eprintid: 15266 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/52/66 datestamp: 2022-06-27 03:58:13 lastmod: 2022-06-27 03:58:13 status_changed: 2022-06-27 03:58:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fajarsari, Normalia Dwi creators_name: Masykuroh, Khusniyati creators_id: normaliadwif@gmail.com creators_id: khusniyati.masykuroh@uhamka.ac.id title: Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia 5-6 tahun di RA Nurul Ikhlas, Depok Jawa Barat. ispublished: pub subjects: H subjects: L divisions: 86207 abstract: Penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter pada anak usia dini di RA Nurul Ikhlas yang meliputi: (1) perencanaan pembelajaran; (2) proses pembelajaran; (3) evaluasi; dan (4) metode Pendidikan karakter (5) factor yang mendukung dan faktor menghambat Pendidikan karakter.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan Penelitian ini dilaksanakan di di RA Nurul Ikhlas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran pendidikan karakter dituangkan dalam bentuk Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang dikembangkan dari Kurikulum PAUD 2013 oleh penyelenggara, kepala, dan guru dengan perangkat perencanaan pembelajaran yang terdiri dari program tahunan, program semester, RPPM, RPPH, dan penilaian; (2) proses pembelajaran pendidikan karakter dilakukan secara terintegrasi dengan pengembangan aspek-aspek yang lain melalui metode, dan kegiatan pembelajaran; (3) evaluasi ketercapaian pendidikan karakter dilakukan melalui penilaian harian, bulanan, dan semester berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan setiap hari untuk dilaporkan kepada orang tua setiap semester dalam bentuk laporan perkembangan anak; (4) kendala yang dihadapi dalam mengiplementasikan pendidikan karakter tersebut berasal dari faktor oraang tua dan lingkungan. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Anak, P., & Dini, U. (2018). aṣ - ṣ ibyan ,. 3(2), 89–100. Burhan, B. (2014). Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya (Jeffry (ed.); 2nd ed.). KENCANA. Dosen, T. (2019). Pedoman Skripsi FKIP UHAMKA. Durán, J. A. (2016). No Title肯定・否定表現における日本語程度副詞に ついて. IOSR Journal of Economics and Finance, 3(1), 56. https://doi.org/https://doi.org/10.3929/ethz-b-000238666 Hadisi, L. (2015). PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI La Hadisi. Jurnal Al-Ta’did, 8(2), 50–69. Halimah, L. (2018). Pengembangan Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 7–16. https://doi.org/10.17509/cd.v6i1.10509 Hengki, W. & U. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan (S. S. Claudia (ed.)). Sekolah Tinggi Theologia Jaffray. Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pentingnya Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Proceedings of the ICECRS, 1(3), 197–204. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1396 Kelompok, D. I., & Rabbani, B. (2013). PENDAHULUAN Kemajuan banyak sebuah negara oleh lebih kualitas Brownlee ( 2011 , 127 ) yang menjelaskan bahwa tujuan pendidikan karakter akan dapat tercapai jika kurikulum yang ditentukan sumberdaya manusianya . Pembangunan sumberdaya manusia menjadi sebua. 167–186. Kurniasih, I. (2017). pendidikan karakter internalisasi dan meyode pembelajaran. Latiana, L. (2013). Character Education Model in Early Age Children. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 2(1), 45–57. https://doi.org/10.15294/ijeces.v2i1.9223 Mahrus. (2016). Implementasi Metode Pembelajaran Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Di Paud Pondok Pesantren Al Barokah Desa Ajung Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Fenomena, 14(1), 41–56. http://ejournal.iainjember. ac.id/index.php/fenomena%0Ahttp://moraref.or.id/record/view/ 31385 Moloeng, L. J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Muttaqin, M. F., & Raharjo, T. J. (2018). The Implementation Main Values of Character Education Reinforcement in Elementary School. Journal of Primary Education, 7(1), 103–112. Pembiasaan, M., & Keteladanan, D. A. N. (n.d.). Kata kunci : Karakter, Pendidikan Anak Usia Dini. 203–213. Perdana. (2018). 済無No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Sari, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 249. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1952 Setiawan, J. A., Suparno, Sahabuddin, C., Tasrif, & Ramadhan, S. (2020). The role of parents on the character education of kindergarten children aged 5-6 years in bima. Universal Journal of Educational Research, 8(3), 779–784. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080307 Shofa, M. N. (n.d.). USIA DINI. Yati, P. (2016). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Field Trip. Lentera, XVIII(1), 123–139. Yogyakarta, U. N., Anak, P., & Dini, U. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 11–20. citation: Fajarsari, Normalia Dwi dan Masykuroh, Khusniyati (2020) Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia 5-6 tahun di RA Nurul Ikhlas, Depok Jawa Barat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15266/1/FKIP_PENDIDIKAN%20ANAK%20USIA%20DINI_1601035015_NORMALIA%20DWI%20FAJARSARI.pdf