eprintid: 15240 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/52/40 datestamp: 2022-06-25 04:09:38 lastmod: 2022-06-25 04:09:38 status_changed: 2022-06-25 04:09:38 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Wildani, Moza Hanum creators_name: Romadhan, Said creators_name: Wahdiyati, Dini creators_id: saidromadlan@uhamka.ac.id creators_id: diniwahdiyati@uhamka.ac.id title: Membongkar Misi Agama Dalam Tayangan Generasi Zeru di Global TV (Analisis Semiotika Roland Barthes) ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Generasi Zeru merupakan program tayangan yang mengajak semua anak muda untuk bisa berfikir positif, mampu menggali potensi dalam diri dan akhirnya dapat mewujudkan mimpi dan jadi pemenang. Hal yang menarik perhatian peneliti adalah kemasan yang di munculkan dalam tayangan ini dapat menarik generasi muda untuk menontonnya yang isinya berupa masalah-masalah yang sering terjadi pada generasi muda yang kemudian dikaitkan dengan sebuah dorongan untuk mengingat dan kembali kepada Tuhan sehingga menjadikan adanya suatu misi agama. Selain itu, adanya beberapa simbol dan tanda agama kristen yang muncul dalam tayangan sehingga hal ini juga menjadi alasan lain peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan paradigma kritis, karena peneliti ingin membongkar bagaimana simbol dan tanda-tanda yang terdapat di Generasi Zeru sebagai misi agama. Secara metodologis penelitian ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes untuk membongkar makna denotasi, tanda, penanda dan petanda, konotasi dan mitos yang mengandung bentuk misi agama dalam tayangan Generasi Zeru di Global TV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan beberapa tanda-tanda yang ditemukan dalam tayangan Generasi Zeru di Global TV yaitu adanya sebuah misi agama berupa tanda-tanda yang sesuai dengan simbol ajaran kristen. Misi agama yang diterapkan di dalam tayangan ini hanya menjelaskan isi dari penyebaran-penyebaran ajaran Kristen. Untuk penelitian selanjutnya, peneliti menyarankan agar meneruskan penelitian ini secara lebih dalam mengenai misi agama dan ideologi dalam penyebarannya melalui media yaitu melalui wawancara dengan pihak Generasi Zeru dan Pihak Cahaya Bagi Negeri (CBN). Rekomendasi penelitian ini agar menjadi acuan dan koreksi terhadap penelitian-penelitian setelahnya dan menjadi bahan acuan untuk agama lainnya dalam membuat tayangan yang berbalut dakwah untuk masalah generasi muda. date: 2016 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Adorno & Horkheimer. Dialetic of Enlightenment. 2002. Standford California: Standford University Press. Alkitab Edisi Study. 2010. Lembaga Alkitab Indonesia. Ardianto, Elvinaro dan Bambang Q-Anees. 2009. Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Ardianto, Elvinaro. Komala, Lukiarti dan Siti Karlinah.2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Edisi Revisi. Bandung :Simbiosa Rekatama Media. Barnard, Malcolm. 2007. Fashion sebagai komunikasi: Cara mengkomunikasikan identitas sosial, seksual, kelas dan gender. Yogyakarta: Jalasutra. Baksin, Askurifai. 2006. Jurnalistik Televisi, Teori dan Praktik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Barthes, Roland. 2009. Mitologi. Yogyakarta :Kreasi Wacana. Bignel, Jonathan. 1997. Media Semiotics An Introduction. Manchesther and New York: Manchester University Press. Bungin, Burhan. 2007. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana. _____________. 2008. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana. Burton, Greame. 2007. Membincangkan Televisi: Sebuah Pengantar kepada Studi Media. Yogyakarta: Jalasutra. Cangranga, Hafied. