eprintid: 15135 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/51/35 datestamp: 2022-06-24 07:56:42 lastmod: 2022-06-24 07:56:42 status_changed: 2022-06-24 07:56:42 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rini, LilihYudha creators_name: Emzir, Emzir creators_name: Solihati, Nani creators_id: emzir.emzir@unj.ac.id creators_id: nani_solihati@uhamka.ac.id title: Korelasi antara Kebiasaan Membaca dan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas XI SMK Cyber Media Jakarta ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: kebiasaan, membaca, berpikir kritis, keterampilam, menulis abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara kebiasaan membaca dan kemampuan berpikir kritis dengan keterampilan menulis teks narasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK CYBER MEDIA JAKARTA pada semester 1 tahun ajaran 2019-2020. Populasi penelitian ini berjumlah 210 siswa. Sampel diambil secara acak dan terpilih kelas XI OTKP 1 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian menggunakan metode pendekatan korelasional deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif berupa angket, pilihan ganda dan penugasan. Setelah deskripsi data, dilakukan pengujian persyaratan analisis data dengan uji normalitas dan uji linearitas. Di dapat X1 dan Y, X2 dan Y, serta X1, X2 dan Y berdistribusi normal serta dinyatakan linear. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis. Pada perhitungan koefisien korelasi X1 dan Y diperoleh nilai 0,564 X2 dan Y diperoleh nilai 0,480 serta X1 X2 dan Y diperoleh nilai 0,604dan dikonsultasikan dengan tabel interpretasi koefisien korelasi. Nilai r didapat bahwa tingkat hubungan kedua variabel adalah kuat. Lalu, dilakukan uji signifikansi 0,05 dk (n-2). Maka thitung 1,79 > ttabel 1,70 yang berarti H0ditolak. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa ada hubungan antara kebiasaan membaca dan kemmapuan berpikir kritis denganketerampilan menulis teks narasi. date: 2019-12-05 date_type: completed full_text_status: public institution: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Akhadiah, Sabarti, dkk. 2012. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga. Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Pelnelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Cottrell, Stella. 2005. Critical Thinking Skills. China: Palgrave Macmillan. Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Press. Danarjati, Dwi Prasetya, dkk. 2014. Psikologi pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu. Djiwandono, M. Soenardi. 1996. Tes Bahasa dalam pengajaran. Bandung: ITB Bandung. Emzir. 2011. Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Ennis, Robert. 1995. Critical Thinking. New York: University of Illionois. Ibrahim, Nini. 2012. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Depok: Uhamka Press. Kusnawa, Wowo Sunaryo. 2011. Taksonomi Berpikir. Bandung: Remaja Rosdakarya. Munandar, Utami. 1982. Pemanduan Anak Berbakat: Suatu Studi Penjajagan. Jakarta: Rajawali. Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta. Nurhadi. 2016. Strategi Meningkatkan Daya Baca. Jakarta: Bumi Aksara. . 2016. Teknik Membaca. Jakarta: Bumi Aksara. Safari. 1997. Pengujian dan Penilaian Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: PT. Kartanegara. Sitohang, Kasdin, dkk. 2012. Critical Thinking: Membangun Pemikiran Logis. Jakarta: PT Pustaka Sinar Harapan. Soedarso. 2006. Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Sriyanti, Lilik. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak. Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. . 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&. Bandung: Alfabeta. . 2013. Metode Penelitian Kombinasi Mixed Methode. Bandung: Alfabeta. Sukino. 2012. Menulis itu Mudah. Yogyakarta: Pustaka Populer LkiS Yogyakarta. Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup. Suyatno. 2011. Cerdas Membaca: Sebuah Strategi Pembelajaran Bahasa di Perguruan Tinggi. Jakarta: Uhamka Press. Tampubolon, D.P.. 2008. Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa. Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa. Triton. 2016. Tarapan: Riset Statistik Parametik, dikutip langsung oleh Agus Eko Sujianto dalam Farida, Aplikasi Statistik dengan SPSS 15.0. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher. Ahsin, Muhammad Nur. 2016. Peningkatan Ketrerampilan Menulis Karangan Narasi Dengan Menggunakan Media Audovisual dan Metode Quantum Learning, Jurnal Refleksi Edukatika, Universitas Muria Kudus, Vol. 6, No. 2. Azmussya’ini dan Muhammad Nur Wangid. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Menggunakan Pendekatan Proses dengan Media Gambar di SDN 3 Sakra, Jurnal Prima Edukasia, Universitas Negeri Yogyakarta, Volume 2, Nomor 1. Khotimah, Ade Husnul, dkk. 2016. Keterampilan Membaca Cepat dalam Menemukan Gagasan Utama. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1. Maladewi, Merrina Andy. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Melalui Jurnal Pribadi Siswa Kelas IV SD, Jurnal PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya, Volume 01, Nomor 02. Mawarni, Rosdiana. 2015. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Media Film Pada Siswa Kelas III SD N PENCAR 2, Sleman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Edisi 15, Tahun ke IV. Noviantoro, Kurnia Maulidi, dkk. 2016. Hubungan dan Kebiasaan Membaca dengan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA Unggulan Pondok Pesantren Zainal Hasan Genggong Probolinggo, Jurnal Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Malang, Th. 21, N0. 1. Nur’aini, Erna. 2017. Menumbuhkan Kebiasaan Membaca Buku Pelajaran melalui Media Ular Tangga, Jurnal Riset dan Konseptual Volume 2 Nomor 4. Nuruddin, Muhammad. 2018. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif dengan Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Mata Kuliah Pendidikan IPA SD Kelas Awal Mahasiswa PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hasyim Asy’ari, Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy’ari. Volume 2 Nomor, 1. Putra, Deni Adi. 2018. Pembelajaran Berbasis CTL dan INKUIRI Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surabaya, Volume 2, Nomor 2. Setiawan, Fajar. 2017. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar dengan Menggunakan Media Gambar Berseri, Jurnal Ilmiah Program Studi PGSD Universitas Muhammadiyah Surabaya, Volume 1, Nomor 1. Siagian, Roida Eva Flora. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika, Jurnal Formatif 2(2): 122-131 ISSN: 2088-35. Solichin, Mohammad Muchlis. 2006. Belajar dan Mengajar Dalam Pandangan ALGHAZÂLÎ. Tadrîs, Volume 1, Nomor 2. Sudarto. 2016. Keterampilam dan Nilai Sebagai Materi Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Jurnal Al Lubab, Volume 1, No. 1. citation: Rini, LilihYudha dan Emzir, Emzir dan Solihati, Nani (2019) Korelasi antara Kebiasaan Membaca dan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas XI SMK Cyber Media Jakarta. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15135/1/SPS_INDONESIA_1709057008_LILIH%20YUDHA.pdf