eprintid: 15233 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/52/33 datestamp: 2022-06-25 03:41:06 lastmod: 2022-06-25 03:41:06 status_changed: 2022-06-25 03:41:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Afriandaru, Bayu creators_name: Mustika, Sri creators_name: Muntafa, Farhan creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pengaruh Tayangan Iklan Parfume AXE Deodorant di Televisi terhadap Minat Beli Remaja (Siswa SMAN 32 Jakarta) ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Iklan adalah informasi di media massa yang dibayar oleh sponsor tertentu jelas identitasnya. Produk atau jasa yang ditayangkan dalam iklan mempunyai ciri khas yang bisa menarik perhatian khalayak. Iklan bertujuan menarik orang agar membeli produk atau jasanya. Salah satu iklan di televisi adalah parfume AXE deodorant dengan pria sebagai target pasarnya. Produk parfume deodorant dan pencegah bau badan termasuk produk perawatan yang paling banyak dipakai pria. Masalah kemudian timbul keberadaan iklan parfume Axe deodorant di televisi menimbulkan masalah baru, dimana iklan yang pada awalnya diperuntukan untuk pria dewasa malah dinikmati oleh kalangan remaja. Fenomena masalah di atas juga terjadi di sekolah SMAN 32 Jakarta dimana sebagian besar anak-anak siswa remaja di sekolah ini memakai produk parfume Axe deodorant. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terpaan iklan parfume Axe deodorant mempengaruhi minat beli siswa SMAN 32 Jakarta dalam hal pembelian parfume. Paradigma penelitian ini adalah positivis sedangkan teorinya SOR dan behaviorisme. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis eksplanatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan survei, angket serta wawancara. Sample yang dipilih adalah pelajar SMAN 32 Jakarta Selatan dengan jumlah 86 orang. Berdasarkan hasil perhitungan dari keseluruhan tabel, diketahui bahwa pengaruh tayangan iklan parfume Axe deodorant di televisi terhadap minat beli remaja siswa SMAN 32 Jakarta, berada pada kategori netral menunjukan angka 54,7%. Dalam tabel frekuensi yang telah dicantumkan 30,2% berpersepsi positif tayangan iklan parfume Axe deodorant di televisi yang berarti responden mendukung tayangan iklan parfume Axe deodorant di televisi, dan 15,1% berpersepsi Negatif terhadap tayangan iklan parfume Axe deodorant di televisi. Hasil ini menjelaskan bahwa pengaruh tayangan iklan parfume axe di televisi terhadap minat beli remaja siswa SMAN 32 Jakarta tidak berpihak satu dengan yang lain. Untuk penelitian selanjutnya, akan lebih menarik lagi jika meneliti tentang strategi apa yang digunakan perusahaan agar konsumen membeli produk yang di iklankan sehingga dapat meningkatkan penjualan. date: 2017 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: A.W. Widjaja. 2002. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat, PT. Bumi Aksara. Jakarta. Alwisol. 2008. Psikologi Kepribadian. UMM Press. Malang. Assael, H. 1992. Consumer Behavior & Marketing Action, Fourth Edition, Kent Publishing Company. New York. Ardianto & Bambang. 2007. Filsafat Ilmu Komunikasi, Simbiosa Rekatama Media. Bandung. ________,2005. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Simbiosa Rekatam Media.Bandung. Bungin, Burhan. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Kencana Prenada Media Group. Jakarta. Courltland, Bovee L and Arens F William. 1992. Contempory Advertising 3rd Edition. Richard D. Irwan Inc. USA. Djayakusumah, Tams. 2002. Periklanan. PT. Armico. Bandung. Effendy. Onong Uchjana. 1989. Ilmu Komunikasi dan Praktek. CV Remadja Karya. Bandung. .2007. Ilmu Komunikasi (teori dan Praktek), Remaja Rosdakarya. Bandung. Elvinaro & Anees. 2007. Filsafat Ilmu Komunikasi, Simbiosa Rekatama Media. Bandung. Fluerintin. Elia dan Haryadi, 1994. Pendekatan-pendekatan Dalam Konseling. IKIP. Malang Husain, Umar, 2003. Metode Riset Perilaku Organisasi. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. Jefkins. Frank. 