eprintid: 15214 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/52/14 datestamp: 2022-06-24 08:11:34 lastmod: 2022-06-24 08:11:34 status_changed: 2022-06-24 08:11:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Zadesfira, Suci creators_name: Mustika, Sri creators_name: Windanngsih, Windanngsih creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Motivasi Pemilik Akun Instagram @kuliner untuk Memperkenalkan Kuliner Nusantara. ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi pemilik akun Instagram @kuliner untuk memperkenalkan kuliner Nusantara. Selain itu penelitian ini juga untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menimbulkan motivasi pemilik akun Instagram @kuliner untuk memperkenalkan kuliner Nusantara. Berhubungan dengan tujuan penelitian, maka teori yang digunakan adalah teori motivasi ERG Clayton Alderfer, dan teori komunikasi dunia maya. Unit analisis penelitian ini adalah motivasi pemilik akun Instagram @kuliner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian analisis isi kualitatif, di mana peneliti ingin mengetahui motivasi pemilik akun Instagram @kuliner untuk memperkenalkan kuliner Nusantara dengan wawancara mendalam. Hasil penelitian menggambarkan bahwa motivasi pemilik akun @kuliner untuk memperkenalkan kuliner Nusantara terbagi dalam tiga kebutuhan. Kebutuhan keberadaan (Existence Need) yang meliputi memperkenalkan kuliner Nusantara secara luas, pesan yang informatif, like yang banyak, logo di setiap foto yang di unggah, memilih angle foto yang baik dan menarik perhatian, tuntutan persaingan, pengikut yang banyak, tagar (#), foto yang diunggah, tawaran review yang banyak masuk, serta keeksistensian pemilik akun @kuliner. Kebutuhan berhubungan ( Relatedness Need) yang meliputi interaksi, komentar, tanggapan, like, serta dukungan dari followers. Sedangkan kebutuhan berkembang (Growth Need) yang meliputi penyaluran hobi atau keterampilan, memperkenalkan makanan lokal sebagai identitas budaya bangsa, mengeksplore makanan Nusantara secara luas. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan mahasiswa tentang makanan lokal di Indonesia sehingga dapat menjadi referensi dalam penelitian selanjutnya untuk menggali lebih dalam persoalan-persoalan makanan lokal di Indonesia. date: 2016 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other citation: Zadesfira, Suci dan Mustika, Sri dan Windanngsih, Windanngsih (2016) Motivasi Pemilik Akun Instagram @kuliner untuk Memperkenalkan Kuliner Nusantara. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15214/1/FISIP_ILKOM_1106015058_SUCI%20ZADESFIRA.pdf