eprintid: 15210 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/52/10 datestamp: 2022-06-24 08:01:56 lastmod: 2022-06-24 08:01:56 status_changed: 2022-06-24 08:01:56 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ramadani, Senja creators_name: Puspita, Virienia creators_name: Wahdiyati, Dini creators_id: wahdiyatikamil@gmail.com creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Nilai-Nilai Nasionalisme dalam Film “Tanah Surga Katanya” ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Film berperan sebagai sarana baru yang digunakan untuk menyebarkan hiburan yang sudah menjadi kebiasaan terdahulu, serta menyajikan cerita peristiwa, musik, drama, lawak, dan sajian teknis lainnya kepada masyarakat secara umum. Film juga sudah digunakan sebagai media informasi dan edukasi untuk menambah wawasan dan nilai pada sebuah film. Pada penelitian ini menggunakan teori isi media. Peneliti mengkaji nilainilai nasionalisme yang terdapat dalam film Tanah Surga Katanya. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif yang meneliti tiap gambar, adegan, dialog dan musik yang mengandung nilai nasionalisme berdasarkan indikator yang telah dibuat, kemudian dikaitkan dengan teori isi media. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis pada penelitian ini adalah deskriptif, yaitu penelitian yang memberikan gambaran atau uraian atas suatu kejadian sejelas mungkin tanpa ada perlakuan terhadap objek yang diteliti. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan 65% adegan, dialog dan musik yang terdapa tdalam film Tanah Surga Katanya mengandung nilai nasionalisme, dan 35% adegan, dialog dan musik yang tidak mengandung nilai nasionalisme. Nilai-nilai nasionalisme yang muncul pada film “Tanah Surga Katanya” adalah kesadaran masyarakat membangun bangsa, adanya kesadaran nasionalisme dalam diri warga Indonesia, kesadaran memiliki dan mencintai bangsa, penggunaan simbolisme bangsa (bahasa Indonesia, bendera merah putih, lambang garuda dan lagu kebangsaan). Signifikansi dari penelitian ini agar memberikan penjelasan dan pengetahuan mengenai nilai-nilai nasionalisme yang terdapat dalam film Tanah Surga Katanya. Juga memberikan contoh baru bagi penelitian dengan metode analisis isi kuantitatif. date: 2015 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Ardianto, Elvinaro. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar.Bandung:Simbiosa Rekatama Media Ardianto, Elvinnaro Dkk.2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung : Simbosa Rekatama Media. Azwar Saifuddin. 2001. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Baksin, Askurifai. 2009. Jurnalistik Televisi Teori Dan Praktik. Bandung:Sibiosa Rekatama Media. Bungin, Burham.2007.Sosiologi KomunikasiTeori, Paradigma, Dan DiskursusTeknologiKomunikasiMasyarakat, Jakarta:Kencana. Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi. Jakarta:Kencana Dennis Mcquail.1987.Teori Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Jakarta:Erlangga. Djamal, Hidajanto, Andi Fachruddin. 2011. Dasar-Dasar PenyiaranSejarah, Organisasi, Operasional, Dan Regulasi. Jakarta: Prenada MediaGroup. Effendy, Onong Uchjana.2003.Ilmu Komunikasi Teori Dann Praktek. Cetakan Kesembilanbelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi.Jakarta : Kencana. Kriyantono, Rachmat.2009. TeknikPraktisRisetKomunikasi :Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relation, Advertising KomunikasiOrganisasi, KomunikasiPemasaran. Jakarta: Kencana. Kuswandi, Wawan. 1996.Komunikasi Massa (Sebuah Analisis Media Televisi).Jakarta:Rineka Cipta. Lexy J., Moleong.2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosadakarya. Malayu Hasibuan, Sp.2002.Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara McQuail. 1987. Teori Komunikasi Massa: suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga. Morrisan, M.A. 2011. Manajemen Media Penyiaran: Strategi MengelolaRadio & Televisi. Jakarta: Kencana. Morrisan. 2011. Manajemen Media Penyiaran: StrategiMengelola Mulyana, Deddy. 2008. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Mulyana, Deddy. 2008. IlmuKomunikasiSuatuPengantar. Bandung: PT. RemajaRosdakarya Nurudin, M. Si. 2013. Pengantar Komunikasi Massa. Depok: PT. Rajagrafindo Persada. Nurudin. 2009. PengantarKomunikasi Massa. Jakarta: PT. RajaGrafindoPersada. citation: Ramadani, Senja dan Puspita, Virienia dan Wahdiyati, Dini (2015) Nilai-Nilai Nasionalisme dalam Film “Tanah Surga Katanya”. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15210/1/FISIP_ILKOM_1106015055_SENJA%20RAMADANI.pdf