eprintid: 15220 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/52/20 datestamp: 2022-06-24 10:21:30 lastmod: 2022-06-24 10:21:30 status_changed: 2022-06-24 10:21:30 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sakinah, Ratna creators_name: Benny, Benny creators_id: benny_hendriana@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-0812-9656 title: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash pada Anak Usia 5-6 Tahun di Masa Pandemi Covid-19 ispublished: pub subjects: L subjects: T1 abstract: Penelitian ini bertujuan menghasilkan satu produk berupa software media pembelajaran interaktif matematika pada anak usia 5-6 tahun di masa pandemic covid-19. Penilitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya media pembelajaran interaktif bagi anak taman kanak-kanak yang didesain menurut prinsip-prinsip pembelajaran, memperhatikan perbedaan individu, menarik, mudah dipelajari, relevan dengan kebutuhan proses belajar mengajar, dan sesuai dengan karakteristik perkembangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development dengan hasil akhir berupa game edukasi bernama early math game yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam memahami matematik permulaan serta perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Game ini telah di validasi oleh ahli media rata-rata sebesar 78,25% dikategorikan baik dan oleh ahli materi rata-rata sebesar 77,5% dengan hasil akhir penilaian dikategorikan baik. Selain di validasi oleh ahli media dan ahli materi, game ini juga telah diujicoba kelompok kecil ratarata sebesar 78% dengan kategori baik dan ujicoba kelompok besar rata-rata sebesar 86.5% dengan kategori sangat baik. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Afifah, G. (2018). Keefektifan Media Pembelajaran Adobe Animate Cc Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sdn Poncol 01 Kota Pekalongan. Joyful Learning Journal, 2(2). Agung Juwantara, Ridho.(2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Akmal, B. (2015). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah, Representasi Matematika Dan Motivasi Belajar Siswa Yang Diberi Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph Dengan Tanpa Autograph. International Journal Of Soil Science, 10(1), 1–14. Https://Doi.Org/10.3923/Ijss.2017.32.38 Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Pt. Raja Grafindo Persada. Kumala Dewi, Putri & Nia Budiana. (2018). Media Pembelajaran Bahasa, Aplikasi Teori Belajar Dan Strategi Pengoptimalan Pembelajaran. Bnpb Ri. (2020). 9 Keputusan Kepala Bnpb Nomor 13.A Tahun 2020 Tentang Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona Di Indonesia.Pdf (P. 2). Budiningsih, C Asri. (2005). Belajar Dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta Darmawan, Deni. (2012). Teknologi Pembelajaran ( Bandung: Pt Remaja Rosdakarya Hawa, Siti. Tt.Teori Belajar Bruner. Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Hayuningtyas, H. (2014). Pemanfaatan Sumber Belajar Dengan Limbah Kardus Untuk Mengembangkan Konsep Matematika Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Eksperimen Di Tk Taman Indria Semarang. Early Childhood Education Papers (Belia), 3(1), 63–70. Hijriati. (2016). Tahapan Perkembangan Kognitif Pada Masa Early Childhood. 1(2), 33– 49. Holis, A. (2016). Belajar Melalui Bermain Untuk Pergembangan Kreativitas Dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 9(1), 23–37. Ibrahim Dan Suparni, (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Bidang Akademik Uin Sunan Kalijaga Isfandira, H. B. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ipa Kelas Iv. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 34. Https://Doi.Org/10.29408/Didika.V4i2.1203 Karim, M. B., & Wifroh, S. H. (2014). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal Pgpaud Trunojoyo, 1(2), 103– 113. Kurniawan, A. P., & Lubab, A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika. Uinsa Press. Kurniawati, I. D., & Nita, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Doubleclick: Journal Of Computer And Information Technology, 1(2), 68–75. Latif, M. (2016). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori & Aplikasi. Prenada Media. Marwah Ahmad Maulana. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Leaflet Pada Materi Sistem Sirkulasi Kelas Xi Man I Makassar. 3(1), 87. Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004 Millah, N. M. N. (2017). Pendampingan Masyarakat Untuk Hidup Sehat Di Desa Depok, Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek. 238. Muijs, Daniel Dan David Reynold. (2008), Effevtive Teaching Teori Dan Aplikasi, Yoyakarta: Pustaka Pelajar Mulyasa, (2014). Menejemen Paud, Bandung: Pt Remaja Rosdakarya Munir, M. