eprintid: 15192 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/51/92 datestamp: 2022-06-24 04:58:20 lastmod: 2022-06-24 04:58:20 status_changed: 2022-06-24 04:58:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dini, Alifia Prima creators_name: Supendi, Moh creators_id: alifia.d22@gmail.com title: Implementasi Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pada Supermarket Tip Top Ciputat, Tangerang Selatan ispublished: pub subjects: H subjects: HF divisions: sch_med abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya penerapan strategi bauran pemasaran yang dilakukan pada Supermarket Tip Top Ciputat menggunakan konsep bauran pemasaran 7P. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dalam bentuk observasi, wawancara, dokumentasi dan trianggulasi. Peneliti melakukan penelitian yang diperoleh bahwa Supermarket Tip Top Ciputat telah menerapkan fokus penelitian strategi bauran pemasaran dengan sub fokus 7P (product, price, place, promotion, people, process, and physical evidence). Hasil penelitian dari strategi produk di dapati bahwa dalam pemilihan jenis produk harus disesuaikan dengan izin BPOM dari masing-masing skala perusahaan. Maka produk yang dijual merupakan produk yang telah berhasil bersaing dan memiliki brand, sehingga Supermarket Tip Top tidak memproduksi produk sendiri. Hasil penelitian dari strategi harga menunjukkan bahwa dalam menetapkan harga yang menentukan langsung dari bagian finance kantor pusat, sedangkan kantor cabang hanya menerima list harga yang siap dijual. Hasil penelitian dari strategi ditribusi sangat diperhatikan sekali dalam pemilihan supplier yang bisa masuk ke gudang supermarket, apakah produk yang dijual halal dan mampu bekerjasama dengan prinsip islami. Dalam hal mempromosikan menggunakan sosial media yang telah disediakan dan tidak melakukan periklanan yang disebabkan hanya tersebar luas di JABODETABEK. Dengan memiliki hubungan baik dengan masyarakat, konsumen dan karyawan membuat mereka loyal dan mampu memberikan kepercayaan penuh terhadap Supermarket Tip Top. Sehingga dalam strategi proses menunjukkan dalam menghadapi pendatang baru supermarket tetap mengutamakan pelayanan kepada konsumen serta membuat inovasi baru. Maka dari itu, strategi bukti fisik yang ditampilkan sangat menonjolkan berbagai ciri khas Supermarket Tip Top. Pada hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Supermarket Tip Top Ciputat telah menerapkan strategi bauran pemasaran dengan baik yang selalu memberikan pelayanan ekstra untuk berbagai pihak baik manusia maupun barang/produk. Hanya saja dalam menetapkan harga dinilai tidak transparan bagi kantor cabang sehingga cabang hanya mengikuti instruksi yang sudah diberikan dari kantor pusat. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: A.D, S. C. (2013). BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA FRESH MART BAHU MALL MANADO. Bauran Pemasaran, 1, 71–80. Adilla, H. (2017). PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA PT. ARBANI MADINAH WISATA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Universitas Negeri Islam Walisongo. Alma, H. B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV ALFABETA. Assauri, S. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. D.W, F. (1981). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: PT Erlangga. Dimyati, D. M. (2012). Konsep Inti & Elemen Pemasaran. Mojokerto: Insan Global. Julius, Y. (2016). Manajemen Pemasaran (Model Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Sleman: CV BUDI UTAMA. Kotler, P. (1984). Marketing. Jakarta: PT Erlangga. Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV ALFABETA. Sugiyono. (2017b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV ALFABETA. Sylvia, T. (2015). The Impact of Marketing Mix On Customer Loyalty Towards Plaza Indonesia Shopping Center. 3, 392–402. 160 Tanama, putri B. R. (2017). Manajemen Pemasaran. Denpasar: Universitas Udayana. Tjiptono, F. (2000). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI YOGYAKARTA. Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa- Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET. Zen, G. Z. (2018). THE EFFECT OF MARKETING MIXED STRATEGY ON MARKETING PERFORMANCE AND COMPETITIVE EXCELLENCE IN SHOPPING MALL IN BADUNG AND DENPASAR REGENCY. Marketing Mix Strategy, 5, 33–40. citation: Dini, Alifia Prima dan Supendi, Moh (2020) Implementasi Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pada Supermarket Tip Top Ciputat, Tangerang Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15192/1/FKIP_PENDIDIKAN%20EKONOMI_1601085032_ALIFIA%20PRIMA%20DINI.pdf