eprintid: 15211 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/52/11 datestamp: 2022-06-27 01:22:16 lastmod: 2022-06-27 01:22:16 status_changed: 2022-06-27 01:22:16 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Khakiki, Tiwi Nurul creators_name: Akhadiah, Sabarti creators_name: Yanti, Prima Gusti creators_id: prima_gustiyanti@uhamka.ac.id title: Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Membaca terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII MTs Darunnida Cikarang Timur. ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: Model Pembelajaran, Minat Membaca dan Kemampuan Menulis abstract: Tesis ini bertujuan untuk mengetahui ada tidak nya pengaruh metode pembelajaran dengan minat membaca terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa di MTs Darunnida Cikarang Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan metode kuantitatif. Metode eksperimen dengan menggunakan dua kelompok sampel yaitu siswa yang belajar dengan model pembelajaran STAD dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Consept Sentence. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis teks persuasi antar siswa yang belajar dengan model STAD dan siswa yang belajar denganmodel Pembelajaran Consept Sentence di MTs Darunnida. Hal tersebut terbukti dari sesudah perlakuan menunjukkan mean kelas eksperimen (Model STAD) sebesar 83,26 dan mean kelas kontrol (Consept Sentence) sebesar 69,52. Serta Terdapat perbedaan kemampuan menulis teks persuasi dengan menggunakan model pembelajaran STAD dan Consept Sentence di MTs Darunnida pada kelompok siswa yang memiliki minat membaca tinggi. Nilai rata-rata kemampuan menulis teks persuasi siswa dengan minat membaca tinggi di kelas eksperimen sebesar 88,16 dan rata-rata kemampuan menulis teks persuasi siswa dengan minat membaca tinggi di kelas kontrol sebesar 73,84. Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran STAD dan Consept Sentence dan minat membaca siswa terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa di MTs Darunnida. Hal tersebut dikarenakan peningkatan kemampuan menulis teks persuasi siswa di MTs Darunida Cikarang lebih dipengaruhi oleh metode pembelajaran STAD yang diberikan oleh guru dan minat membaca. Diharapkan guru dapat lebih aktif lagi dalam menerapkan model pembelajaran pada siswa. date: 2019-12-05 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Uhamka department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Abror, Rachman, Abd. 1993. Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: PT. Tiara Wacana Yogya. Alex. 2011. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi, Jakarta: Kencana. Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013, Jakarta: Prestasi Pustakaraya. Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Crow, D., Lester dan Alice Crow. 1984. Educational Psychology. New York: American Book Compeny. Dalman. 2015. Penulisan Populer, Jakarta: Rajawali. Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara. Faturrohman. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Freankel, R. Jack and Norman E. Wallen, 1993. Research in education. New York:McGraw-Hill. Gagne, Robert, M., Leslie S. Briggs and Walter W Wager. 1992. Principles of Intruction Design Fort Worth: Hart court Brace Jovanovich College Publisher. Gani, Erizal. 2010. Efektivitas Pengajaran Menulis. http://www.ialf.edu/bipa/html, online. Hasaah, Muakibatul, Nurhasanah. 2011. Membaca ekstensif Teori, Praktik, dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Kaiswaran. Hasaah, Muakibatul, Nurhasanah. Membaca ekstensif Teori, Praktik, dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Kaiswaran. 2011. http://www. Pencilbooks on 16/12/2008 by pencilbooks. https://id.com/artikelilmiah Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Jakarta: Pustaka Pelajar. Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Ibrahim, Nini. 2012. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi, Jakarta: UHAMKA Press. Isskardarwassid & Dadang Sunandar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: Rosda. Jauhari, Heri. 2013. Terampil Mengarang, Jakarta: Nuansa Cendekia. Kadir, 2010. Statistika untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial dilengkapi dengan output program SPSS. Jakarta: Rosemata Sempurna. Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Kosasih, E. 2017. Bahasa Indonesia, Surabaya: PT. Press Media Utama. Kusmaryadi, Ismail. 2008. Think Smart Bahasa Indonesia, Bandung: Grafindo Media Pratama. Leo, Sutanto. 2017. Mencerahkan Bakat Menulis, Jakarta: PT Gramedia. Majid, Abdul. 2016. Strategi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarrya. Meltiana, Maria. 2017. https;//repository.usd.ac.id. online. Nurgiyantoro, Burhan. 2016. Penilaian Pembelajaran Berbahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE –YOGYAJARTA. Nurudin. 2010. Dasar-dasar Penulisan, Malang: UMM Pers. Ormord, Ellis, Jeanne. 2008. Psikologi Pendidikan Jilid 2. Jakarta: Erlangga. Rahim, Farida. 2009. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Aksara. Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Semi, Atar, M. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis, Bandung: Angkasa. Shoimin, Aris. 2013. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.. Solihati, Nani. 2016. Bahasa Indonesia, Jakarta: PT. Grasindo. Sramboel, Semiawan, Cony. 1979. Prinsip dan Teknik Pengukuran dan Penilaian di Dalam Dunia Pendidikan. Jakarta: Mutiara, Sukardi, Edi. 2012. Pembelajaran Menulis, Jakarta: UHAMKA Pers. Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Suprijono, Agus. 2015. Cooperatif Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Suyatno. 2011. Cerdas Membaca: Sebuah Strategi Pembelajaran Bahasa Di Perguruan tinggi. Jakarta: UHAMKA Press. Taniredja, Tukiran, Efi Miftah Faridli, dan Sri Harmianto, 2014. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Kreatif, Bandung: Alfabeta. Tarigan, G., Henry. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa. Taufani, C.K.. 2008. Menginstal Minat Baca Siswa, Bandung: PT Globalindo Universal Multikreasi. Wardoyo, Mangun, Sigit. 2013. Teknik Menulis Puisi, Yogyakarta: Graha Ilmu. Wibowo. 2014. Prilaku dalam Organisasi, Jakarta: Rajawali Pers. Wicaksono. 2014. Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya, Yogyakarta: Grandhawaca. www.bpkpenabur.or.id/jurnal/04/017-035.pdf. Yunus, Mohamad, Suparno. 2008. Keterampilan Dasar Menulis, Jakarta: Universitas Terbuka. Santoso, Singgih. 2010. Statistik Parametrik, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS, Jakarta: PT Gramedia. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta. Bahri, Syaiful. 2012. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta. Eveline dan Hartini. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia. citation: Khakiki, Tiwi Nurul dan Akhadiah, Sabarti dan Yanti, Prima Gusti (2019) Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Membaca terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII MTs Darunnida Cikarang Timur. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Uhamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15211/1/SPS_INDONESIA_1709057016_TIWI%20NURUL%20KHAKIKI.pdf