eprintid: 15136 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/51/36 datestamp: 2022-06-24 07:56:33 lastmod: 2022-06-24 07:56:33 status_changed: 2022-06-24 07:56:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mutiasari, Melinda creators_name: Solihati, Nani creators_name: Tarmini, Wini creators_id: nani_solihati@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Model Modul Pembelajaran Menulis Teks Biografi Berbasis Nilai-Nilai Islami Melalui Strategi Pencapaian Konsep (Penelitian Pengembangan di SMPIT AN NAHALA ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: Integrasi, Nilai Islami, Pencapaian Konsep,menulis teks biografi abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar menulis teks biografi dengan model pencapaian konsep, terintegrasi nilai-nilai Islami valid atau layak digunakan sebagai bahan ajar pelengkap pada pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar observasi, angket validasi, dan angket tanggapan siswa. Populasi pada penelitian ini adalah 42 siswa, sampel diambil dengan metode penentuan tempat sampel dan terpilih kelas VIII Ikhwan dan Akhwat yang berjumlah 28 siswa. Setelah deskripsi data, dilakukan uji coba modul dan pengumpulan data angket tanggapan siswa. Didapat skor validasi oleh ahli sebesar 86%. Selanjutnya, dilakukan uji coba modul. Uji coba dilakukan dalam dua tahap, yaitu uji coba di kelas VIII Akhwat dengan rata-rata skor 88%. Selain itu, uji coba dilakukan di kelas VIII Ikhwan dengan mendapatkan rata-rata skor 79%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar menulis teks biografi dengan model pencapaian konsep, terintegrasi nilai-nilai Islami valid atau layak digunakan sebagai bahan ajar pelengkap pada pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII. date: 2019-08-22 date_type: completed full_text_status: public institution: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Ali Muhtadi. 2005. Penanaman Nilai-Nilai Agama dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Luqman Al-Hakim Yogyakarta. Jogjakarta: FIP UNY. Amri dan Khoiru. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran Pengaruhnya Terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum. Jakarta: Prestasi Pustaka. Badan Standar Nasioanal Pendidikan (BSNP). 2006. Instrumen Penilaian Tahap I Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: BSNP. Bendor J. 2007. Self editing and Revisions, Bahan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Internasional. DP2M: Jakarta. Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta. Depdiknas. 2008. Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan dan Dirjen PMPTK. Depdiknas.2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas. Ditjen Dikdasmenum. 2004. Pedoman Umum Pemilihan dan Pemanfaatan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas. Eggen, P. Dkk., 2012. Strategi dan Model Pembelajaran (Penerjemah: Satrio Wahono). Jakarta: Indeks Penerbit. Fathurrahman dan Sutikno. 2009. Strategi Belajar Mengajar melalui Konsep Umum dan Islam. Bandung: Refika Aditama. Hamalik, Oemar. 2009. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara. Harahap, Syahrin. 2014. Metodeologi Studi Tokoh dan Penulisan Biografi. Jakarta: Prenadamedia Group. Hasan Riyadi. 2015. “Keefektifan Model Project Based Learning untuk Pembelajaran Menyusun Teks Biografi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1. Prambanan”. Universitas Negeri Yogyakarta.pdf. Diunduh pada tanggal 23 November 2018. Hermawan. 2015. Pengembangan Bahan Ajar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Ika Lestari. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata. Joyce, dkk., 2016. Models of Teaching (Penerjemah: Rianayati K.P) Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Khabib Sholeh, dkk. 2016. Kecerdasan Majemuk Berorientasi pada Partisipasi Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Kosasih, E. 2010. Sistem Pengajaran Modul Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Ganesindo. Muhaimin. 2009. Rekonstruksi Pendidikan Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Muhammad Nurdin. 2012. “Internalisasi Nilai-Nilai Islami dalam Membentuk Kesadaran Antikorupsi melalui Pengembangan Materi Kurikulum PAI di SMP”. Tesis. Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon. Mulyasa, E. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Mulyatiningsih. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Mulyasa. 2015. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Muslich. Mansur. 2010. Textbook Writing: Dasar-dasar Pemahaman penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Malang: Ar-ruzzmedia. Nazarudin. 2007. Manajemen Pembelajaran Implementasi Konsep, Karakteristik, dan Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jogjakarta: Sukses Offset. Nugraha, Pepih. 2013. Ranjau Biografi. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka. Permana, A. 2014. Meningkatkan Performansi Berbahasa dengan Memaparkan Concept Attaintment Model (Model Pencapaian Konsep) Pada Kemampuan Berbicara. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung. Volume 8, Nomor 1, Maret. Permendiknas No. 22. 2006. Tentang Standar Isi Mata Pelajaran. Jakarta: Depdiknas Prastowo. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar. Yogyakarta: Divapress. Pribadi. 2009. Model Desain System Pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat. Pusat Kurikulum dan Perbukuan. 2015. Buku Teks Siswa Bahasa Indonesia Kelas VIII. Balitbang: Kemdikbud. Siddiq, M. Djauhar. 2009. Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi: Depdiknas. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Sukirno. 2016. Belajar Cepat Menulis Kreatif Berbasis Kuantum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sutarjo Adisusilo. 2012. Pembelajaran Nilai-Karakter: Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Tarigan, Henry Guntur. 2009. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa Bandung. Zainurrahman. 2013. Menulis dari Teori hingga Praktik. Bandung: Alfabeta. Yustinah. 2016. Produktif Berbahasa Indonesia Jilid 1 untuk SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Erlangga. Zain Elmubarak. 2008. Membumikan Pendidikan Nilai: Mengumpulkan Yang Terserak, Menyambung Yang Terputus dan Menyatukan Yang Tercerai. Bandung: Alfabeta. citation: Mutiasari, Melinda dan Solihati, Nani dan Tarmini, Wini (2019) Model Modul Pembelajaran Menulis Teks Biografi Berbasis Nilai-Nilai Islami Melalui Strategi Pencapaian Konsep (Penelitian Pengembangan di SMPIT AN NAHALA. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15136/1/SPS_INDONESIA_1709057010_MELINDA%20MUTIASARI.pdf