eprintid: 15231 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/52/31 datestamp: 2022-06-25 03:31:39 lastmod: 2022-06-25 03:31:39 status_changed: 2022-06-25 03:31:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Putri, Andita Megawati creators_name: Basuki, Maryono creators_name: Nurjaman, Husnan creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Analisis Isi Pengaduan Masyarakat Dalam Program LAPOR! (Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat) yang Diselenggarakan Oleh KSP (Kantor Staf Presiden) ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Program LAPOR! diperuntukkan bagi masyarakat agar dapat mengadukan semua masalah yang sedang terjadi di sekelilingnya.Program LAPOR! digunakan pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat, karena masyarakat dapat menyalurkan aspirasi, keluhan, masukan, pengaduan, bahkan informasi kepada pemerintah.Perumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu 1) “Bagaimana jenis keluhan masyarakat?”, 2) “Bagaimana jenis usul masyarakat?”, dan 3) “Bagaimana tanggapan dari lembaga terkait?”. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori Computer Mediated Communication (CMC) untuk menjelaskan bagaimana pencapaian komunikasi antara manusia dengan bantuan teknologi komputer. Dalam penelitian ini, yang menjadi objek penelitian merupakan salah satu bentuk dari internet (New Media) berupa website program LAPOR!. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta jenis penelitian yang digunakan bersifat deskriptif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Isi (Content Analysis). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh isi pengaduan masyarakat yang masuk dan tanggapan dari berbagai organisasi dan lembaga yang berada di Program LAPOR!. Sampel yang didapat sebanyak isi pengaduan masyarakat yang masuk dan tanggapan dari berbagai organisasi dan lembaga yang berada di Program LAPOR! selama bulan Juni dan Juli 2016. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan dokumentasi tertulis. Selanjutnya, menganalisis datanya dengan menggunakan kategorisasi pesan dalam menganalisis isi pengaduan masyarakat dalam Program LAPOR yang diselenggarakan melalui Website LAPOR atau aplikasi LAPOR yang terdapat di telepon genggam (Smartphone). Hasil penelitian yang didapat adalah jumlah laporan pengaduan yang masuk ke program LAPOR! periode bulan Juni-Juli 2016 mengalami peningkatan sebanyak 273 laporan pengaduan. Dari masing-masing kategori dalam 2 periode tersebut juga mengalami kenaikan dan penurunan jumlah laporan pengaduan yang masuk terutama yang sangat menonjol sekali adalah kategori Kesehatan yang mengalami kenaikan sebanyak 708 laporan pengaduan yang masuk. Untuk tertinggi ke 2 adalah Reformasi Birokrasi dan Tata Kelola mengalami penurunan sebanyak 341 laporan pengaduan yang masuk. date: 2016 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Ardianto, Elvinaro. 2009. Public Relations Praktis. Bandung: Widya Padjadjaran. Ardianto, Elvinaro dan Lukiati Komala Erdinaya. 2004. Komunkasi Massa: Suatu Pengantar.Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Budyatna, Muhammad, & Leila Mona Ganiem. 2012. Teori Komunikasi Antarpribadi. Jakarta: Prenada Media Group. Bulaeng, Andi. 2004. Metode Penelitian Komunikasi Kontemporer. Yogyakarta : Andi. Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Komunikasi Ekonomi dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya). Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Cutlip. M, Scott, Allen H. Center, & Glen. M. Broom. 2009. Effective Public Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Effendy, Onong Uchjana. 2007. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti. ______________. 1992. Hubungan Masyarakat Suatu Komunikologis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. ______________. 1983 Human Relations dan Public Relations dalam Management. Bandung: Alumni. Freddy Rangkuti. 2010. Strategi Promosi yang Kreatif. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama. Goldhaber, M, Gerald. 1993. Organizational Communication. Wm C Brown Publisher. Gorton, Michael, dkk. 2005. Health Service Review Council:Guide to Complaint Handling in Health Care Services. Australia Holmes, David. 2012. Komunikasi (Media, Teknologi, dan Masyarakat). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hutasoit, C.S. 2011. Pelayanan Publik (Teori dan Aplikasi). Jakarta: Magnascript Publishing. Iriantara, Yosal. 2005. Media Relations (Konsep, Pendekatan, Praktik). Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Jefkins, Frank. 2004. Public Relations. Jakarta: PT. Glora Aksara Pratama. Kasali, Rhenald. 2005. Manajemen Public Relations. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti. Kansil, C.S.T. 1190. Sistem Pemerintahan Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara. Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana. Kusumastuti, Frida. 2004. Dasar-dasar Hubungan Masyarkat. Bogor: PT Ghalia Indonesia dengan UMM Press. Littlejohn, Stephen W, & Karen. A Foss. 2009. Teori Komunikasi (Theories of Human Communication). Jakarta: Salemba Humanika. Masmuh, Abdulah. 2008. Komunikasi Organisasi Dalam Perspektif Teori dan Praktik. Malang. McQuail, Denis. 2012. Teori Komunikasi Massa McQuail. Jakarta: Salemba Humanika. Moenir. 2000. Manajemen Pelayanan Publik. Bina Aksara. Jakarta. Morissan. 2008. Manajemen Public Relations (Strategi Menjadi Humas Profesional). Jakarta: Kencana. Morrisan, & Andy Corry Wardhany. 2009. Teori Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia. Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nova, Firsan. 2009. Crisis Public Relations. Jakarta: Grasindo. Pace, R Wayne dan Faules Don F. 2010. Komunikasi Organisasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Prastowo, Andi. 2011. Memahami Metode-metode Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya. Rangkuti, Freddy. 2006. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Rasyid, Ryas. 1998. Desentralisasi dalam Menunjang Pembangunan Daerah dalam Pembangunan Administrasi di Indonesia. Jakarta: Pustaka LP3ES. Ruslan, Rosady. 2006. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi (Konsepsi dan Aplikasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. ______________. 2010. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Sendjaja, S. Djuarsa. 2002. Pengantar Komunikasi, Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka. ______________. 2004. Teori Komunikasi. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka. Soekanto, Soerjono. 2009. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers. Subagyo, Joko. 2006. Metode Penelitian (Dalam Teori dan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta. Sutopo dan Adi Suryanto. 2003. Pelayanan Prima. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Syafrudin, Ateng. 1976. Pengaturan Koordinasi Pemerintahan di Daerah. Bandung: Tarsito. Syamsudin, Munawar. 2013. Metode Riset Kuantitaif Komunikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Tjiptono, Fandy. 2009. Manajemen Pengaduan (Komplain). Kesimpulan Laporan Penelitian On Line. Thurlow, Lengel, & Tomic. 2004. Computer Mediated Communication, Social Interaction and The Internet. London: Sage Publication. Walizer, Michael. H. & Paul L. Wienir. 1987. Metode dan Analisis Penelitian Mencari Hubungan Jilid 2. Jakarta: Erlangga. West, Richard dan Lynn H. Turner. 2007. Pengantar Teori Komunikasi Edisi 3: Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika. Widjaja, H.A.W. 2010. Komunikasi (Komunikasi dan Hubungan Masyarakat). Jakarta: Bumi Aksara. Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Gramedia Widiasara. Wursanto. 2005. Dasar-dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta: Andi Offset. Internet: http://id.m.wikipedia.org/wiki/E-PR. Diakses pada tanggal 19 Maret 2016, pukul 20.00 WIB. http://jcmc.indiana.edu/vol1/issue4/rafaeli. Diakses pada hari Minggu tanggal 13 Maret 2016, Pukul 10:45 WIB. https://news.detik.com/berita/3222277/menkominfo-smart-kampung-bisa-jadi-prototipe-peningkatan-pelayanan-publik.Diakses pada hari Rabu tanggal 01 Juni 2016, Pukul 14:45 WIB. https://www.academia.edu/15638057/MANAJEMEN_KOMPLAIN. Diakses pada hari Selasa tanggal 21 Juni 2016, Pukul 13:55 WIB. https://nofalliata.wordpress.com/sosial-budaya/pelayanan-masyarakat-dalam-lembaga-pemerintah-2/. Diakses pada hari Selasa tanggal 29 November 2016, Pukul 10:00WIB. https://fitrirahmayanti99.wordpress.com/2013/07/11/hubungan-antara-strategi-perencanaan-program-dan-anggaran/. Diakses pada hari Selasa tanggal 29 November 2016, Pukul 11:00WIB. Sumber Lain: Skripsi Budiharyanta. 2009. Kesesuaian Antara Siaran Pers Humas Dengan Pemberitaan Di Media Massa (Studi Analisis Isi Atas Siaran Pres Komisi Pemberantasan Korupsi Periode Tahun 2008).Depok: FISIP, Universitas Indonesia. Debbie Khairunnisa. 2014. Analisis Isi Kuantitatif Komunikasi Interaktif Pemda Kota Bekasi Dengan Warga Melalui Short Message Service (SMS) Center Di Website SMS Center Kota Bekasi (Periode Agustus 2013 – Oktober 2013). Jakarta: FISIP Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Duwi Sri Lestari. 2012. Penerepan Teori Dramatisme Dalam Retorika Persuasif (Analisis Isi Kualitatif Retorika Persuasif Ustadz M. Nur Maulana Dalam Program Islam Itu Indah Di TRANS TV). Jakarta: FISIP Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. citation: Putri, Andita Megawati dan Basuki, Maryono dan Nurjaman, Husnan (2016) Analisis Isi Pengaduan Masyarakat Dalam Program LAPOR! (Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat) yang Diselenggarakan Oleh KSP (Kantor Staf Presiden). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15231/1/FISIP_ILKOM_1206015010_ANDITA%20MEGAWATI%20PUTRI.pdf