eprintid: 15219 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/52/19 datestamp: 2022-06-24 10:15:39 lastmod: 2022-06-24 10:15:39 status_changed: 2022-06-24 10:15:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rupitasari, Dian creators_name: Masykuroh, Khusniyati creators_id: Dianrupita123@gmail.com creators_id: khusniyati.masykuroh@uhamka.ac.id title: Efikasi Guru dalam Menangani Anak Tunarungu di Sekolah Inklusi Montessori Aluna Jakarta Selatan ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86207 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui bagaimana efikasi guru dalam menangani anak tunarungu di Sekolah Inklusi Montessori Aluna Jakarta Selatan, (2) Mengetahui faktor yang mempengaruhi efikasi guru dalam menangani anak tunarungu di Sekolah Inklusi Montessori Aluna Jakarta Selatan, (3) Mengetahui klasifikasi serta dampak dari efikasi guru di Sekolah Inklusi Montessori Aluna Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 3 (orang) yaitu Guru. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam. Data dianalisis teknik deskriptif kualitatif dengan validasi data menggunakan Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru memiliki keyakinan dan kepercayaan diri sehingga melahirkan efikasi guru. Sehingga pada saat mengajar di dalam kelas, guru tidak merasa khawatir dan ragu-ragu. (2) Efikasi guru diperoleh dari pengalaman mengajar masing-masing, pengalaman keberhasilan dan kegagalan oranglain, persuasi verbal dan kondisi emosi. (3) Guru mengatasi kegagalan dengan menghadapinya dan mengatasi setiap kesulitannya masing-masing. (4) Efikasi Guru yang tinggi melahirkan keyakinan dan kepercayaan diri yang kuat sehingga dapat mewujudkan tujuan pendidikan secara maksimal. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Astuti, R., & Gunawan, W. (2016). Sumber-Sumber Efikasi Diri Karier Remaja. Jurnal Psikogenesis, 4(2), 143. Atmaja, J. R. (2017). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus (P. R. Rosdakarya (ed.)). Bandura, A. (1994). Self-Efficacy. Encyclopedia of Human Behavior, 4(1994), 77–81. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.25033-2 Bandura, A., Elder Jr, G. H., Flammer, A., Schneewind, K. A., Oettingen, G., Jerusalem, M., Mittag, W., Zimmerman, B., Hacket, G., Schwarzer, R., Fuchs, R., Marlatt, G. A., Baer, J. S., & Quigley, L. A. (1995). Self-Efficacy in Changing Societies (A. Bandura (ed.)). Cambridge University Press. Barsihanor, B., & Rosyida, D. A. (2019). Implementasi Pendidikan Inklusi Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Firdaus Banjarmasin. Jurnal Tarbiyatuna, 10(2), 147–166. https://doi.org/https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v10i2.2712 Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Politik dan Ilmu Sosial Lainnya (2nd ed.). KENCANA. Chong, W. H., & Kong, C. A. (2012). Teacher Collaborative Learning and Teacher Self- Efficacy : The Case of Lesson Study LEARNING , INSTRUCTION , AND COGNITION Teacher Collaborative Learning and Teacher Self-Efficacy : The Case of Lesson Study. 0973(May). https://doi.org/10.1080/00220973.2011.596854 Cresswell, J. W. (1994). Research Design Qualitative and Quantitative Approaches. Sage Publication. Departemen Pendidikan Nasional. (2009). Pendidikan Inklusif bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa. Peratruan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2009 Pasal 2. Dewi, N. K. (2017). Manfaat Program Pendidikan Inklusi untuk AUD. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 14. Dewi, R. S. (2017). Pengaruh Pelatihan Efikasi Diri sebagai Pendidik terhadap Penurunan Burnout pada Guru di Sekolah Inklusi. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 159. Dimopoulou, E. (2012). Self Efficacy and Collective Efficacy Beliefs of Teachers for Children with Autism Self Efficacy and Collective Efficacy Beliefs of Teachers for Children with Autism. March 2012. https://doi.org/10.20533/licej.2040.2589.2012.0082 Efendi, R. (2013). Self Efficacy: Study Indigenous pada Guru Bersuku Jawa. Journal of Social and Industrial Psychology, 62. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/sip Emam, M. M., Hassan, A., & Mohamed, H. (2011). Procedia Social and Preschool and primary school teachers ’ attitudes towards inclusive education in Egypt : The role of experience and self- efficacy. 00, 976–985. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.331 Garnida, D. (2015). Pengantar Pendidikan Inklusi. PT Refika Aditama. Gassert, L. R., Shroyer, M. G., & Staver, J. R. (1996). A Qualitative Study of Factors Influencing Science Teaching Self-Efficacy of Elementary Level Teachers. Science Teacher Education, 284. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/ Ghita, A. M., Wahyuningsih, & Ulfa, Z. (2017). Model Pendidikan Inklusi bagi Anak Usia Dini di PAUD Terpadu Putra Harapan Purwekerto. JPA, 18(2), 358. Gunawan, D. (2016). Modul Guru Pembelajar SLB Tunarungu Kelompok Kompetensi A. PPPPTK TK Dan PLB. Bandung, 10. Kelm, J. L. (2012). Effects of school-wide positive behavior support on teacher self-efficacy. 49(2). https://doi.org/10.1002/pits Klassen, R. M., Tze, V. M. C., Betts, S. M., & Gordon, K. A. (2011). Teacher Efficacy Research 1998 – 2009 : Signs of Progress or Unfulfilled Promise ? 