eprintid: 15138 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/51/38 datestamp: 2022-06-24 07:56:17 lastmod: 2022-06-24 07:56:17 status_changed: 2022-06-24 07:56:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Indarto, Taufik creators_name: Riadi, Sugeng creators_name: Ibrahim, Nini creators_id: nini_ibrahim@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di Universitas Nasional ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: Pembelajaran, bahasa Indonesia bagi penutur asing, perencanaan pembelajaran abstract: Tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan 1) perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing, 2) pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing, 3) pola komunikasi pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing, 4) kendala dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing di Universitas Nasional, 5) upaya mengatasi kendala dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing di Universitas Nasional. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif naturalistik dengan bentuk studi kasus terpancang. Penelitian ini dilakukan di Program BIPA, Universitas Nasional. Informan dalam penelitian ini adalah koordinator perencanaan, pengajar, dan siswa. Teknik cuplikan yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen serta arsip. Pengujian validitas data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Data penelitian dianalisis menggunakan metode analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah 1) perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing cukup baik dan positif, 2) pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing yang dilaksanakan pengajar sudah mengarah pada pengembangan kemampuan berbahasa Indonesia siswa melalui pengenalan budaya Indonesia, 3) pada pola komunikasi pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing masih terjadi interferensi bahasa pada siswa, 4) kendala dalam pembelajaran Bahasa Indonesia bagi penutur asing di Universitas Nasional dapat dibedakan ke dalam enam sumber kesulitan, yaitu a) kesibukan atau keperluan mendesak pengajar, b) penyampaian atau bicara yang terlalu cepat, c) bahasa pengantar pada awal pertemuan, d) sarana dan prasarana kelas besar, e) silabus, RPP, referensi buku digital, dan buku conversation, 5) upaya mengatasi kendala dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing di Universitas Nasional adalah dengan mengganti pertemuan yang hilang, mengubah tempo berbicara lebih pelan, menggunakan bentuk simbol dan gambar dalam pertemuan awal, mengajukan permohonan untuk membuka kelas besar, serta bekerja sama dengan instansi lain seperti Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengadakan bimbingan teknis sosialisasi dan verifikasi data yang berkaitan dengan standar acuan silabus, RPP, referensi buku digital, dan buku conversation. date: 2019-06-25 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Uhamka department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Agustin, Rini. 2013. Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di UPT PB2B Univeristasi Sebelas Maret Surakarta. Surakarta: Univeristasi Sebelas Maret Surakarta. Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada. Aw, Suranto. 2010. Komunikasi Sosial Budaya. Yogyakarta: Graha Ilmu. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud. 2016 UU RI Nomor 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Brown, H. Douglas. 2007. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Pearson Education Inc. Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta. Darmanto. 2007. Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia pada Mahasiswa Asing Program BIPA 2 di Lembaga Bahasa Indonesia Penutur Asing Universitas Indonesia. Depok: Universitas Indonesia. Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan. 2016. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Kursus dan Pelatihan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Jakarta: Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Fachrurrozi, Aziz dan Erta Mahyudin. 2017. Pembelajaran Bahasa Asing Tradisional dan Kontemporer. Jakarta: Raja Grafindo Persada. HP, Achmad dan Alex Abdullah. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Erlangga Ibrahim, Nini. 2014. Perencanaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis. Jakarta: Mitra Abadi. Iskandarwassid dan Dadang Sunendar.2016. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya. Kuswarno, Engkus. 2011. Metode Penelitian Komunikasi Etnografi Komunikasi: Suati Pengantar dan Contoh Penelitiannya. Bandung: Widya Padjadjaran. Majid, Abdul. 2013. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Rosdakarya. Majid, Abdul. 2017. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mardapi, Djemari. 2012. Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika. Muliastuti, Liliana. 2017. Bahasa Indonesia bagi penutur Asing: Acuan Teori dan Pendekatan Pengajaran. Jakarta: Yayasan Obor Jakarta. Mulrevita. 2017. Evaluasi Program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Netherlands Inter-Community School (NIS). Jakarta: SPs Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Mulyasa. 2017. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017. Rohim, Syaiful. 2009. Teori Komunikasi Perspektif Ragam dan Aplikasi. Jakarta: Rinek Cipta. Salinan PERMENDIKBUD RI Nomor 31 Tahun 2014 Tentang Kersajama Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan oleh Lembaga Pendidikan Asing. Jakarta: Kementerin Pendidikan dan Kebudayaan. Sanjaya, Wina. 2015. Perencanaan dsan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group. Seomarsono. 2004. Buku Ajar Filsafat Bahasa. Jakarta: Grasindo. Sujarwa. 2011. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar Manusia dan Fenomena Sosial Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sumarsono. 2004. Buku Ajar Filsafat Bahasa. Jakarta: Grasindo. Suyitno, Iman. 2017. Deskripsi Empiris dan Model Perangkat Pembelajaran BIPA. Bandung: Refika Aditama. Ujan, Andre Ata. 2009. Multikulturalisme Belajar Hidup Bersama dalam Perbedaan. Jakarta: Indeks. Wolff, John. 1991. The SEASSI 1991. Bulletin for Teachers of Southeast Asian Language. Vol. V No. 2 Desember 1991. Pembelajaran Bahasa citation: Indarto, Taufik dan Riadi, Sugeng dan Ibrahim, Nini (2019) Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di Universitas Nasional. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Uhamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15138/1/SPS_INDONESIA_1709057015_TAUFIK%20INDARTO.pdf