eprintid: 15189 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/51/89 datestamp: 2022-06-24 04:43:32 lastmod: 2022-06-24 04:43:32 status_changed: 2022-06-24 04:43:32 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fijriyah, Nurul creators_name: Rosyidi, Muhib creators_id: nfijriyah@gmail.com creators_id: muhib_rosyidi@uhamka.ac.id title: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Secara Daring Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Jatinegara 10 Pagi ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN Jatinegara 10 Pagi pada semester II tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design, dengan pengambilan data skor dengan menggunakan desain Posttest Only. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Teknik sampling jenuh. Sampel yang diteliti sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Uji isntrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Dari uji validitas dengan Korelasi Point Biserial didapat 30 soal yang valid dari 40 butir test. Untuk pengujian reliabilitas dengan K-R 20 didapat Rhitung> Rtabel (0,8423 > 0,388), sehingga instrumen ini dikatakan reliabel. Dari hasil pengujian normalitas, dengan menggunakan uji Chi Kuadrat untuk kelas eksperimen, diperoleh x2hitung < x2tabel yaitu 4,64 < 11,3 dan untuk kelas kontrol, diperoleh x2hitung < x2tabel 9,16 < 11,3. Maka dapat disimpulkan kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 2,20 < 2,40. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua data tersebut homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 83,47 dan rata-rata nilai kelas kontrol sebesar 80,5. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 6,01, pada taraf signifikan a= 0,05 dan a = 0,01 dengan derajat kebebasan (dk) = 60 seharga 2,045 dan 2,756. Karena thitung > ttabel (6,01 > 2,045) , (6,01 > 2,756) maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SDN Jatinegara 10. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (hal. 93). Bumi Aksara. Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran (hal. 36). Alfabeta. Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89 Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran (hal. 7). Rineka Cipta. Hamdayama, J. (2014). MODEL DAN METODE PEMBELAIARAN KREATIF (hal. 117). Ghalia Indonesia. Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika (hal. 119). PT Bumi Aksara. Jihad, A., & Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran (hal. 14–15). Multi Pressindo. Kurniasih, I., & Sani, B. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran (hal. 23–24). Kata Pena. Kurniasih, I., & Sani, B. (2017). Lebih Memahami Konsep & Proses Pembelajaran (hal. 12–13). Kata Pena. Kusdiwelirawan, A. (2014). STATISTIKA PENDIDIKAN (hal. 116–287). UHAMKA PRESS. Maskun, & Rachmedita, V. (2018). TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN (hal. 86). Graha Ilmu. Prananda, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pedagogik, 6(1), 1–107. Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran (hal. 319). CV Pustaka Setia. Sugiyono. (2015). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (hal. 114–364). Alfabeta. Sukaesih, O. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Pembelajaran Mengidentifikasi Jenis Makanan Hewan Di Sd. Mimbar Sekolah Dasar, 2(1), 46–59. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i1.1321 Surahman, Paudi, ritman ishak, & Tureni, D. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Makhluk Hidup Dan Proses Kehidupan Melalui Media Gambar Kontekstual Pada Siswa Kelas II SD Alkhairaat Towera. Jurnal Kreatif Tadulako, 3(4), 91–107. Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran (hal. 4). Kencana. Susilawati, B., Halimah, M., & Hidayat, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangan Teknologi Di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 305–318. Trianto. (2015). MODEL PEMBELAJARAN TERPADU: Konsep,Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) (hal. 136–137). PT Bumi Aksara. Wicaksono, Antonius Alam dn Bariska, H. F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circuit Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Gadung Driyorejo Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(8), 31–38. Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2014). METODOLOGI PEMBELAJARAN IPA (hal. 22). PT Bumi Aksara. Zahro, F., Degeng, I. N. S., & Mudiono, A. (2018). Pengaruh model pembelajaran student team achievement devision (STAD) dan mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(2), 196. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3021 citation: Fijriyah, Nurul dan Rosyidi, Muhib (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Secara Daring Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Jatinegara 10 Pagi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15189/1/FKIP_PGSD_1601025167_NURUL%20FIJRIYAH.pdf