eprintid: 15237 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/52/37 datestamp: 2022-06-25 03:55:11 lastmod: 2022-06-25 03:55:11 status_changed: 2022-06-25 03:55:11 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nupus, Firda Aini Riayatun creators_name: Romadhan, Said creators_name: Corliana, Tellys creators_id: saidromadlan@uhamka.ac.id title: Membongkar Eksploitasi Perempuan dalam Live Streaming CliponYu ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Penelitian ini merupakan studi analisis isi yang bertujuan untuk membongkar eksploitasi perempuan dalam live streaming CliponYu. Hal yang menarik perhatian peneliti adalah posisi perempuan yang seakan menjadi makhluk yang mudah ditawarkan. Khususnya dalam suatu media, perempuan hanya dijadikan sebagai daya tarik media untuk mendapatkan keuntungan bagi pemilik modal yang sebesar-besarnya. Pekerjaan perempuan dalam media tersebut, seakan hanya untuk melayani laki-laki, menggunakan sisi sensualitas dan seksualitasnya untuk menarik lebih banyak audience. Selain itu, adanya eksploitasi secara halus dan tersembunyi ini juga menjadi alasan lain peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini. Untuk menganalisis kasus tersebut, peneliti menggunakan paradigma kritis dan analisis isi kualitatif sebagai metode analisis yang melihat bagaimana perempuan tereksploitasi. Teori pendukung yang digunakan untuk analisis ini adalah teori kritis yang tujuan utamanya adalah untuk emancipatory atau pembebasan kelompok yang tertindas. Penelitian ini juga disertai dengan beberapa konsep seperti hegemoni media, ideologi patriarki, ideologi kapitalisme, dan eksploitasi perempuan dalam media. Hasil analisis menunjukkan terbukti adanya eksploitasi pada perempuan dalam industri media CliponYu ini. Peneliti mengumpulkan bagaimana perempuan menunjukkan sisi sensualitas dan seksualitasnya ketika sedang on air serta efek negatif yang diterimanya seperti pelecehan seksual dalam bentuk verbal. Sedangkan ideologi yang mendorong terjadinya eksploitasi di sini adalah kapitalisme dan patriarki. Hal itu peneliti simpulkan berdasarkan sistem bisnis yang ada pada CliponYu cenderung membuat perempuan melakukan eksploitasi pada dirinya sendiri. Secara akademis, penelitian ini memberi kontribusi pada pengembangan ilmu komunikasi, terutama memperkuat keberlakuan teori kritis. Metodologis, bisa menjadi referensi penelitian kualitatif selanjutnya dengan metode analisis isi. Secara praktis, berharap yang berwenang bisa lebih memerhatikan dan membuat regulasi atau filter tertentu yang mengatur industri media. Sosial, dengan penelitian ini semoga kedepannya para penyelenggara media lebih bijak dalam membuat inovasi-inovasi baru yang bisa memberi manfaat positif bagi masyarakat. Begitu juga dengan masyarakat yang bisa lebih selektif dan lebih cerdas dalam memilah segala inovasi baru agar tidak menjadi masyarakat yang tereksploitasi dan dibodohi. date: 2016 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Ardianto, Elvinaro. Lukiati Komala Erdinaya. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung. Simbiosa Rekatama Media Azikin, Askari. 2005. Video – TV Streaming dengan Video LAN Project. Yogyakarta: ANDI Bulaeng, Andi. 2004. Metode Penelitian Komunikasi. Yogyakarta: ANDI Bungin, Burhan. 2003. Fornomedia, Konstruksi Sosial Teknologi Telematika dan Perayaan Seks di Media Massa. Jakarta: Prenada Media _____________. 2007. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana _____________. 2009. Penelitian Kualitatif (Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya). Jakarta: Kencana Prenada Effendy, Onong Uchjana. 1993. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti ____________________. 2007. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Cipta Aditya Bakti Elvinaro, Ardianto. Bambang Q-Anees. 2007. Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Rekatama Media Eriyanto. 2001. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKIS Grant A. E. & Wilkinson, J. S. 2009. Understanding Media Convergence: The State of the Field. NY: Oxford University Press Halim, Syaiful. 2012. Postkomodifikasi Media & Cultural Studies. Tangerang: Matahati Production Hamid, Farid. 2010. Teori Komunikasi Massa. Bogor: Ghalia Indonesia Harahap, Machyudin Agung. 2013. Kapitalisme Media: Ekonomi Politik Berita dan Diskursus Televisi. Yogyakarta: Aura Pustaka. Hardt, Hanno. 2005. Critical Communication Studies: sebuah pengantar Komprehensif Sejarah Perjumpaan Tradisi Kritis Eropa dan Tradisi Pragmatis Amerika. Yogyakarta: Jalasutra Hariningsih, SP. 2005. Teknologi Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu Holmes, David. 2012. Teori Komunikasi: Media, Teknologi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Iriantara, Yosal. 2005. Media Relations, Konsep, Pendekatan dan Praktek. Bandung: Simbiosa Rekatama Media Bhasin, Kamla. 1999. Persoalan Pokok mengenai Feminisme dan Relevansinya. Jakarta: Gramedia Kasiyan. 2008. Manipulasi dan Dehumanisasi Perempuan dalam Iklan. Yogyakarta: Ombak Komala, Lukiarti. 2009. Ilmu Komunikasi: Perspektif, Proses, dan Konteks. Bandung: Widya Padjajaran Kountur, Ronny. 2003. Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: Buana Printing Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknis praktis: Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Perdana Media Group _________________. