eprintid: 15130 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/51/30 datestamp: 2022-06-24 07:57:10 lastmod: 2022-06-24 07:57:10 status_changed: 2022-06-24 07:57:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sulistiyanto, Andy creators_name: Hikmat, Ade creators_name: Syafii, Imam creators_id: adehikmatns@yahoo.co.id title: Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Penggunaan Media Tayangan Berita (Penelitian Tindakan di Kelas IX MTs.Al-Kahfi Jakarta). ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: Peningkatan, keterampilan, menulis cerpen, media tayangan berita abstract: Tesis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas proses kegiatan belajar mengajar dan sejauh mana hasil peningkatan keterampilan menulis cerpen dengan mengunakan media tayangan berita pada siswa kelas IX MTs.Al-Kahfi – Kafila International Islamic School (KIIS) Jakarta. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IX MTs.Al-Kahfi Jakarta yang berjumlah 24 siswa pada semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Model PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc. Taggart yang menggunakan model sistem spiral refleksi yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection). Sedangkan bentuk PTK yang digunakan adalah bentuk yang pertama, yaitu PTK yang memandang guru sebagai peneliti untuk dapat meningkatkan kualitas dan hasil pembelajaran di dalam kelas. Teknik analisis dan pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan alat tes, observasi, wawancara, angket siswa, instrumen penilaian dan dokumentasi kegiatan KBM. Berdasarkan analisis hasil nilai menulis cerpen pada pretest, siklus I dan siklus II, maka dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil keterampilan menulis cerpen sebesar 14,06 persen. Pada tahap pretest diperoleh rata-rata nilai 65,54 dengan 3 siswa (12,5%) yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75, lalu pada siklus I diperoleh rata-rata nilai sebesar 73,35 dengan jumlah 11 siswa (45,8%) yang mencapai nilai KKM. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata menulis siswa adalah 79,60, dengan 5 siswa (20,83 %) berhasil memperoleh nilai sesuai KKM sebesar 75 dan 19 siswa (79,17 %) memperoleh nilai di atas KKM. Pada aspek afektif dan psikomotorik, KBM dengan media tayangan berita ternyata membuat siswa lebih aktif, semangat dan terinspirasi dalam menulis cerpen. Berdasarkan pemaparan di atas, maka dapat disimpulkan penggunaan media tayangan berita telah berhasil meningkatkan keterampilan terhadap siswa kelas IX MTs.Al-Kahfi Jakarta. date: 2019-06-25 date_type: completed full_text_status: public institution: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Arifin, Zaenal dan Anung Haryono. 2016. Metodologi Pengajaran Bahasa dan Sastra. Tangerang : PT. Pustaka Mandiri. Arifin, Anwar. 1984. Strategi Komunikasi Sebuah Pengantar Ringkas.Bandung : Armico Arikunto dan Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. AR, Syamsuddin, dkk. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. PT.Remaja Rosda Karya : Bandung Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Djuraid, Husun. 2009. Panduan Menulis Berita. Malang: UMM Press. Djuroto, Totok. 2002. Manajemen Penerbitan Pers. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Deporter, Bobbi, dkk. 2010. Quantum Teaching. Bandung : PT.Mizan Pustaka El Khuluqo, Ihsana.2016.Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Emzir. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantatif & Kualitatif. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. ______. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Hadeli. 2006. Metode Penelitian Kependidikan. Ciputat : PT.Ciputat Press Hendy, Zaidan. 1991. Kesusastraan Indonesia 2; Warisan yang perlu diwariskan. Bandung : Angkasa. Peningkatan Ibrahim, Nini dan Muhammad Anwar. 2009. Telaah Kurikulum dan Buku Teks Bahasa Indonesia. Jakarta : UHAMKA Pers Iskandarwassid dan Dadang Suhendar.2015. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya Jabrohim & Ari Wulandari. 2001. Metodologi Penelitian Sastra.Yogyakarta PT.Hanindita Graha Widia Jauhari, Heri. 20107. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bandung : CV. Pustaka Setia \ Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kulitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Nursisto. 2000. Ikhtisar Kesusastraan Indonesia. Yogyakarta: Adi Cita Nurgiyantoro, Burhan.2009.Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BFFE-Yogyakarta Priansa, Juni Donni. 2017. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung : CV. Pustaka Setia Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta : Gama Media. Sanjaya, Wina. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana Solihati, Nani, dkk. 2016. Teori Sastra. UHAMKA Press : Jakarta Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Suyono & Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Suwarsih.2006.Panduan Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta. Syamsuddin dan Vismaia S. Damaianti. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya Tarigan, Henry Guntur.1986. Menulis (Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa). Bandung : Angkasa. ___________________. 2015. Prinsip-Prinsip Dasar Satra. Bandung : CV. Angkasa. Tim Penyusun. 2013. Pedoman Penulisan Tesis. Jakarta : UHAMKA Pers Trianto, dkk. 2018. Buku Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP. Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Balitibank. Kemendikbud : Jakarta. Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Gabungan. Jakarta : PT. Fajar Interpratama Mandiri Zaiman, dkk. 2015. Teori Wacana. Jakarta: Penaku Sumber Karya Ilmiah Fitriana, Dewi Ika. 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Media Berita dengan Metode Latihan Terbimbing dalam penelitian tindakan kelas pada siswa kelas X.3 SMA Negeri 1 Rembang Purbalingga. Skripsi : Universitas Negeri Yogyakarta. Kasbolah, Kasihani. 1998. Penelitian Tindakan Kelas. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi : Malang Kurniawanti, Ika. 2009. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Pribadi Dengan Teknik Pengembangan Kerangka Karangan Siswa XB MA NU 05 Gemuh, Kendal. Skripsi. Universitas Negeri Semarang Madya. Lugiawati, Ai. 2010. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Strategi Kontekstual Dengan Menggunakan Media Gambar. Tesis. Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka Jakarta citation: Sulistiyanto, Andy dan Hikmat, Ade dan Syafii, Imam (2019) Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Penggunaan Media Tayangan Berita (Penelitian Tindakan di Kelas IX MTs.Al-Kahfi Jakarta). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15130/1/SPS_INDONESIA_1709057002_ANDY%20SULISTIYANTO.pdf