eprintid: 15131 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/51/31 datestamp: 2022-06-23 03:50:56 lastmod: 2022-06-23 03:51:59 status_changed: 2022-06-23 03:51:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Suhendar, Aristiyanto creators_name: Basuki, Maryono creators_name: Rahman, Nurlina creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Promosi PT.ESQWay 165 pada Program “Pengembangan SDM bagi Satu Juta Guru Indonesia” dalam Bentuk Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Corporate Social Resposibility merupakan suatu kewajiban yang diemban oleh perusahaan, karena telah diatur oleh Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas jo. Peraturan Pemerintah No. 47 Tahun 2012 tentang tanggung jawab sosial, bahwa perusahaan baik swasta maupun BUMN, perusahaan memiliki kewajiban memberikan kelayakan bagi lingkungan disekitar tempat usahanya bukan hanya meraih keuntungan bagi perusahaan tersebut Begitu pula halnya dengan perusahaan swasta seperti PT. ESQWay 165 yang bergerak pada bidang jasa pelatihan, perusahaan tidak hanya mencari keuntungan yang bersifat internal bagi perusahaan, tetapi juga dapat memberikan keuntungan secara eksternal bagi masyarakat sekitar, ESQ memberikan pelatihan secara cuma-cuma yang menguntungkan bagi eksternal dan menguntungkan secara internal yaitu berupa promosi. Penelitian ini mengkaji tentang kegiatan promosi PT. ESQWay 165 dalam bentuk jasa pelatihan, promosi ini dibalut dengan kegiatan CSR yang diberikan melalui pelatihan. Peneliti menggunakan paradigma postpositivis, pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari buku-buku CSR, web ESQWay 165, wawancara kepada dirut dan peserta pelatihan ESQWay 165. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif Marketing Public Relations melalui metode ceramah dan seminar yang diberikan dari trainer kepada para peserta pelatihan, pesan yang diberikan dari trainer dianalisis menggunakan teori persuasif pada saat pelaksanaan kegiatan pelatihan. Penemuan dalam penelitian ini adalah adanya kegiatan promosi serta berlakunya teori persuasif pada saat pelaksanaan pelatihan pengembangan SDM bagi satu juta guru di Indonesia yang diberikan oleh PT. ESQWay 165, pada saat pelatihan peserta disentuh sisi emosional, melalui materi-materi spiritual, agar tersentuh sisi emosionalnya, setelah itu melkukan promosi, mengisi dengan nilainilai yang ditekankan ESQ, tujuh budi utama dan generasi emas 2020.Untuk penelitian selanjutnya disarankan agar lebih meniliti tentang pengaruh pesan persuasif pada program CSR melalui kegiatan pelatihan sumber daya manusia (SDM). date: 2017 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Bungin, Burhan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta Kencana Prenada Media Grup. Cutlip, Mscott, 2000, Effective Publik Relations, USA. Efendy, Onong, Uchjana, 1998, Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikologis, Bandung: Remaja Rosdakarya Efendy. Onong, Uchjana. 2005. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung: Citra Aditya Bakti. Efendy. Onong, Uchjana. 2006. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya. Iriantara, Yosal, 2004, Community Relations, Konsep dan Aplikasinya, Bandung, Simbiosa Rekatama Media Hadi, Nor, 2011. Corporate Social Responsibility, Yogyakarta: Graha Ilmu Jefkins, Frank, 2002, Public Relations, Edisi Kelima, Jakarta, Erlangga. Jonker, Jun & Marco, 2006, Management Models For Corporate Social Responsibility, Netherlands. Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana. Little, John, W. Stephen, & Karen A. Fos, 2009, Teori Komunikasi, Jakarta: Salemba Humanika. Mulyana, Dedy. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: Remaja Rosdakarya. Ruslan, Rosady, 2006, Manajemen Humas dan Komunikasi Konsepsi dan Apikasi, Jakarta: PT Raja Gratindo Persada Salim, Agus. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial, Yogyakarta: PT Tiara Wacana. West, Turner, 2008. Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi, Edisi ketiga, Jakarta, Salembba Humanika Skripsi Terdahulu : Debie Puspasarie, FISIP UI angkatan 2008 dengan judul “Efektifitas Program Pelaksanaan Program Evaluasi Kinerja Penyelanggaraan Pemerintahan Daerah 2010 Di Kota Depok Dan Kota Cimahi. Sumayyah, FISIP UHAMKA angkatan dengan judul ”Efektifitas Strategi Humas DPR RI Dalam Mengkomunikasikan Informasi Kepada MasyarakatKelurahan Sukabumi Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, Wilayah Jakarta Barat. Rahmawati Permata Sari, FISIP UHAMKA angkatan dengan judul “Efektifitas Corporate Social Responsibility PT Pertamina Geothermal Energy Di Bidang Pendidikan Pada PKBM An-Nur, Kamojang, Garut, Jawa Barat. https://kartikasari08.wordpress.com/2008/05/07/tips-menyelenggarakan-seminar/ http://madrasah.kemenag.go.id/didaktika/93/ini-cara-mengajar-efektif-denganmetode- ceramah.html http://manajemenkomunikasi.blogspot.com/2010/08/hubungan-internal.html http://en.wikipedia.org/wiki/George_garbner www.esqway165.com www.esq-news.com www.esq-pedulipendidikan.com www.jurnal-sdm-blogspot.com/2009/07corporatesocialresponsibility_csr.html www.katailmu.com/2003/10/pengertian-dan-peranan-sumber-daya-html. citation: Suhendar, Aristiyanto dan Basuki, Maryono dan Rahman, Nurlina (2017) Promosi PT.ESQWay 165 pada Program “Pengembangan SDM bagi Satu Juta Guru Indonesia” dalam Bentuk Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15131/1/FISIP_ILKOM_0906015020_Aristiyanto%20Suhendar.pdf