eprintid: 15242 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/52/42 datestamp: 2022-06-27 01:17:52 lastmod: 2022-06-27 01:17:52 status_changed: 2022-06-27 01:17:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Kumorowati, Tri Dyah creators_name: Emzir, Emzir creators_name: Safii, Imam creators_id: emzir.emzir@unj.ac.id creators_id: imamsafii2077@uhamka.ac.id title: Pengaruh Strategi Pembelajaran Membaca dan Penguasaan Kosakata Terhadap Pemahaman Bacaan Siswa SMKN 3 Kota Bekasi ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: Strategi Pembelajaran Membaca, Kosakata, SAVI, SQ3R abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh interaktif strategi pembelajaran dan penguasaan kosakata terhadap pemahaman bacaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, lebih spesifik eksperimen faktorial 2x2. Sampel yang digunakan 80 siswa. Sebagai pendekatan eksperimen siswa mendapatkan treatment dua strategi pembelajaran membaca yaitu SAVI dan SQ3R. Penelitian ini menggunakan teknik proposional random sampling dari seluruh kelas X SMM Negeri Kota Bekasi. Pengumpulan data dilaksanakan dengan pemberian tes pemahaman bacaan dan tes penguasaan kosakata. Analisis data terdiri dari pengujian instrumen penelitian dengan uji validitas dan reliabilitas,. Selanjutnya dilakukan uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dengan uji Anova 2 jalur. Dari penelitian ini didapatkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran terhadap kemampuan membaca pemahaman. Hal tersebut dibuktikan oleh hasil pengujian yang diperoleh bahwa nilai sig = 0,000<0,05 dan Fh = 14,104. Dalam hal ini penggunaan strategi pembelajaran SAVI menyebabkan kemampuan membaca pemahaman lebih tinggi disbanding kemampuan membaca pemahaman yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran SQ3R. Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan strategi pembelajaran dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca pemahaman. Hal tersebut dibuktikan oleh hasil pengujian yang diperoleh bahwa nilai sig = 0,000<0,05 danFh =28,962. Dalam hal ini penggunaan strategi pembelajaran SAVI dan penguasaan kosakata tinggi menyebabkan kemampuan membaca pemahamanlebih tinggi. date: 2019-08-22 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Abidin, Y. 2012.Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama. Agustina. 2008. Pembelajaran Keterampilan Membaca Buku Ajar. Padang: FBSS UNP. Ahuja, Pramila dan Ahuja.G.C.2010. Membaca Secara Efektif dan Efisien. Bandung: PT Kiblat Buku Utama. Alwasilah, Chaedar.2007.Pokoknya Menulis. Bandung: PT. Kiblat Buku Utama. Arsanti, Meilani.2014.Pemerolehan Bahasa Pada Anak (Kajian Psikolinguistik). Jurnal PBSI Vol. 3 No 2. Beckham, Pat. 2002. Strategy Instruction, (http:/www.ericdigests.or lericdigests.html,) Brown, Douglas.1992.Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy New Jersey: Prentice Hall Regents. Chaer, Abdul.2011.Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta. Collegeboartf, Inc.,2001 SQ3R: A Reading Technique, (http:A/vww.colteqeboard.corn/studentplan/colleqe-success/26666). Conner, Jennifer. 2006.Instructional Reading Strategy. SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review). (http.7/www.indiana.edul-1517 /SQ3R.htm). Darsono, Max, dkk. 2000Belajar dan Pembelajaran. Semarang: CV.IKIP Semarang Press. David, J.R.2000 . Teaching Strategies for College Class Room. Colorado: P3G. DePorter, Bobby, Mark Reardon & Sarah Singar.2002.Quantum Teaching. Mempraktikan Quantum Learning di Ruang – Ruang Kelas. (Penerjemah: Ary Nilandari. Bandung: Kaifa. Djaali dan Pudji Mujono.2004. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan Jakarta: PPs Universitas Negeri Jakarta. Djiwandono, Soenardi.2011.Tes Bahasa Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Malang: PT Indeks. Emzir.2008.Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif & Kualitatif (Jakarta: Raja Grafindo Persada. Faricha, Alfin Afdila, et, al. 2012. Pengaruh Strategi SQ3R Terhadap Kemampuan Membaca Kritis Siswa Kelas VII Smp Negeri 3 Malang. Hamid, Moh. Soleh.2011.Metode Edutainment. Jogjakarta: DIVA Press. Jackson, Howard dan Ze’Amvela, Ettiene. 2000. Words,Meaning,and Vocabulary: An Introduction to Modern English Lexicology. London:Cassel. Keraf, Gorys.2009.Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia. Landsberger,Joe.2007.TheSQ3R Reading Method.http:Avww.studvgs.neffeQ3freadinqmethod.hfrn). Meier, Dave. 2002. Accelerated Learning Handbook :A Creative Guide to Designing and Delivering Faster, More Effective Training Programs Teaching New York: McGrow-Hill. Morellion, J. 2007.Collaborative Strategies for Teaching ReadingComprehension: Maximizing Your Impact. Chicago: ALA Editions. Nitko, Anthony.2000. Educational Assessment of Student, Second Edition (New Jersey: Prentice-Hall, Inc. A Simon & Schuster Company. Nurhadi. 2005. Membaca cepat dan efektif. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Pateda, Mansyur.1991.Linguistik Terapan. Ende-Flores: Nusa Indah. Pujawan, I. G. N.2005.Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode SQ3R dalam Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja. No. 3:343-358. Rachmawati, Fajar.2008. Dunia di Balik Kata (Pintar Membaca). Yogyakarta: Gatra Aji Parama. Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. Sobur, Alex.2003. Psikologi Umum. Bandung: CV. Pustaka Setia. Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu. Sudjana.2006.Metode Statistik. Jakarta: Rineka Cipta. Tarigan, Djago.2003.Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka. Tarigan, H. G.2013.Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa. Tarigan, Henry Guntur.2008.Membaca Sebagai Suatu Keterampilan. Bandung: Angkasa. Uno, Hamzah B.2008.Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara. Wagner, Richard K.2007. Vocabulary Acqusition Implication for Reading Comprehension New York: McGrow Hill. Woolley, G.2011.Reading Comprehension: Assisting Children with Learning Difficulties, Springer Science +Business Media B.V. citation: Kumorowati, Tri Dyah dan Emzir, Emzir dan Safii, Imam (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Membaca dan Penguasaan Kosakata Terhadap Pemahaman Bacaan Siswa SMKN 3 Kota Bekasi. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15242/1/SPS_INDONESIA_1709057017_TRI%20DYAH%20KUMOROWATI.pdf