eprintid: 15221 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/52/21 datestamp: 2022-06-24 10:26:31 lastmod: 2022-06-25 02:21:05 status_changed: 2022-06-24 10:26:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fariha, Nahla creators_name: Masykuroh, Khusniyati creators_id: khusniyati.masykuroh@uhamka.ac.id title: Kepercayaan Diri anak Usia 4-6 Tahun di Panti Sosial Asuhan Anak Balita Tunas Bangsa Cipayung Jakarta Timur ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86207 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan Kepercayaan Diri Anak Usia 4-6 Tahun Di Panti Sosial Asuhan Anak Balita Tunas Bangsa (2) Megetahui Perilaku Kepercayaan Diri Anak Usia 4-6 Tahun Di Panti Sosial Asuhan Anak Balita Tunas Bangsa (3) Mengetahui Seperti apa Stimulus yang diberikan oleh Psikolog, Guru, dan Pengasuh untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Usia 4-6 Tahun Di Panti Sosial Asuhan Anak Balita Tunas Bangsa Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif Subjek dalam penelitian ini adalah Anak Panti Sosial Asuhan Anak Balita Tunas Bangsa yang berusia 4-6 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara secara mendalam. Data dianalisis teknik deskriptif kualitatif dari Janice McDrury (Collaborative Group Analysis of Data) dengan validasi data menggunakan Triangulasi. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa (1) Anak Usia 4-6 Tahun Di Panti Sosial Asuhan Anak Balita Tunas Bangsa Mempunayai Kepercayaan Diri. (2) Perilaku Kepercayaan Diri anak-anak Di Panti Sosial Asuhan Anak Balita Tunas Bangsa sangat tinggi karena selalu adanya kemauan dalam mengerjakan sesuatu ataupun yang lainnya membuat anak menjadi terbiasa dengan segala aktivitas yang mereka lakukan di dalam panti maupun di luar panti sehingga dapat membentuk kepribadian mereka yang lebih percaya diri. (3) Stimulus yang diberikan oleh Psikolog, Guru dan juga Pengasuh Sangat Membantu Untuk Menigkatkan Percaya Diri Anak Di Dalam Panti Sehingga Anak Mampu Menemukan Jati Diriya sedari dini. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Albi, A., & Johan, S. (2018). No Title. jawa barat: CV Jejak. Anak, P., Panti, D., Al, A., & Cab, K. (2019). Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Menumbuhkan Sikap Sosial. 320–323. Bandura, A. (1997). Social Learning Theory. Bimbingan, J., Pendidikan, F. I., & Padang, U. N. (2017). Hubungan Body Image dengan Kepercayaan Diri Remaja Putri. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 107–113. Busro, D. M. (2018). teori-teori manajemen sumber manusia. Jakarta: PRENADMEDIA GROUP. Frieda, P., & Tamburian, H. . D. (2020). Komunikasi Antarpribadi antara Orang Tua dan Anak Usia Remaja dalam Pembentukan Kepercayaan Diri Anak. Koneksi, 3(2), 470. https://doi.org/10.24912/kn.v3i2.6465 Hadi. (2010). keabsahan data. Helaluddin, hengki wijaya. (2019). Analisis data Kualitatif : sebuah tinjauan teori dan prakrek. Hengki, W. & U. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konseo Dalam Penelitian Pendidikan. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray. Ida Ayu Ratih Tricahyani dan Putu Nugrahaeni Widiasavitri. (2016). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Pada Remaja Awal Di Panti Asuhan Kota Denpasar. Jurnal Psikologi, 3(3), 542–550. Junaida, H. K. C. (2016). Meningkatkan Percaya Diri dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pengembangan Modul Mata Pelajaran Mmeberikan Pelayanan Kepada Pelanggan Guided Inquiry. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 75–93. Karmiyanti, R., D S, A. C., & Purwadi, P. (2019). Analisis Home Visit Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aba 28 Semarang. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 163–172. https://doi.org/10.26877/paudia.v8i1.4045 Mazaya, K. N., & Supradewi, R. (1970). Konsep Diri Dan Kebermaknaan Hidup Pada Remaja Di Panti Asuhan. Proyeksi, 6(2), 103. https://doi.org/10.30659/p.6.2.103-112 Mulya, G., & Lengkana, A. S. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 12(2), 83. https://doi.org/10.26858/cjpko.v12i2.13781 Nofrion, N. (2018). Peran Guru Dalam Pembelajaran. 4, 41–47. https://doi.org/10.31227/osf.io/tnc5b Padjadjaran, U. (2020). KEPERCAYAAN DIRI SEORANG ANAK DARI USIA DINI. 40–47. Prabowo, I. (2020). DAMPAK PERCAYA DIRI DAN POWER LENGAN TERHADAP HASIL. 2(1), 48–53. Prof.Dr.H.M.Burhan Bungin, S.Sos., M. S. (2104). Penelitian Kualitatif. Jakarta. Psikologi, P. S., Kedokteran, F., & Udayana, U. (2016). REMAJA YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN DI BALI Ayu Ratih Wulandari dan Luh Kadek Pande Ary Susilawati. 3(3), 509–518. Purnamaningsih, E. H. dkk. (2003). Kepercayaan Diri Dan Kecemasan Komunikasi Interpersonal Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Di UKRIM Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 2(2), 67–71. Putri, N. W. E. (2019). Peran Psikologi Komunikasi dalam Mengatasi Permasalahan Peserta Didik : Studi Kasus Proses Bimbingan Konseling di SMK Kesehatan Widya Dharma Bali. CALATHU: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 52–67. Rahmawati, B. D., Listiyandini, R. A., & Rahmatika, R. (2019). Resiliensi Psikologis dan Pengaruhnya terhadap Kualitas Hidup terkait Kesehatan pada Remaja di Panti Asuhan. Magister Psikologi UMA, 11(1), 21–30. Santrock W John. (2007). perkembangan anak edisi kesebelas jilid I. jakarta : erlangga. Sejarah, P. (2 PROSES PENINGKATAN PEMBELAJARAN. 1453, 3–8. Sk, S., Ri, K., Ps, I., Diajukan, S. I., Fakultas, P., Uin, T., … Lestari, F. (2008). Usaha Pembina Dalam Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Remaja Anak Asuh Di Panti Asuhan Yatim Putri ’Aisyiyah Serangan Yogyakarta Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2008. Syahfitri, F., Anggraeni, N., & Sumono, D. A. (2020). ANALISIS PERAN GURU BAHASA INDONESIA DALAM. 1(1), 70–77. Tang, N., بیبیبیبیبیبیبی ثبثبثب , Pública, S., Msp, I. I., Miranda, C., Casos, E. D. E. L. O. S., … Dizaje, O. D. E. A. (2018). No Titleبیبیب . ثثثثثث , ث ثثثث (ثق ثقثقثق ), ثقثقثقثق . Tiara, Z. (2019). Improvement of Self Confidence of Orphanage Children in Entrepreneurship through Group Guidance Services at Aisyiyah Orphanage Nanggalo Padang Branch. 1(3). https://doi.org/10.24036/00151kons2019 Tisngati, U., & Meifiani, N. I. (2014). Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Pola Asuh Orang Tua Pada Mata Kuliah Teori Bilangan Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Derivat, 1(2), 8–18. Uyun, M. (2020). Peran Psikolog dalam Bidang Pendidikan, Pemerintahan dan Industri. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(1), 61–78. https://doi.org/10.15575/psy.v7i1.6349 Yusuf, B., & Oleo, U. H. (2020). Mengurai konsep peran pengasuh panti dalam rekonsiliasi anak yang bermasalah dengan teman sebaya di panti asuhan shabri kendari. 1, 23–30.020). FKIP UNIVERSITAS SIMALUNGUN PERAN GURU DALAM Yusuf, R., & Winarni, A. (2004). HUBUNGAN ANTARA KASIH SAYANG DAN PERHATIAN TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI REMAJA YANG TINGGAL DI PANI ASUHAN PUTRI AL-KAZEM ACEH BESAR. 3, 165–168. citation: Fariha, Nahla dan Masykuroh, Khusniyati (2020) Kepercayaan Diri anak Usia 4-6 Tahun di Panti Sosial Asuhan Anak Balita Tunas Bangsa Cipayung Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15221/1/FKIP_PENDIDIKAN%20ANAK%20USIA%20DINI_1601035008_NAHLA%20FARIHA.pdf