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Danesi, Marcel. 2010. Pengantar Memahami Semiotika Media. Yogyakarta: Jalasutra. Dillistone, F.W. 2002. The Power of Symbols.Yogyakarta: Kanisius. Elster, Jon. 2000. Marxisme: Analisis Kritis. Jakarta: Penerbit Prestasi Pustakarya. Eriyanto. 2001. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKIS. ________2007. Analisis Framing Kontruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LKIS. Fiske, Jhon. 2011. Memahami Budaya Populer. Yogyakarta: Jalasutra. __________2011. Cultural and Communication Studies: Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra. George Ritzer-Douglas J.Goodman. 2003. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Prenada Media. Harahap, Machyudin Agung. 2013. Kapitalisme Media: Ekonomi Politik Berita dan Diskursus Televisi. Yogyakarta: Jalasutra. Hardt, Hanno. 2005. Critical Communication Studies: Sebuah Pengantar Komprehensif Sejarah Perjumpaan Tradisi Kritis Eropa dan Tradisi Pragmatis Amerika. Yogyakarta: Jalasutra. _____________. 2007. Critical Communication Studies: Sebuah Pengantar Komprehensif Sejarah Perjumpaan Tradisi Kritis Eropa dan Tradisi Pragmatis Amerika.Yogyakarta: Jalasutra. Harison J, Ompusunggu. 2011. Buku Pintar Doa Kristen. Leutika Nouvalitera. Ibrahim, Idi Subandy. 2007. Budaya Populer Sebagai Komunikasi (Dinamika Popscape dan Mediascape di Indonesia Kontemporer). Yogyakarta: Jalasutra. Jalaluddin. 2002. Psikologi Agama Edisi Revisi. 2002. Jakarta : PT Rajagrafindo Junaedi, Fajar. 2007. Komunikasi Massa Pengantar Teoritis. Yogyakarta: Santusta. Kasiyan. 2008. Manipulasi dan Dehumanisasi Perempuan dalam Iklan. Yogyakarta: Ombak. Kriyantono, Rahmat. 2006. Tehnik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Kusnadi, Wawan. 1996. Komunikasi Massa Sebuah Analisis Isi Media Televisi. Jakarta: PT RinekaCipta. Kusuma, Surya Adhi. 2009 Gereja Bethany Fresh Anointing di Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Lubis, A.Y. 2006. Dekonstruksi Epistemologi Modern; Dari Postmodernisme, Teori Kritis, Poskolonialisme hingga Cultural Studies. Jakarta: Pustaka Indonesia Satu. Magnis, Franz dan Suseno. 1992. Filsafat Sebagai Ilmu Kritis. Yogyakarta: Penerbit Kanisius. ______________________2005.Pijar-pijar Filsafat: Dari Gatholocoke Filsafat Perempuan, dari Adam Muller ke Postmodernisme. Yogyakarta: Kanisius. Maryani, Eni. 2010. Media dan Perubahan Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. ___________ 2011. Media dan Perubahan Sosial : Suara Perlawanan Melalui Radio Komunitas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. McQuail, D. 1987. Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga. _________. 2011. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika. Morissan. 2008. Media Penyiaran Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Tangerang: Ramdina Perkasa. _______. 2004. Media Penyiaran Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Tangerang: Ramdina Perkasa. _______. 2005. Media Penyiaran Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Tangerang: Ramdina Perkasa. Moscow, Vincent. 1996. The Political Economy of Communcation. London: Sage Publications. Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. _____________. 2008. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nezar Patria dan Andi Arief. 1999. Antonio Gramsci: Negara dan Hegemoni. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset. Nurudin. 2009. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers. Piliang, Yasraf Amin. 1999. Hiper-realitas Kebudayaan: Semiotika, Estetika, Posmodernisme. Bandung: LKIS. Rastati, Rani. 2008. Penggunaan Warna Maskulin dan Feminim Pada Hadiah Ulang Tahun Anak-anak Jepang. Jakarta: FIB UI. Riswandi. 