21–43. https://doi.org/10.1007/s10648-010-9141-8 Lee, B., Cawthon, S., & Dawson, K. (2013). Elementary and secondary teacher self-efficacy for teaching and pedagogical conceptual change in a drama-based professional development program. Teaching and Teacher Education, 30(1), 84–98. https://doi.org/10.1016/j.tate.2012.10.010 M. Kauffman, J., & P. Hallahan, D. (1978). Exceptional Learness Introduction to Special Education (10th ed.). Pearson. Malinen, O., Savolainen, H., Engelbrecht, P., Xu, J., Nel, M., Nel, N., & Tlale, D. (2013). Exploring teacher self-ef fi cacy for inclusive practices in three diverse countries. Teaching and Teacher Education, 33, 34–44. https://doi.org/10.1016/j.tate.2013.02.004 Muhammad, A. H., Amawidyati, S. A. G., & Rizki, B. M. (2019). Siapkah Anda Bekerja? Self Efficacy dan Job Search Readiness pada Mahasiswa. Intuisi Jurnal Ilmiah Psikologi, 11, 137. Muzdalifah, F., & Billah, H. (2017). Pengaruh Efikasi pada Sikap Guru terhadap Pendidikan Inklusif. Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 6(1), 27. Nie, Y., Tan, G. H., Liau, A. K., Lau, S., & Chua, B. L. (2013). The roles of teacher efficacy in instructional innovation: its predictive relations to constructivist and didactic instruction. Educational Research for Policy and Practice, 12(1), 67–77. https://doi.org/10.1007/s10671-012-9128-y Noviawati, D. R. (2016). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Kinerja Karyawan dengan Motivasi sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Manajemen, 4(3), 4. Panji, D. (2013). Sudahkah Kita Ramah: Anak Special Needs? PT Elex Media Komputindo. Paramastri, F. K. M., & Ira. (2016). Efikasi Guru dalam Mengajar Pencegahan Kekerasan Seksual Anak. Intuisi Jurnal Ilmiah Psikologi, 216. Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1, 6–8. https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004 Presiden Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. March, 25–27. Pudjiastuti, E. (2012). Hubungan “Self Efficacy” dengan Perilaku Mencontek Mahasiswa Psikologi. MIMBAR, 106. Putri, F. A. R., & Fakhruddiana, F. (2018). Self-Efficacy Guru Kelas dalam Membimbing Siswa Slow Learner. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 3. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk Sadewi, A. I., Sugiharto, D., & Nusantoro, E. (2012). Meningkatkan Self-Efficacy Pelajaran Matematika Melalui Layanan Penguasaan Konten Teknik Modeling Simbolik. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Aplication, 1(2), 8. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk Sari, A., & Sumiati, A. (2016). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Efikasi Diri pada Siswa Kelas X Akutansi di SMK Pangudi Luhur Jakarta. Jurnal Ilmiah Econosains, 14(2), 130. https://doi.org/http://doi.org/ 10.21009/econosains.014.2.2 Sharma, U., & George, S. (2016). Understanding Teacher Self-Efficacy to Teach Inclusive Classrooms. Asia-Pasific Perspective on Teacher Self Efficacy, 39. Skaalvik, E. M., & Skaalvik, S. (2010). Teacher self-ef fi cacy and teacher burnout : A study of relations. Teaching and Teacher Education, 26(4), 1059–1069. https://doi.org/10.1016/j.tate.2009.11.001 Smart, A. (2010). Anak Cacat Bukan Kiamat: Metode Pembelajaran & Terapi untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Ar-Ruzz Media. Sujiono, Y. N. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT INDEKS. Tarnoto, N. (2016). Permasalahan-Permasalahan yang Dihadapi Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi pada Tingkat SD. HUMANITAS, 13(1), 52. Thomas, R. G., & Perry, D. P. (2014). Teacher Efficacy: A Study of Construct Dimensions. American Educational Research Journal, 31(3), 629. Tschannen-moran, M., Hoy, A. W., & Hoy, W. K. (1998). Review of Educational. May 2014. https://doi.org/10.3102/00346543068002202 Verešová, M., & Malá, D. (2012). Stress, Proactive Coping and Self- Efficacy of Teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 55(2001), 294–300. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.506 Vieluf, S., Kunter, M., & Vijver, F. J. R. Van De. (2013). Teacher self-ef fi cacy in cross-national perspective. Teaching and Teacher Education, 35, 92–103. https://doi.org/10.1016/j.tate.2013.05.006 Widhiarso, W., & Hadjam, M. N. R. (2016). Aplikasi Analisis Kelas Laten untuk Mendeteksi Karaktersitik Unik pada Konstruk Efikasi Guru dalam Mengajar. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 246. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/pep.v20i2.7698 Widyaningrum, W., Sondari, E., & Mulyati. (2019). Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru di Abad 21 melalui Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 36. Widyastono, H. (2007). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi bagi Anak Berkelainan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(65), 317. Woodcock, S., & Reupert, A. (2016). Inclusion, Classroom Management and Teacher Self Efficacy in an Australian Context. Asia-Pasific Perspective on Teacher Self Efficacy, 87. Yuliyani, R., Handayani, S. D., & Somawati. (2017). Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) dan Kemampuan Berfikir Positif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 7(2), 133. citation: Rupitasari, Dian dan Masykuroh, Khusniyati (2020) Efikasi Guru dalam Menangani Anak Tunarungu di Sekolah Inklusi Montessori Aluna Jakarta Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15219/1/FKIP_PENDIDIKAN%20ANAK%20USIA%20DINI_1601035004_DIAN%20RUPITASARI.pdf