1997. Periklanan. Erlangga Edisi Ketiga. Jakarta. Kartini Kartono. 1980. Pengantar Metodologi Research Sosial. Bandung. Kriyantono. Rakhmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada ,2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relation, Advertising, Komonikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Kencana. Jakarta Grup. Jakarta. Madjadikara. Agus S. 2004. Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan. Gramedia pustaka Utama. Jakarta. _,.2007. Ilmu Komunkasi Suatu Pengantar, Remaja Rosdakarya. Bandung. _,.2008. Ilmu Komunkasi Suatu Pengantar, Remaja Rosdakarya. Bandung. Nasution, S. 2002. Metode Research. Bumi kasara. Jakarta. Onong Uchjana. 2007. Ilmu Komunikasi (teori dan Praktek), Remaja Rosdakarya. Bandung. Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 1996. Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi V, jilid 2, Intermedia. Jakarta. Muhamad Mufid. 2007. Komunikasi & regulasi penyiaran, Kencana. Jakarta. Mulyana, Deddy. 2005. Metodologi Penelitian Komunikasi, Remaja Rosdakarya.Bandung _,1999. Marketing Jilid 2. Erlangga. Jakarta. Lee. Monle dan Carla Johson. 2007. Prinsip-prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global. Kencana Prenada Media Group. Jakarta. Madjadikara. Agus S. 2004. Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. Morissan. 2007. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. PT. Ramdina Prakarsa. Jakarta. Rakhmat. Jalaludin. 1998. Metode Komunikasi. PT.Remaja Rosdakarya. Bandung. , 2005. Psikologi Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung. Riswandi. 2009. Ilmu Komunikasi. Graha Ilmu. Jakarta. Sendjaja. Sasa Djuarsa. dkk.2002. Pengantar Ilmu Komunikasi. Universitas Terbuka. Jakarta. Suryabrata. Sumardi. 1985. Metode Penelitian. CV. Rajawali. Jakarta. Sutisna. 2003. Tata Cara Periklanan di Indonesia. Direktorat Bina Pers &Grafika. Departemen Penerangan RI. Jakarta. Sobur, Alex, 2007. Semiotika Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung. Suyanto. M. 2005. Strategi Perancangan Iklan Televisi Perusahaan Top Dunia. Andi. Bandung. Trijanto. Agus. 2002. Copywriting. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung. Rahmat, Kriyantono. 2006 Teknik Praktis Riset Komunikasi, PT Kencana Prenada Media Group. Jakarta. Rendra Widyatama. 2005. Pengantar periklanan, Buana Pustaka Indonesia. Wahyudi. J.B. 1986. Media Komunikasi Massa Televisi. Bandung. Yusuf LN. 2006. Psikologi perkembangan anak dan remaja, Remaja Rosdakarya. Bandung. Internet: http://bursaparfum.blogspot.com/2016/02/ini-dia-jenis-parfum-axe-yang-paling.html, diakses pada tanggal 21 Oktober 2016 Pukul 18:35 http://kapakata.blogspot.co.id/2016/01/3-parfum-original-murah-berkualitas.html, diakses pada tanggal 28 Oktober 2016 Pukul 20:00 http://www.intipsejarah.com/2014/09/sejarah-parfum-minyak-wangi.html, diakses pada tanggal 3 Desember 2016 Pukul 14:00 http://arti-definisi-pengertian.info/pengertian-parfum/, Desember 2016 Pukul 16.10 http://plus.kapanlagi.com/wangi-kalem-axe-black-untuk-cowok-kalem-indonesia- 21ca03.html, diakses pada tanggal 17 Desember 2016 Pukul 19.00 Sumber Lain: Skripsi Maya Karina. 2003. Terpaan iklan kartu bebas versi “Tarif Termurah Drastis Nelpon Sepanjang Hari” Terhadap minat beli mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia. Universitas Prof. DR Moestopo (Beragama). Jakarta. Arifin. 2008. Pengaruh Tayangan Iklan Teh Sariwangi Versi “Mari Ngeteh Mari Bicara” Episode Undangan di televisi Terhadap Minat Beli Khalayak di lingkungan RW 02 Kelurahan Kramat Pela Kebayoran Baru Jakarta Selatan. UHAMKA. Jakarta. Rama Febriyan. 2008. Hubungan terpaan Iklan Flexi versi Surprise di Televisi dengan minat beli masyarakat Cipadu Raya. UHAMKA. Jakarta citation: Afriandaru, Bayu dan Mustika, Sri dan Muntafa, Farhan (2017) Pengaruh Tayangan Iklan Parfume AXE Deodorant di Televisi terhadap Minat Beli Remaja (Siswa SMAN 32 Jakarta). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15233/1/FISIP_ILKOM_1206015019_Bayu%20Afriandaru.pdf