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana _________________. 2008. Teknik Praktik Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group _________________. 2012. Teknik Praktik Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Maryani, Eni. 2011. Media dan Perubahan Sosial: Suara Perlawanan Melalui Radio Komunitas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya McQuail, Dennis. 2004. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Erlangga Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya ______________. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya ______________. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya Mulyana Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Pustaka Utama Rosdakarya ____________. 2001. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya ______________. 2004. Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya ______________. 2011. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Rosdakarya Partanto, A Pius. M Dahlan Al Barry. 1994. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta Piliang, Yasraf Amir. 2004. Dunia yang Dilipat: Tamasya Melampaui Batas-Batas Kebudayaan. Jalasutra: Yogyakarta Rahmat, Jalaluddin. 1994. Islam Aktual. Bandung: Mizan Rivers, William. Jay Jensen. Theodore Peterson. 2008. Buku Media Massa dan Masyarakat Modern. Jakarta: Kencana Prenada Media Group Rohim, Syaiful. 2009. Teori Komunikasi: Perspektif, Ragam, dan Apliksai. Jakarta: Rineka Cipta Saadawi, Nawal El. 2011. Perepuan dalam Budaya Patriarki. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Saeng CP., Valentinus. 2012. Herbert Marcuse: Perang Semesta Melawan Kapitalisme Global. Jakarta: Gramedia Sagala V. Dan Rozana E. 2007. Memberantas Trafiking Perempuan dan Anak. Bandung: Pojok 85 Sendjaja, S. Djuarsa. 2005. Teori Komunikasi. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbukti Sobur, Alex. 2006. Analisis Teks Media: Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: Remaja Rosdakarya Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suprapto, Tommy. 2006. Pengantar Teori Komunikasi. Yogyakarta: Media Pressindo Suyanto, Bagong. 2012. Anak Perempuan yang Dilacurkab: Korban Eksploitasi di Industri Seksual Komersial. Yogyakarta: Graha Ilmu Suyatna, Bagong. 2005. Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternative Pendekatan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Syarifah. 2006. Kebertubuhan Perempuan dalam Pornografi. Jakarta: Yayasan Kota Kita Tamburaka, Apriadi. 2013. Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada Tjiptono, Fandi. Santoso, Totok Budi. 2001. Strategi Riset Lewat Internet. Yogyakarta: ANDI Vivian, John. 2008. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group Sumber Lain: “Sensualitas dan Seksualitas Hanya Beda-beda Tipis”. Majalah Cakram. edisi 290-04/2008 Aisyah, Nindyta. Representasi Posfeminisme dalam Iklan (Eksploitasi Sisi Emosional Wanita dalam Iklan Tim-Tam Crush dan Joy Green Tea). Jurnal Visi Komunikasi. Jakarta Ashadi, Siregar. Ketidakadilan Konstruksi Perempuan di Film dan Televisi. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Vol , No. 3, Maret 2004 Hika, Ira Rambu Teba. Democracy, Gender, and Human Rights: Menuju Keadilan Gender Perempuan dalam Budaya Patriarki di Indonesia. Jurnal LSPR. Jakarta Lestari, Nur Afta. 2012. Eksploitasi pada Perempuan Sales Promotion Girls. Jurnal Universitas Negeri Semarang. Semarang Noviasih. Haryati Risya. Renaldy Prakoso dkk. 2013. Konvergensi Media. Jurnal Fakultas Sastra Budaya dan Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta. Putri, Anita Widyaning. 2009. Eksploitasi Tubuh Perempuan dalam Iklan Televisi AXE “Call Me” versi “sauce”, “Mist”, “Special Need”, “Lost”. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Ramadhani, Fitriza. 2011. Representasi Eksploitasi Perempuan dalam Iklan TopOne (Studi Semiotik Representasi Eksploitasi Perempuan dalam Iklan Top1 Action Matic versi “Ringgo-Raffi” di Media Televisi. Surabaya: Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Sugiya, Aritasius. 2012. Strategi Transformasi Konvergensi Media: Study Kasus Grand Strategy Harian Kompas. Jakarta: Universitas Indonesia Widyawati, Vivi. Christina Yulita. Mutiara Ika. Zely Ariane. 2012. Pelecehan Seksual: Tidak Berarti Tidak!. Jurnal Komite Nasional Perempuan Mahardhika. Jakarta Situs: Irham. “Rela Tinggalkan Job Pramugari Demi Jadi Host CliponYu”. Naskah di dalam www.jagatreview.com/2015/06/rela-tinggalkan-job-pramugari-demi-jadi-host-cliponyu. 2015 Nurudin. “Teori Kritis Media (Media Critical Theory). Naskah di dalam nurudin.staff.umm.ac.id/2010/21/teori-kritis-media-media-critical-theory/. 2010 Setyanti, Elfa Putri. “Anda Merasa Siaran Radio Terlalu Kuno? Coba Layanan Live Streaming Show dari CliponYu. Naskah di dalam https://id.techinasia.com/cliponyu-website-live-streaming-host-wanita-cantik. 2015 www.cliponyu.com/news www.selular.id/news citation: Nupus, Firda Aini Riayatun dan Romadhan, Said dan Corliana, Tellys (2016) Membongkar Eksploitasi Perempuan dalam Live Streaming CliponYu. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15237/1/FISIP_ILKOM_1206015035_FIRDA%20AINI%20RIAYATUN%20NUPUS.pdf