eprintid: 15218 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/52/18 datestamp: 2022-06-24 10:07:20 lastmod: 2022-06-24 10:07:20 status_changed: 2022-06-24 10:07:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Yatusholihah, Fitri creators_name: Masykuroh, Khusniyati creators_id: khusniyati.masykuroh@uhamka.ac.id title: Persepsi Orangtua Tentang Penggunaan Teknologi Digital Untuk Anak Usia 4-6 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19 Di TK Islam Sabilina Bekasi ispublished: pub subjects: Skripsi subjects: T1 divisions: 86207 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penggunaan Teknologi Digital Untuk Anak Usia 4-6 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Islam Sabilina, (2) Untuk mengetahui Pemahaman Orangtua tentang Penggunaan Teknologi Digital Untuk Anak Usia 4-6 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Islam Sabilina, (3) Untuk mengetahui Tanggapan Orangtua Tentang Penggunaan Teknologi Digital Untuk Anak Usia 4-6 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Islam Sabilina, (4) Untuk mengetahui Sikap Orangtua terhadap Pengunaan Teknologi Digital Untuk Anak Usia 4-6 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Islam Sabilina. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Pendekatan Kualitatif Deskriptif. Pada pendekatan ini peneliti mendeskripsikan data-data yang sudah didapat dan dituliskan di dalam laporan skripsi. Subjek dalam penelitian ini yaitu Orangtua Murid TK Islam Sabilina dengan 40 partisipan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan wawancara . Hasil penelitian menunjukkan (1) Dalam penggunaan teknologi digital, durasi penggunaan paling tinggi adalah penggunaan smartphone dibanding alat yang lain, dan aktivitas anak paling banyak menggunaan aplikasi youtube dan whattsap, (2) Pemahaman orang tua akan teknologi digital dikatakan baik karena mengetahui fungsi teknologi digital, mampu menyebutkan alat-alat digital, mengetahui bahwa penggunaan teknologi digital harus diberikan sesuai dengan dengan tahapan usia dan sesuai kebutuhan, serta memahami dampak positif dan negatifnya, (3) 62,5% orang tua memberikan tanggapan negatif, dan 37,5% orang tua memberikan tanggapan positif, (4) Orang tua cenderung mengambil sikap melakukan tindakan preventif untuk menghindari dampak negatif dalam penggunaan teknologi digital. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Alia, T., & Irwansyah. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture and Education, 14(1), 65–78. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.639 Andriani, F., & Musthafa, D. (2017). ( Gadget ) Melalui Model Komunikasi Interaktif Orang Tua Dan Anak Berdasar Al-Quran. 110, 645–653. APJII. (2019). Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia Tahun 2018. Apjii, 51. www.apjii.or.id Asilestari, P. (2016). Jurnal paud tambusai. Komputer Interaktif Sebagai Media Pengajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini, 2, 55–62. Asmani., J. M. (2012). Kiat Mengembangkan Bakat Anak di Sekolah. Diva Press. Asrori, M. (2009). Psikologi Pembelajaran. CV Wacana Prima. Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Politik dan Ilmu Sosial Lainnya ((2nd ed). Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330. https://doi.org/10.21274/dinamika/2017.17.2.315-330 Daradjat, Z. (2012). ilmu pendidikan islam (cetakan X). Bumi Aksara. Efendi, A., Astuti, P. I., & Rahayu, N. T. (2017). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Baru Terhadap Pola Interaksi Sosial Anak Di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Penelitian Humaniora, 18(2), 12. https://doi.org/10.23917/humaniora.v18i2.5188 Eminita, V., & Astriyani, A. (2018). Persepsi Orang Tua Terhadap Kecerdasan Majemuk Anak. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.1-16 Goh, W. W. L., Bay, S., & Chen, V. H. H. (2015). Young school children’s use of digital devices and parental rules. Telematics and Informatics, 32(4), 787– 795. https://doi.org/10.1016/j.tele.2015.04.002 Hale, L., & Guan, S. (2015). Screen time and sleep among school-aged children and adolescents: A systematic literature review. Sleep Medicine Reviews, 21, 50–58. https://doi.org/10.1016/j.smrv.2014.07.007 Harisah, A., & Masiming, Z. (2008). Persepsi manusia terhadap tanda,simbol dan spasial. SMARTek, 6(1 Februari), 29–43. Helaluddin, H. W. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=lf7ADwAAQBAJ&oi=fnd &pg=PA13&dq=Analisis+Data+Kualitatif:+Sebuah+Tinjauan+Teori+%26+ Praktik&ots=C9WVOZVL9N&sig=pSg_rHW3yVYG4Bx0oArhz7IgB8& redir_esc=y#v=onepage&q=Analisis Data Kualitatif%3A Sebuah Tinjauan Teo Hengki, W. & U. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan (S. S. Claudia (ed.)). Sekolah Tinggi Theologia Jaffray. Huda, M., Jasmi, K. A., Mustari, M. I., Basiron, B., Hehsan, A., Shahrill, M., & Gassama, S. K. (2017). Empowering children with adaptive technology skills: Careful engagement in the digital information age. International Electronic Journal of Elementary Education, 9(3), 693–708. Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan. Erlangga. Ihmeideh, F., & Alkhawaldeh, M. (2017). Teachers’ and parents’ perceptions of the role of technology and digital media in developing child culture in the early years. Children and Youth Services Review, 77(2016), 139–146. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2017.04.013 Indriyani, M. (2018). Persepsi Orangtua Terhadap Penggunaan Gadget Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Komunikasi, D., & Statistik, I. D. A. N. (2020). Dinas komunikasi, informatika dan statistik. April, 3848850. https://ppid.jakarta.go.id/siaran-pers Kreitner, K. A. R. (2003). Organizational Behavior Key Concepts, Skills & Best Practices. Mc. Graw Hill. Listyawardani. (2015). Pengaruh Lama Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Umur 5-6 Tahun Terhadap Perkembangan Sosial di TK Marsudirini Surakarta. Malang, P. N., Case, L., Case, T., Case, L., Case, L., Case, L., Case, T., & Case, L. (2010). Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 09, 1–12. Muhasim. (2017). pengaruh teknologi digital, terhadap motivasi belajar peserta didik. Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 5 no.2(2540-9697;53- 77). Nasional, U. (2020). C. d. 0.0075 300. 300. Neumann, M. M. (2016). Young children’s use of touch screen tablets for writing and reading at home: Relationships with emergent literacy. Computers and Education, 97, 61–68. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2016.02.013 Pratiwi, D. S., Widiastuti, A. A., & Rahardjo, M. M. (2018). Persepsi orangtua terhadap pendidikan anak usia dini di Lingkungan RW 01 Dukuh Krajan Kota Salatiga. Jurnal Satya Widya, 34(1), 39–49. https://doi.org/10.24246/j.sw.2018.v34.i1.p39-49 Rachmat, I. F. (2018). JURNAL JENDELA BUNDA Vol 6 No 1 Maret-Agustus 2018. 6(1), 14–29. RAHMA ISTIFADAH. (2018). DAMPAK PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP PERILAKU PESERTA DIDIK DI SMA PIRI KECAMATAN JATIAGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. https://doi.org/10.1051/matecconf/201712107005 Robbins, P. S.; Judge, A. T. (2013). Organizational Behavior (15th editi). Pearson Education. Sari, T. P., & Mitsalia, A. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah Di Tkit Al Mukmin. Profesi, 13(Maret), 72–78. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26576/profesi.124 Schermerhorn, Hunt, O. (2005). Organizational Behavior Ninth Edition (& J. W. & Sons (eds.)). Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode Kualitatif di Bidang Pendidikan (M. A. Dr. Anwar Mujahidin (ed.); Cetakan 1). Stephen, R. (2005). Organizational Behwior. Prentice hall Inc. Sufiah Amalia, S. S. (n.d.). PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI DI TK SURABAYA. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Alfabeta.CV. Taufik, A., Apendi, T., Saidi, S., & Istiarsono, Z. (2019). Parental Perspectives on the Excellence of Computer Learning Media in Early Childhood Education. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(2), 356–370. https://doi.org/10.21009/jpud.132.11 Tiara Lani, Pudji Lestari, E. M. M. H. (2019). Sikap Orang Tua Terhadap Penggunaan Gadget Pada Anak Tiara Lani. Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 10(4), 235–238. https://doi.org/10.33846/sf10316 Ulfa, S. (2016). Pemanfaatan teknologi bergerak sebagai media pembelajaran bagi anak usia dini. Edcomtech, 1, 1–8. citation: Yatusholihah, Fitri dan Masykuroh, Khusniyati (2020) Persepsi Orangtua Tentang Penggunaan Teknologi Digital Untuk Anak Usia 4-6 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19 Di TK Islam Sabilina Bekasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15218/1/FKIP_PENDIDIKAN%20ANAK%20USIA%20DINI_1601035001_FITRI%20YATUSOLIHAH.pdf