%I Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka %T Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia 5-6 tahun di RA Nurul Ikhlas, Depok Jawa Barat. %A Normalia Dwi Fajarsari %A Khusniyati Masykuroh %X Penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter pada anak usia dini di RA Nurul Ikhlas yang meliputi: (1) perencanaan pembelajaran; (2) proses pembelajaran; (3) evaluasi; dan (4) metode Pendidikan karakter (5) factor yang mendukung dan faktor menghambat Pendidikan karakter.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan Penelitian ini dilaksanakan di di RA Nurul Ikhlas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran pendidikan karakter dituangkan dalam bentuk Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang dikembangkan dari Kurikulum PAUD 2013 oleh penyelenggara, kepala, dan guru dengan perangkat perencanaan pembelajaran yang terdiri dari program tahunan, program semester, RPPM, RPPH, dan penilaian; (2) proses pembelajaran pendidikan karakter dilakukan secara terintegrasi dengan pengembangan aspek-aspek yang lain melalui metode, dan kegiatan pembelajaran; (3) evaluasi ketercapaian pendidikan karakter dilakukan melalui penilaian harian, bulanan, dan semester berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan setiap hari untuk dilaporkan kepada orang tua setiap semester dalam bentuk laporan perkembangan anak; (4) kendala yang dihadapi dalam mengiplementasikan pendidikan karakter tersebut berasal dari faktor oraang tua dan lingkungan. %D 2020 %L repository15266