eprintid: 15162 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/51/62 datestamp: 2022-06-24 02:57:40 lastmod: 2022-06-24 02:57:40 status_changed: 2022-06-24 02:57:40 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Islamiati, Choiriah creators_name: Suyadi, Suyadi creators_name: Supendi, Moh creators_id: choiriahislmti@gmail.com creators_id: suyadi@uhamka.ac.id title: Implementasi Promosi Penjualan di Bank BJB Syariah Bekasi ispublished: pub subjects: H subjects: L divisions: sch_med abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi promosi penjualan yang ada di Bank Bjb Syariah Bekasi. Jumlah Informan penelitian ini sebanyak 3 orang terdiri dari Manajer Bisnis, Supervisor Operasional dan Back Office. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data penelitian meliputi Observasi Partisipatif, Wawancara Semiterstruktur, dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil temuan peneliti menyimpulkan, bahwa Promosi Penjualan yang diterapkan di Bank Bjb Syariah Bekasi meliputi (1) promosi perdagangan; (2) promosi pelanggan; dan (3) tenaga penjual (sales force). Promosi perdagangan terdiri dari point of purchases display (POP), pameran dagang, dan barang gratis. Sedangkan promosi pelanggan berupa dari hadiah. Selanjutnya yang terakhir yaitu tenaga penjual (sales force). Adapun saran untuk Bank Bjb Syariah yaitu pada promosi perdagangan, Bank Bjb Syariah perlu melakukan penambahan dalam hal promosi melalui media elektronik seperti televisi. Keberadaan Bank Bjb Syariah perlu juga lebih diperluas lagi agar bisa berada di seluruh wilayah Indonesia, jadi tidak hanya di wilayah provinsi Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta. Pada promosi pelanggan, perlu melakukan penambahan dalam hal promosi berupa hadiah loyalitas untuk nasabah agar dapat terus meningkatkan jumlah saldonya, sehingga dapat memperoleh target penjualan dalam kurun waktu yang singkat. Serta tenaga penjual (sales force), perlu mengupayakan untuk memperoleh target jumlah nasabah dalam kurun waktu seminimalnya satu bulan dengan perolehan perhitungan persentase yang telah ditetapkan oleh Bank Bjb Syariah. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arianty, Nel. (2014). Pengaruh Bauran Promosi terhadap Volumen Penjualan Sepeda Motor Yamaha Mio pada PT Alfa Scorpii Sentral Yamaha. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 14(1), 98-110 Cateora,. Gilly,. Graham., Money. (2016). International Marketing. New York: McGraw-Hill Education Creswell, John W. (2016). Research Design (Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran). Yogyakarta: Pustaka Pelajar Ebert, Ronald J., Griffin, Ricky W. (2015). Business Essentials. England: Pearson Education Limited Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga Imelda, S., & Sangen, M. (2013). Pengaruh Keputusan Bauran Promosi terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Nomor Perdana Telkom Flexi di Kota Banjarmasin. Jurnal Wawasan Manajemen, 2(1), 259-279 Indratama, A. B., & Artanti, Y. (2014). Pengaruh Citra Merek dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Bank Syariah Mandiri. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(4), 1261-1272 Ismail. (2011). Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group Manullang, M., Hutabarat, Esterlina. (2016). Manajemen Pemasaran dalam Kompetisi Global. Yogyakarta: Indomedia Pustaka Mittal, M., & Sethi, P. (2011). The Effectiveness of Sales Promotion Tools among Indian Consumers: An Empirical Study. Journal of Promotion Management, 17(2), 165-182. DOI: https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/10496491.2011.580693 Moleong, Lexy J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset 116 Muhamad. (2016). Manajemen Pembiayaan Bank Syariah. Yogyakarta: UPP STIM YKPN Peter, J. Paul., Donnelly, James H. (2004). Marketing Management. New York: McGraw-Hill/Irwin Priansa, Donni Juni. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu (Pada Era Media Sosial). Bandung: CV. Pustaka Setia Roheim, Muhammad Nor. (2016). Skripsi: Penerapan Promosi Penjualan pada Produk KFC (Kentucky Fried Chicken) di Departement Store Cempaka Putih Jakarta Pusat. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta Yaya, Rizal., Martawireja, A.E., Abdurahim, Ahim. (2009). Akuntansi Perbankan Syariah: Teori dan Praktik Kontemporer. Jakarta: Salemba Empat Yusuf, A. Muri. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group citation: Islamiati, Choiriah dan Suyadi, Suyadi dan Supendi, Moh (2019) Implementasi Promosi Penjualan di Bank BJB Syariah Bekasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15162/1/FKIP_PENDIDIKAN%20EKONOMI_1501085020_CHOIRIAH%20ISLAMIATI.pdf