eprintid: 15228 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/52/28 datestamp: 2022-06-25 03:22:41 lastmod: 2022-06-25 03:22:41 status_changed: 2022-06-25 03:22:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Meuthia, Amira Rifka creators_name: Romadhan, Said creators_name: Wahdiyati, Dini creators_id: saidromadlan@uhamka.ac.id creators_id: diniwahdiyati@uhamka.ac.id title: Konstruksi Realitas Gaya Busana Pengguna Jilbab di Instagram dalam #HOTD ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Gaya busana berjilbab dewasa ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Yang dimaksud disini adalah, wanita atau perempuan khususnya di Indonesia banyak yang mulai menetapkan dirinya untuk memakai jilbab. Fenomena ini juga berkembang di media sosial Instagram. Untuk memudahkan dalam mencari tema tersebut dalam instagram kita dapat menggunakan tagar atau yang biasa disebut dengan hahstag (#)HOTD atau hijab of the day. Akan tetapi, di media instagram ini sendiri ditemukan realita yang berbeda yang sesua dengan perintah ajaran agama islam, dimana banyak ditemukan wanita muslim yang mengenakan jilbab yang notabene tidak sedikit dari mereka memilik banyak pengikut (followers) yang itu berarti meraka bisa saja menjadi panutan atau inspirasi bagi sesama muslimah lainnya dalam berpakaian. Penelitian ini mengkaji konstruksi realitas gaya bebusana yang dibangu oleh para pengguna jilbab dalam #hotd di Instagram.Peneliti menggunakan paradigma konstruktivisme serta teori konstruksirealitas. Peneliti mnenggunakan metode penelitian dokumentasi, observasi, narasumber, dan studi pustaka menjadi teknik pengumpulan data peneliti. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini ialah mengurai fenomena yang diteliti dengan menggunakan analisi isi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa jilbab merupakan sebuah kewajiban yang perintahnya jelas tertera didalam al-Qur’an. Memakainya merupakan bagian dari aktivitas untuk melaksanakan dan mentaati perintah agama. Karenanya jilbab merupakan sesuatu yang wajib, harus dilakasanakan oleh setiap wanita muslim yang sudah aqil baligh.. Namun dalam praktek pelaksanaannya, para pengguna jilbab khuusnya yang ditemukan di Instagram dalam #hotd menggambarkan dan mengekspresikan jilbab dengan beragam cara. Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi pengkosntruksian jilbab itu sendiri ada dua yaitu faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal yaitu berupa lingkungan dan media dan faktor internal yaitu pendidikan, pemahaman serta budaya. Penelitian ini diharapkan dapat dianalisis lebih mendalam pada penelitian selanjutnya agar menggunakan teori semiotika dari Ferdinand De Saussure dengan melihat makna penanda dan petanda dari foto selfie Kurt Coleman, dengan indikator ekspresi seperti ekspresi wajah, gaya, fashion, dan latar. Sehingga dapat mengetahui makna konotasi dan denotasi dari busana atau gaya busana yang digunakan dan di unggah ke instagram. Serta menggali lebih dalam mengenai komponen – komponen tanda penanda – petanda dan makna yang ada di dalmnya, sehingga mampu menganalis masalah lain yang ada semisal jilbab dalam ranah jilbab sebagai pengidentifikasian diri sebagai memperlihatkan kelas atau tingkat sosial. date: 2016 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Albani, Al. 2002. Jilbab Wanita Muslimah. Yogyakarta: Media Hidayat. Ardianto, Elvinaro. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbosa Rekatama Media. Ardianto, Elvinaro dan Bambang Q-Anees. 2007. Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbosa Rekatama Media. Barnard, Malcoln. 2007. Fashion sebagai komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra. Baudillard, J. P. (2009). Masyarakat Konsumsi. Yogyakarta: Kreasi Wacana. Boyd, M. D. (2007). Social Networks Sites : Definition, History and Scholarship. Journal of Computer-Mediated Communication, 11. Bungin, Burhan.2006. Sosiologi Komunikasi, Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Bungin, Burhan. 2008. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Bungin, Burhan. 2009. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Universitas Airlangga. Burhanudin. 2015. Komunikasi Bisnis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Dahlan, Abdu (ed). 1993. Ensiklopedi Islam. Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van Hoeve. Deddy, Mulyana. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Gramedia Indonesia. Effendy, U O, 2007. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi, Bandung: Citra Aditya Bakti. Eriyanto. 2013. Analisis Naratif: Dasar-dasar dan Penerapannya dalam Analisis Teks Berita Media. Kencana-Prenada Media Group. Giddens, Antony dkk. 2002. Sejarah Sosiologi Dan Pemikiran Guindi, Fedwa. 2003. Jibab: Antara Keshalehan, Kesopanan, dan Pelawanan. Kamal, A M. 2007. Fiqih Sunnah Untuk Wanita. Jakarta: Al-i’tishom Cahaya Umat. Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Perdana Media Group. Koentjaraningrat. 1980. Bebrapa Pokok Antropologi Sosial. Dian rakyat: Jakarta Liliweri, Alo. 2015. Komunikasi Antar Personal. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Littlejohn, S. W., dan Foss, K.A. 2009. Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika Moleong, L.J. 1997. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Morissan. 2008. Manajemen MEDIA PENYIARAN. Jakarta : Prenada Media Grup. Nasikun. 1985. Sistem Sosial Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Nisrina, M. 2015. Bisnis Online: Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. Yogyakarta: KOBIS. Piliang, Y. A. (2009). Posrealitas : Realitas Kebudayaan Dalam Era Posmetafisika. Yogyakarta: Jalasutra. Prabuninggrat, Ray. 1997. Sosok Wanita Muslimah. Yogyakarta: PT. Duta Wacana. Rakhmat, J. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya. Riswandi. 2009. Dasar-dasar penyiaran. Jakarta: Graha Ilmu. Salim,A. 2004. Teori dan Paradigma sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana Yoga Sendjaja, 2005. Paradigma Baru Pendidikan Ilmu Komunikasi di Indonesia. dalam jurnal KOMUNIKA. LIPI. Jakarta. Syihab, Quraisy. 1998. Wawasan al-Qur'an Tafsir Maudhu'I atas berbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan. Sigman, Stuart. 1987. Social Communication. New York: Lexington Books. Soekanto, Soerjono. 1982. Sosiologi Suatu Pengantar. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta Widiastuti, T, 2005. Komunika Warta Ilmiah Populer Komunikasi dalam Pembangunan, Communicate, Jakarta: LIPI. citation: Meuthia, Amira Rifka dan Romadhan, Said dan Wahdiyati, Dini (2016) Konstruksi Realitas Gaya Busana Pengguna Jilbab di Instagram dalam #HOTD. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15228/1/FISIP_ILKOM_1106015084_Amira%20Rifka%20Meuthia.pdf