%X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui bagaimana efikasi guru dalam menangani anak tunarungu di Sekolah Inklusi Montessori Aluna Jakarta Selatan, (2) Mengetahui faktor yang mempengaruhi efikasi guru dalam menangani anak tunarungu di Sekolah Inklusi Montessori Aluna Jakarta Selatan, (3) Mengetahui klasifikasi serta dampak dari efikasi guru di Sekolah Inklusi Montessori Aluna Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 3 (orang) yaitu Guru. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam. Data dianalisis teknik deskriptif kualitatif dengan validasi data menggunakan Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru memiliki keyakinan dan kepercayaan diri sehingga melahirkan efikasi guru. Sehingga pada saat mengajar di dalam kelas, guru tidak merasa khawatir dan ragu-ragu. (2) Efikasi guru diperoleh dari pengalaman mengajar masing-masing, pengalaman keberhasilan dan kegagalan oranglain, persuasi verbal dan kondisi emosi. (3) Guru mengatasi kegagalan dengan menghadapinya dan mengatasi setiap kesulitannya masing-masing. (4) Efikasi Guru yang tinggi melahirkan keyakinan dan kepercayaan diri yang kuat sehingga dapat mewujudkan tujuan pendidikan secara maksimal. %D 2020 %I Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka %T Efikasi Guru dalam Menangani Anak Tunarungu di Sekolah Inklusi Montessori Aluna Jakarta Selatan %A Dian Rupitasari %A Khusniyati Masykuroh %L repository15219