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya (1st ed.). Jakarta: Kencana. Ridho, A. (2017). THE POWER OF SOCIAL AND EMOTIONAL INTELLIGENCE (1st ed.; Nutt, Ed.). Yogyakarta: PSIKOLOGI CORNER. Salavera, C., Usán, P., Chaverri, I., Gracia, N., Aure, P., & Delpueyo, M. (2017). Emotional Intelligence and Creativity in First- and Second-year Primary School Children. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 237(June 2016), 1179–1183. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2017.02.176 Sánchez-Álvarez, N., Extremera, N., & Fernández-Berrocal, P. (2016). The relation between emotional intelligence and subjective well-being: A meta-analytic investigation. Journal of Positive Psychology, 11(3), 276–285. https://doi.org/10.1080/17439760.2015.1058968 Segrin, C., & Flora, J. (2019). Fostering social and emotional intelligence: What are the best current strategies in parenting? Social and Personality Psychology Compass, 13(3), 1–14. https://doi.org/10.1111/spc3.12439 Sharma, T., & Sehrawat, A. (2018). Emotional Intelligence, Leadership and Conflict Management. Silaen, T. N. S. M. J. (2020). HUBUNGAN KECEMASAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU AGRESIVITAS ANAK JALANAN DI SEKOLAH MASTER INDONESIA DEPOK. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(1), 11–23. Siregar, L., Sari, N. F., Harahap, R. D., & Chastanti, I. (2019). HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Jurnal Pelita Pendidikan, 7, 80–86. Sosial, K. (2012). Kementerian sosial dalam angka. Stewart, S. L. K., Wright, C., & Atherton, C. (2019). Deception Detection and Truth Detection Are Dependent on Different Cognitive and Emotional Traits: An Investigation of Emotional Intelligence, Theory of Mind, and Attention. Personality and Social Psychology Bulletin, 45(5), 794–807. https://doi.org/10.1177/0146167218796795 Stoica, A. M., & Roco, M. (2013). The Role of the Emotional Intelligence in Kindergarden Children’s Development. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 78, 150–154. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.04.269 Sudarsana, I. K. (2018). PEMBERDAYAAN USAHA KESEJAHTERAAN SOSIAL BERBASIS PENDIDIKAN AGAMA HINDU BAGI ANAK PANTI ASUHAN. 1(1), 41–51. Sun, J., Liu, Q., & Yu, S. (2019). Child neglect, psychological abuse and smartphone addiction among Chinese adolescents: The roles of emotional intelligence and coping style. Computers in Human Behavior, 90, 74–83. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.08.032 Susianty, N. S., Amel, V., & Khusniyati, M. (2018). Metode Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini (R. S. Dewi, Ed.). Jawa Barat: Edu Publisher. Sutinah, & Aminah, S. (2018). Child abuse and neglect in orphanages in EAST JAVA Province (Study on forms of child abuse, anticipatory efforts developed children and the role of the orphanage). Children and Youth Services Review, 93, 24–29. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2018.07.002 Tim, W. (2015). Emotional Intelligence itu “Dipraktekin” (1st ed.; S. F. Adinto, Ed.). Jakarta: PT Grasindo. Turculeţ, A., & Tulbure, C. (2014). The Relation Between the Emotional Intelligence of Parents and Children. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 142, 592–596. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.671 Viguer, P., Cantero, M. J., & Bañuls, R. (2017). Enhancing emotional intelligence at school: Evaluation of the effectiveness of a two-year intervention program in Spanish pre-adolescents. Personality and Individual Differences, 113, 193–200. https://doi.org/10.1016/j.paid.2017.03.036 Wang, W., Wu, R., Tang, H., Wang, Y., Liu, K., Liu, C., … Pu, W. (2019). Childhood trauma as a mediator between emotional intelligence and recidivism in male offenders. Child Abuse and Neglect, 93(April), 162–169. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2019.04.015 Widiasavitri, P. N., & Ratih, T. I. A. (2016). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Pada Remaja Awal Di Panti Asuhan Kota Denpasar. Jurnal Psikologi, 3(3), 542–550. Widyaningsih, T. S. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak. 8(1), 84–90. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26777 Windiarto, & Yanto. (2018). 74D38-Buku-Pai-2018. Ilmu Pendidikan, 5(1), 12–21. Yusuf, B., & Oleo, U. H. (2020). Mengurai konsep peran pengasuh panti dalam rekonsiliasi anak yang bermasalah dengan teman sebaya di panti asuhan shabri kendari. 1, 23–30. citation: Hasfah, Ade Nur dan Masykuroh, Khusniyati (2020) Kecerdasan Emosional anak Usia 4-6 Tahun di Panti Sosial Asuhan Anak Balita Tunas Bangsa Cipayung Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15268/1/FKIP_PENDIDIKAN%20ANAK%20USIA%20DINI_1601035016_ADE%20NUR%20HASFAH.pdf