eprintid: 15232 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/52/32 datestamp: 2022-06-25 03:35:45 lastmod: 2022-06-25 03:35:45 status_changed: 2022-06-25 03:35:45 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Tiara, Andys creators_name: Mustika, Sri creators_name: Windaningsih, Windaningsih creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Strategi Penyiaran Music Director I-Radio 89,6 Fm Jakarta Dalam Upaya Mempertahankan Pendengar Musik Indonesia ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Radio merupakan salah satu media elektronik yang masih memiliki penggemar. Audiens radio di Indonesia kebanyakan kawula muda. Mereka gemar mendengarkan radio untuk mencari hiburan khususnya musik. Namun radio di Jakarta cenderung memutarkan musik-musik barat dengan prosentasi yang tidak seimbang dengan musik lokal. Berbeda dengan radio lainnya, I-Radio 89.6 FM Jakarta justru hadir dengan menyuguhkan 100% musik Indonesia dengan tagline “Indonesia Keren Banget” dan mengajak pencinta musik Tanah Air agar bangga menjadi bangsa Indonesia dengan mendengarkan musik Indonesia yang berkualitas melalui I-Radio. Penelitian ini menggunakan paradigma konstriktivisme dan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini terdiri dari Music Director I-Radio Jakarta sebagai informan kunci, Jurnalis sekaligus Musisi dan pendengar I-Radio sebagai informan tambahan. Hasil penelitian menggambarkan bahwa strategi yang dilakukan Music Director I-Radio 89,6 FM Jakarta dalam upaya mempertahankan pendengar musik Indonesia yaitu sesuai dengan teori Strategi Pengontrolan Audiens oleh Tyler Eastmant, meliputi Strategi Kesesuaian (Compability) dengan cara menyesuaikan pemilihan tipe musik dengan kebutuhan khalayak. Strategi Pembentukan Kebiasaan (Habbit Formation) dilakukan dengan menyiarkan Spot program acara agar dapat membangun minat kesadaran pendengar untuk mendengarkan. Strategi Pengontrolan Arus Pendengar (Control of Audience Flow) ditempuh melalui “Bounding” kepada pendengar dan lebel musik. Strategi Penyimpanan Sumber-Sumber Program (Conservation of Program Resources) lagu-lagu hasil riset yang dikategorikan berdasarkan tahunnya untuk dapat diperdengarkan kembali secara acak. dan Strategi Daya Penarik Massa (Mass Appeal), dilakukan dengan mengundang musisi-musisi untuk dapat mengudara. Penelitan selanjutnya disarankan mengkaji tentang strategi yang dilakukakan Music Director I-Radio Jakarta dengan menggunkan metode analisis isi kualitatif guna memperkaya literatur penelitian kualitatif khususnya dalam bidang penyiaran. date: 2016 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Effendy, Onong Uchjana, 1989. Kamus Komunikasi, Bandung: Mandar Maju. ________, 1990. Radio Siaran Teori Dan Praktek, Bandung: Mandar Maju. ________, 2005. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik, Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya. Eya, Grimonia, 2014. Dunia Musik Sains – Musik Untuk Kebaikan Hidup, Bandung: Nuansa Cendikia. Hidajanto Djamal dan Andi Fachruddin, 2011. Dasar-Dasar Penyiaran, Sejarah, Organisasi, Operasional, dan Regulasi, Jakarta: Kencana. Kriyantono, Rachmat, 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta: Prenada Media Group. Masduki, 2001. Jurnalistik Radio, Yogyakarta: Lkis _______, 2004. Menjadi Broadcaster Profesional, Yogyakarta: Pustaka Populer _LkiS. McLeish, Robert, 2005. Radio Production (5th Edition). Burlington: Focal Press. Morissan, 2008. Manajemen Media Penyiaran, Jakarta: Prenada Media Grup. ________, 2013. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa, Jakarta: Kencana Prenada Media Group Mudrajat, Kuncoro, 2006. Bagaimana Meraih Keunggulan Kompotetif, Jakarta: Erlangga Mulyana, Deddy, 2008. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. ________, 2008. Human Communication Prinsip-Prinsip Dasar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nurudin, 2009. Pengantar Komunikasi Massa, Jakarta: Rajawali Pers. Prayudha, Harley, 2004. Radio Suatu Pengantar Untuk Wacana dan Praktk Penyiaran, Malang: Bayu Media. ________, 2006. Radio: Penyiar It’s not Just A Talk. Malang: Banyumedia Publishing. Hal 34 Purwatomo, 2007. Ilmu Komunikasi dan Teknologi. Yogyakarta: Grasia Book Publisher. Rhenal, Khasali, 1998. Segmentasi, Targetting dan Positioning. Yogyakarta: Mizan Tjiptono, Fandy, 1997. Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Penerbit Andi. Triartanto, Yodo, 2010. Broadcasting Radio Panduan Praktek dan Teori, Yogyakarta: Pustaka Book Publisher. Wahyudi, 1994. Dasar-Dasar Manajemen Penyiaran, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Wibowo, Freed, 2012. Teknik Produksi Program Radio Siaran, Yogyakarta: Grasia Book Publisher. Wijananto, Agus, 2013. Panduan Jurnalis Radio untuk Perdamaian, Jakarta: Search For Common Ground (SFCG) Indonesia. Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: P.T. Gramedia Widiasarana. Internet: http://iradiofm.com/network/89-6-jakarta/ (diakses pada selasa, pukul: 16.40 wib) http://www.kompasiana.com/hitchiker_12324/industri-musik-indonesia-di-persimpangan_5529c918f17e616027d623bd (diakses pada 21 maret 2016. pukul: 20.26 wib www.PRSSNI.com (diakses pada senin, 13 juni 2016, pukul: 14.35 wib) citation: Tiara, Andys dan Mustika, Sri dan Windaningsih, Windaningsih (2016) Strategi Penyiaran Music Director I-Radio 89,6 Fm Jakarta Dalam Upaya Mempertahankan Pendengar Musik Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15232/1/FISIP_ILKOM_1206015011_ANDYS%20TIARA.pdf