2009. Dasar-Dasar Penyiaran. Yogyakarta: Graha Ilmu. Rosyidi, Latif. 1989. Dasar – dasar Retorika Komunikasi dan Informasi. Medan : Firma Rimbow. Sendjaja, S. Djuarsa. 2005. Teori Komunikasi. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka Simon, Roger. 2004. Gagasan – gagasan Politik Gramsci. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sobur, Alex. 2003. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT RemajaRosdakarya. __________ 2004.Semiotika Komunikasi. Bandung : PT RemajaRosdakarya. __________2006. Semiotika Komunikasi. Bandung : PT RemajaRosdakarya. Santoso, Listiyono Dkk. 2007. Epistemologi kiri, Yogyakarta : Ar-Ruzz Media. Shindunata. 1982. Dilema Usaha Manusia Rasional, Kritik Masyarakat Modern Oleh Max Horkheimer Dalam Rangka Sekolah Frankfurt. Jakarta : Gramedia. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sunandar. 1998. Telaah Format Keagamaan di Televisi, Studi Deskriptif Analisis TPI, Tesis.Yogyakarta :Rineka. Sunardi, St. 2004. Semiotika Negativa. Yogyakarta: Penerbit Buku Baik Yogyakarta. Suyanto, Bagong. 2012. Anak Perempuan yang Dilacurkan: Korban Eksploitasi di Industri Seksual Komersial. Yogyakarta: GrahaIlmu. Strinati, Dominic. 2004.Introduction to Theories Of Populer Culture. Routledge. Tamburaka, Apriadi. 2013. Literasi media, cerdas bermedia khalayak media massa. Jakarta : PT RajaGrafindoPersada. Thwaites, Tony et all. 1994. Tools for Cultural studies : An Introduction. Australia : MacMillan Education. Vardiansyah, Dani. 2004. Pengantar ilmu komunikasi. Bogor :Ghalia Indonesia ______________.2005. Filsafat Ilmu Komunikasi :Suatu Pengantar. Jakarta :IndeksGramedia. Weedon, Chirs. 2004. Identity and Culture. Narrative of Difference and Bilonging. England : Open University Press McGraw-Hill Education. Wijaya, Trifena. 2014. Representasi Spiritual Kristen Pada Arsitektur Gereja Kristen Indonesia Pregolan Bunder Surabaya. Surabaya: Universitas Airlangga. Woodfin, Rupert., Zatare, Oscar. Mengenal Marxisme. 2008. Yogyakarta. Resist Book. Sumber Lain: Al kitab Al - Qur‟an Skripsi Sakinah, Putri. 2012. Membongkar Religiotainment Sebagai Budaya Populer (Analisis Isi Kualitatif Terhadap Tayangan Islam Itu Indah di TransTV). Jakarta : Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Taqqiya, Hani. 2011. Analisis Semiotik Terhadap Film In The Name Of Good. Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Anggraini, Shinta. 2012. Rasisme Dalam Film Fitna (Analisis Semiotika Rasisme di Dalam Film Fitna).Yogyakarta : Universitas Pembangunan Nasional „Veteran‟. Lainnya AccountInstagram @generasizerudiambilpadatanggal 13 november 2016 pukul 11.00 WIB. Internet https://dikiumbara.wordpress.com diakses tanggal 13 oktober 2016, pukul 07.21 https://www.Ids.org>gospel-principles diakses tanggal 15 oktober 2016, pukul 20.21 www.kbbi.web.id di akses tanggal 25 Oktober 2016, pukul 22.54 http://katolisitias.org/3245/dalamnya-makna-tanda-salib diakses tanggal 15 oktober 2016, pukul 21.00 http://www.indosiar.com/shows/mamah-aa-beraksidiakses tanggal 15 oktober 2016, pukul 22.15 Jurnal Herianto Sande Pailang. Membangun Spiritual Remaja Masa Kini Berdasarkan AMSAL 22:6 (Jurnal Jaffray : Skolah Tinggi Theologia Jaffray 2012). Markus Hildebrant Rambe. Penuntun Simbol-simbol Ibadah Kristen, Sebuah Ensiklopedia Dasar (Jurnal STT Intim Makassar Edisi Khusus 2004). citation: Wildani, Moza Hanum dan Romadhan, Said dan Wahdiyati, Dini (2016) Membongkar Misi Agama Dalam Tayangan Generasi Zeru di Global TV (Analisis Semiotika Roland Barthes). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15240/1/FISIP_ILKOM_1206015052_Moza%20Hanum%20Wildani.pdf