eprintid: 1515 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1704 dir: disk0/00/00/15/15 datestamp: 2020-08-13 11:58:09 lastmod: 2020-08-13 11:58:09 status_changed: 2020-08-13 11:58:09 type: article metadata_visibility: show creators_name: Mega Elvianasti, Mega creators_name: Widi Purwianingsih, Widi creators_name: Riandi, Riandi creators_name: Ari Widodo, Ari corp_creators: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka corp_creators: SPS Pasca Sarjana UPI corp_creators: SPS Pasca Sarjana UPI corp_creators: SPS Pasca Sarjana UPI title: Analisis Kemampuan Pedagogy Knowledge (PK) Mahasiswa Calon Guru Biologi pada Konsep Genetika dan Ekologi ispublished: pub subjects: AS divisions: sch_bio abstract: PK adalah pengetahuan yang mendalam tentang proses dan praktik atau metode pengajaran dan pembelajaran serta hal lain yang meliputi keseluruhan tujuan pendidikan, dan nilai-nilai. PK ini adalah bentuk generik pengetahuan yang melibatkan semua masalah belajar siswa, pengelolaan kelas, rencana pengembangan pembelajaran dan implementasi, serta evaluasi terhadap siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan Pedagogy Knowledge (PK) mahasiswa calon guru Biologi pada konsep genetika dan ekologi dilihat berdasarkan tes penguasaan pedagogi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, diukur dengan pemberian tes berupa 27 butir soal pilihan ganda. Soal tersebut dikembangkan berdasarkan Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Secara umum penguasaan pedagogi mahasiswa calon guru rendah terkait identifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran biologi,teori belajar dalam pembelajaran, pengembangan instrumen penilaian dan evaluasi proses serta hasil belajar pada biologi dan calon guru belum bisa menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan. Namun, pada umumnya calon guru memiliki penguasaan yang baik dalam memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spritual, dan latar belakang sosial-budaya dan calon guru sudah mampu menentukan tujuan pembelajaran serta calon guru sudah memahami penggunaan media pembelajaran dan sumber belajaryang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuanpembelajaran secara utuh. date: 2016 publisher: Departmen of Mathematics Education, The School of Teacher Training and Education, University Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA full_text_status: public publication: Sigma volume: 8 number: 1 pagerange: 1-7 refereed: TRUE issn: 1411-5166 citation: Mega Elvianasti, Mega dan Widi Purwianingsih, Widi dan Riandi, Riandi dan Ari Widodo, Ari (2016) Analisis Kemampuan Pedagogy Knowledge (PK) Mahasiswa Calon Guru Biologi pada Konsep Genetika dan Ekologi. Sigma, 8 (1). pp. 1-7. ISSN 1411-5166 document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/1515/1/Analisis%20Kemampuan%20Pedagogy%20Knowledge-12082020.pdf