eprintid: 15137 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/51/37 datestamp: 2022-06-24 07:56:26 lastmod: 2022-06-24 07:56:26 status_changed: 2022-06-24 07:56:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Palupi, Ratna creators_name: Sukardi, Sukardi creators_name: Hikmat, Ade creators_id: edy.sukardi@uhamka.ac.id creators_id: adehikmatns@yahoo.co.id title: Nilai-nilai Profetik dalam Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy dan Implikasi Trhadap Pembelajaran Sastra Di Madrasah Aliyah (MA) ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: Nilai-nilai Profetik, Pembelajaran Sastra abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai profetik dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy dan Implikasi Terhadap Pembelajaran Sastra Di Madrasah Aliyah ( MA). Pada tesis ini, peneliti menggunakan teknik analisis atau metode deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif merupakan data kualitatif berbentuk kata, skema, dan gambar. Adapun proses analisis data yang dilakukan dengan cara membaca, menganalisis nilai-nilai profetik yang ada dalam novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy. Berdasarkan analisi data, hasil analisis dalam aspek nilai-nilai profetik ditemukan melalui percakapan dan narasi di dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy, diketahui bahwa ada 3 (tiga) unsur nilai profetik di dalamnya yaitu 1. Humanisasi (Amar Ma’ruf), 2. Liberasi ( Nahi Munkar), 3. Transendensi ( Tu’minunna Billah ). Peneliti menemukan 95 nilai profetik dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy diantaranya ( 39 nilai humanisasi atau amar ma’ruf, 26 nilai liberasi atau nahi munkar, 30 nilai transendensi atau tu’minunna billah). Hasil penelitian ini mengungkapkan adanya nilai-nilai profetik dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy yang mengerucut menjadi tiga aspek. Pertama humanisasi, humanisasi dalam penelitian ini adalah membuah jauh sifat kebencian, selalu berbuat kebaikan kepada siapapun yang menyakiti, menghargai danmenghormati orang tua, peduli terhadap sesama dan selalu mengajak dalam hal kebaikan. Kedua liberasi, liberasi dalam penelitian ini berkaitan dengan penolakan terhadap korupsi, pemberantasan dari kebodohan, pembebasan dari tuduhan atau fitnah keji, serta pembahasan dari jeratan pemanfaatan dalam hal politik. date: 2019-12-05 date_type: completed full_text_status: public institution: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Ahimsa-Putra, Heddy Shri. 2016. Paradigma Profetik Islam (Epistemologi, Etos, dan Model. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press Azizah, Aida dkk. 2016. Karakter Tokoh dalam Novel Langit Mekah Berkabut Merah Karya Geidurrahman Al-Mishry Berbasis Nilai-Nilai Karakter Religius dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra di Madrasah Aliyah. Dalam Jumal Refleksi Edukatika. Vol. 7. No. 4. ISSN 2087-9385. Pada Website:https://jumal.umk.ac.id/index.php/RE/article/download/.. ./1169. Azwar. 2014. Perlawanan Sastra dalam Cerpen Indonesia. Dalam Jurnal Dialektika. Volume 1. No 1. Tahun 2015. Pada Website: joumal.uinjkt.ac.id/index.php/dialektika/article/download/.. ./1218. Eliza, Fitriana dkk. 2017. Gaya Bahasa dalam Novel Jejak Langkah Karya Pramoedya Ananta Toer. Dalam Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 6. No. 2. Pada Website: ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/download/8625/6630. Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Press. 2015. Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: Rajawali Pers. Endraswara, Suwardi. 2012. Teori Pengkajian Sosiologi sastra.Yogyakarta: UNY Press. Fahrni. M. 2005. Islam Transendental, Menelusuri Jejak-jejak Pemikiran Kuntowijoyo.Yogyakarta: Pilar Media. Ferdiansyah. 