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Register Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(2), 184–190. Musrikah. (2017). Pengajaran Matematika Pada Anak Usia Dini. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 1(1), 153–174. Mutia, S. (2014). Pengaruh Metode Bermain Balok Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Tk B Kuta Binjei Kabupaten Aceh Timur. 2014, 368. Ngalim, P. (2010). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya. Nana Nuryana, Agus, 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan Dalam Https://Kabar-Priangan.Com/Dampak-Pandemi-Covid-19-Terhadap-Dunia- Pendidikan/ Diakses Tanggal 15 Agustus 2020 Nur Rahmawati, Yusuffia. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Dengan Software Adobe Flash Cs3 Pokok Bahasan Teorema Pyyhagoras. Skripi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta (Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta) Novikasari, I. (2016). Matematika Dalam Program Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 1–16. Purnamasari, A. S., & N. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak. Kindergarten: Journal Of Islamic Early Childhood Education, 1(2), 124–132. Ridho, R., Markhamah., & D. (2015). Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Kb “Cerdas” Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Jurnal Penelitian Humaniora, 16(2), 59–69. Rosarina,Gina. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. jurnal Pena Ilmiah. Program Studi PGSD Kelas UPI Kampus Sumedang Sari, N. D., & Vebrianto, R. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Kimia Materi Koloid Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman : Studi Literatur. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi Dan Industri (Sntiki), 18–19. Setyaningrum, S. R., Triyanti., & Indrawani, Y. M. (2014). Pembelajaran Di Pendidikan Anak Usia Dini Dengan Perkembangan Kognitif Pada Anak. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 8(6), 243–249. Siti Nurjanah. (2010). Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Mia Man Rejotangan Pada Materi Aturan Pencacahan. Sudijono, A. (2005). Pengantar Statistik Pendidikan. Pt Raja Grafindo Persada. Sugiono, & K. (2016). Pengembangan Model Permainan Pra-Calistung Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 255–276. Sugiyono, (2012) Metode Penelitian Kuantitatif Kualintatif Dan R&D (Bandung: Alfabeta Cv Suharsimi, A. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Suherman, & Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Jaringan Komputer Materi Internet. Jurnal Ilmiah Betrik, 10(3), 131–136. Sujiono, Y. N. (2014). Metode Pengembangan Kognitif. Universitas Terbuka. Suprayoga Erdin Wicaksono. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Pembelajaran Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Kelas Iv Sekolah Dasar. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 97. Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004 Sutarno, E., Revhuydwlrq, D. Q. G., Ghyhorsphqw, R. U., Zdv, P., Gudiwlqj, L., Wkh, R. I., Olplwhg, P., Dqg, W., Sdqghg, W. K. H. H., Surfhvv, Y., Suh, Z. D. V, Dqg, W., Whvw, S., Xvlqj, W. E., Suhwhvw, P., Frqwuro, S., Zrunvkhhwv, F., Iru, U., Vfkrro, W., … Txdolw, O. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pengukuran Untuk Meningkatkan Hasil Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3), 1–1. Https://Doi.Org/10.21831/Jptk.V21i3.3258 Tim Kerja Kementerian Dalam Negeri. (2020). Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Pemerintah Daerah : Pencegahan, Pengendalian, Diagnosis Dan Manajemen. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 212. Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004 Viyanti, N., Parmin, & Akhlis, I. (2014). Pengembangan Media Interaktif Pembelajaran Ipa Terpadu Tema Mata Untuk Siswa Kelas Viii. Unnes Science Education Journal, 3(1), 364–370. Wahyu Anggoro, Eka. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash Cs3 Profesional Materi Luas Dan Keliling Lingkaran Untuk Siswa Kelas Vi Mi/Sd. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta ( Uin Yogyakarta) Warsita, B. (2010). Penelitian Media Pembelajaran. Media Pembelajaran, 4–42. Wati, U. A. (2015). Hakikat, Fungsi, Manfaat Media Dan Sumber Belajar. In Media Dan Sumber Belajar Sd. Wibawanto, W. (2017). Desain Dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Penerbit Cerdas Ulet Kreatif. Zulfikar, T. (2012). Mendesain Cd Interaktif Sd Yang Baik. Zulhelmi, Adlim, & M. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 72–80. citation: Sakinah, Ratna dan Benny, Benny (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash pada Anak Usia 5-6 Tahun di Masa Pandemi Covid-19. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15220/1/FKIP_PENDIDIKAN%20ANAK%20USIA%20DINI_1601035006_RATNA%20SAKINAH.pdf