eprintid: 15133 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/51/33 datestamp: 2022-06-24 07:56:51 lastmod: 2022-06-24 07:56:51 status_changed: 2022-06-24 07:56:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Awaluddin, Irfan creators_name: Riadi, Sugeng creators_name: Ibrahim, Nini creators_id: nini_ibrahim@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Teknik Cloze Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Leuwisadeng ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: kemampuan membaca pemahaman, teknik cloze abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dan kendala-kendala penggunaan teknik Cloze dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Leuwisadeng. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan (Action Rescarch). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Leuwisadeng semester ganjil tahun pelajaran 2019-2020 yang diajarkan 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik kualitatif, dan kuantitatif sebagai penunjang. Analisis yaitu dengan reduksi data, menyajikan data yang lalu menarik data kualitatif, kesimpulan melalui data-data yang ada. Analisis kuantitatif dilakukan dengan membandingkan perbedaan antara hasil tes keterampilan berbicara pratindakan dengan hasil tes siklus II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian tindakan ini terdiri dari: instrumen diskusi berbicara, lembar observasi, angket, panduan wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Aspek penilain berbicara tentang lima aspek, yaitu pemahaman isi teks, ketepatan organisai isi teks, penggunaan ejaan, ketepatan struktur kalimat, dan ketepatan diksi. Metode penelitian tindakan langkah-langkah penelitian tindakan Kemmis Taggrat yang terdiri atas perencanaan (rencana), tindakan (tindakan), observasi (observasi), dan refleksi (refleksi).Penelitian dilakukan selama 3 bulan, yaitu September sampai dengan November 2019, Hasil penelitian menunjukkan kemampuan membaca pemahaman formal siswa meningkat melalui pembelajaran dengan menggunkan teknik cloze. Peningkatan ini dapat dilihat dari perbedaan hasil tes pratindakan, siklus I, dan siklus II. Hasil tes menerima nilai rata-rata kelas 65,22 sedangkan tes akhir sebesar 80,11. Berdasarkan hasil siklus I sebesar 72,55 dan tes akhir siklus penelitian ini dapat disangkal tentang teknik cloze dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa, terbukti dari peningkatan hasil tes pra-hasil untuk tes siklus II. date: 2019-12-05 date_type: completed full_text_status: public institution: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Admin. 2012. Keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar.[online] tersedia: http://belajarpsikologi.com/keterlibatan-siswa-dalam-prosesbelajar- mengajar/.[18 september 2012] Agustina. 2010. “Pembelajaran Keterampilan Membaca”.Bahan Ajar. Padang: FPBS IKIP. Ahuja, Pramila dan Ahuja, G.C. 2010. Membaca Secara Efektif dan Efisien. Terjemahan Martiani, Tina. Bandung: PT Kiblat Buku Utama. Anderson, Jonathan. 1976. Phsycolinguistic Experiments in Foreign Language Testing. Hongkong: Dai Nippon Printing Co. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Astuti, Wiwiek Dwi dan K. Biskoyo. 2010. Keterbacaan Kalimat Bahasa Indonesia dalam Buku Pelajaran SLTP. Jakarta: Pusat Bahasa. Dalman, 2014. Keterampilan Membaca.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Djiwandono, Soenardi. 2010. Tes Bahasa: Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Malang: Indeks Farida, Rahim. 2010. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara. Ginting, Vera. 2010. Penguatan Membaca, Fasilitas Lingkungan Sekolah dan Keterampilan Dasar Membaca serta Minat Baca Murid. Jakarta: Jurnal Pendidikan Penabur. Ghozali, Imam. 2010. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS “. Semarang : UNDIP. Hamijaya, Nunu A, Nunung K. Rukmana, Idea Suciati. 2008. Quick Reading Melejitkan DNA Membaca. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Harjasujana, A.S. dan Mulyati Y. 1997. Bahan Ajar Membaca dan Keterbacaan. Jakarta: Ditjen Dikdasmen. Haryadi. 2014. Dasar-dasar Membaca: Bermuatan Kreativitas Berpikir dan Nilai- Nilai Pendidikan Karakter. Semarang: UNNES PRESS. Kumpulan-contoh-ptk.blogspot.com/2013/07/pengertian-membaca-pemahamanmenurut. html?m=1. Muchlisoh,dkk. 1993. Materi Pokok Bahasa Indonesia 3 Modul 1-9. Jakarta: Universitas Terbuka. Munaf, Yarni. 2010. “Rangkuman Pengajaran Keterampilan Membaca”. Bahan Ajar. Padang: FPBS UNP. Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE. Nurhadi. 2010. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Praptanti, dkk.2010. Paparan Kuliah Membaca I. Semarang: PBSJ. Rozieq,Teguh Khoirur. 2012. Keterampilan Membaca. http://seputarbahasaindonesia.blogspot.com /2012/01/keterampilanmembaca. html Sandjaja,S. 2010. Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Terhadap Minat Membaca Anak Ditinjau dari Pendekatan Stres Lingkungan [online], 11 halaman. Tersedia: www.unika.ac.id 02/05/05. [22 Agustus 2014] Soedarso. 2010. Reading Speed Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Somadyo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu. Subyantoro. 2011. Pengembangan Keterampilan Membaca Cepat. Yogyakarta: Graha Ilmu. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Syaodih, Sukmadinata. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Tarigan, Henry Guntur. 2010. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahsaa. Bandung: Angkasa. Tarigan, Henry Guntur. 2010. Teknik Pengajaran Ketrampilan Berbahasa. Bandung :Angkasa. Tierney, R.J. et al. 1980. Reading Strategis and Prctices. Boston: Allyn abd Bacon. Uno, Hamzah B. 2010. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara citation: Awaluddin, Irfan dan Riadi, Sugeng dan Ibrahim, Nini (2019) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Teknik Cloze Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Leuwisadeng. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15133/1/SPS_INDONESIA_1709057007_IRFAN%20AWALUDDIN.pdf