2017. Nilai Profetik Dan Pendidikan Islam Humanistik Dalam Novel 99 Cahaya Di Langit Eropa Karya Hanum Salsabiela Dan Rangga Almahendra: Kajian Semiotik Dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Sastra Indonesia Di Sma. Dalam Jumal Kajian Linguistik dan Sastra. Vol. 2. No.I. E-ISSN: 2541- 2558, ISSN: 0852-9604. Pada Website:http:/journals.ums.ac .id/index.php/KLS/article/view/5 3 52/3 5 34 Hilmy, Masdar. 2008. Islam Profetik : Substansi Nilai-nilai Agama dalam Ruang Publik .Yogyakarta: Kanisius Ibrahim, Nini. 2014. Perencaaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis. Jakarta: Mitra Abadi. Kemendikbud :https://www.silabus.web.id/rpp-dan-silabussmak13/ Kosasih, E. 2008. Apresiasi Sastra Indonesia: Puisi, Prosa, dan Drama. Jakarta: Nobel Edumedia. 2012. Dasar - dasar Keterampilan dalam bersastra. Bandung: Yrama Widya. Kuntowijoyo. 2013. Maklumat Sastra Profetik Kaidah Etika dan Struktur Sasrta. Yogyakarta: Multi Presindo. 2001. Muslim Tanpa Masjid. Bandung: Mizan. Masduki. 2016. PENDIDIKAN PROFETIK; Mengenal Gagasan Ilmu Sosial Profetik Kuntowijoyo. Dalam Jurnal Toleransi. Vol. 8. No. 1. Pada website: http://eiournal.uin-suska.ac.id/index.php/toleransi/article/view/4320. Meleong, Lexy J. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Normayunita, dkk. 2015. Latar dalam Novel Sunset Bersama Raise Karya Tere Liye. Dalam Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya). Pada Website: jurnal .fkip. unila.ac.id/index. php/BINDO 1 /article/download/.. ./5403. Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Pramono, Bambang. 2013. Sosiologi Sebuah Pengantar. Jakarta: Laboratorium Sosiologi Agama. Rahmawati, Endang. 2019. Nilai-Nilai Moral Novel Peter Karya Risa Saraswati Dan Relevansinya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Dalam Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya. Vol. 3. No. 1. Pada Website: http://iournal.um• surabaya.ac.id/index.php/lingua/article/view/2435/1838. Riani, Ucha dkk. 2016. Analisis Tokoh dan Penokohan dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara. Dalam Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan PBSI. Vol 1. No 4. Pada Website: jim.unsyiah.ac.id/pbsi/article/viewFile/6930/3079. Roqib. 2011. Prophetic Education Kontekstualisasi Filsafat dan Budaya Profetik dalam Pendidikan. Purwekorto: STAIN Press. Sani, Salim Abdul, dkk. 2011. Manifesto Gerakan fntelektual Profetik. Yogyakarta: Samudera Biru. Setiadi, Elly M, dkk. 2012. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar Edisi Kedua. Jakarta: Kencana. Solihati, Nani dkk. 2016. Teori Sastra (Pengantar Kesusastraan Indonesia). Jakarta: Uhamka Perss. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sulaksono, Djoko. Dkk. 2018. Prophetic Values In Post-Reform Modern Javanese Novels. Dalam Jurnal el Harakah. ISSN. 1858-4357. Vol. 20. No. 1. Tahun 2018. Pada Website: http://ejournal.uinmalang.ac.id/index.php/infopub/article/view/4590/pdf Suparno, Daristo. 2015. Film Indonesia "Doa untuk Ayah" Tinjauan Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik. Dalam Jurnal Al-turas. Volume 21. No 1. tahun 2015. Pada Website: journal.uinjkt.ac.id/index.php/al-turats/article/download/.. ./2802 Wellek, Rene.2014. Teori Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Winarni, Widi Endang. 2018. Teori dan Praktek Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Research and Development (R&D). Jakarta: Bumi Aksara. Yanti, Citra Salda.2015. Religiusitas Islam dalam Novel Ratu yang Bersujud Dalam Jurnal Humanika.Volume 3. No. 15. ISSN: 1979-8298. Pada Website: http://ojs.uho.ac.id/index.php/HUMANIKA/article/down1oad/5 85/pdf citation: Palupi, Ratna dan Sukardi, Sukardi dan Hikmat, Ade (2019) Nilai-nilai Profetik dalam Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy dan Implikasi Trhadap Pembelajaran Sastra Di Madrasah Aliyah (MA). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15137/1/SPS_INDONESIA_1709057012_RATNA%20PALUPI.pdf