eprintid: 15128 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/51/28 datestamp: 2022-06-24 07:57:20 lastmod: 2022-06-24 07:57:20 status_changed: 2022-06-24 07:57:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nurhillal, Zahroh creators_name: Akhadiah, Sabarti creators_name: Tarmini, Wini creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Peningkatan Keterampilan Menulis Argumentasi melalui Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (Penelitian Tindakan di Kelas X SMAN 7 Kota Tangerang). ispublished: pub subjects: C keywords: Keterampilan Menulis Argumentasi, Metode, Cooperative Integrated Reading and Composition abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Peningkatan Keterampilan Menulis Argumentasi melalui Metode Cooperative Integrated Reading and Composition Penelitian Tindakan di Kelas X SMAN 7 Kota Tangerang. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 7 Kota Tangerang pada semester ganjil tahun ajaran 2018-2019. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 31 orang siswa dari kelas X IPS 4 yang seluruhnya diteliti antara lain 18 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahapantahapan yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh sebelum menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (pratindakan) hanya 6 siswa yang tuntas atau 19,35% dari 31 siswa, dan setelah menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition pada siklus I meningkat menjadi 19 siswa atau 61,29%, dan pada siklus II meningkat menjadi 24 siswa atau 77,42% dengan batas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 75. Berdasarkan data setiap siklus, peneliti melihat terjadinya peningkatan kemampuan menulis dari kegiatan siklus I sampai siklus II. Pada siklus I diperoleh nilai dengan rata-rata 75,10, sementara di siklus II diperoleh nilai rata-rata 83,29. Dengan demikian terjadi peningkatan nilai siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sekitar 8.19 poin. Berdasarkan data yang sudah didapat, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Metode Cooperative Integrated Reading and Composition dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa indonesia, karena berdasarkan data kualitatif dan kuantitatif yang didapat, diketahui adanya Peningkatan Keterampilan Menulis Argumentasi melalui Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (Penelitian Tindakan di Kelas X SMAN 7 Kota Tangerang). date: 2019-12-05 date_type: completed full_text_status: public institution: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Alwasilah, A. Chaedar dan Senny Suzanna Alwasilah. 2005. Pokoknya Menulis Cara Baru Menulis dengan Metode Kolaborasi. Bandung: PT Kiblat Buku Utama. Amirullah, R. Hari. 2003. Alat Evaluasi Keterampilan Bermain Bola Basket: Jurnal Nasional Pendidikan Jasmani dan Ilmu Keolahragaan. Jakarta: Depdiknas. Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Asmani, Jamal Ma’mur. 2014. 7 Aplikasi Pakem. Jogjakarta: DIVA Press. Astuti, Dwi, 2013. Bahasa Indonesia Untuk SMA/MA/SMK/MAK/Kelas 10A. Jakarta: HaKa MJ. Atar Semi, M, 2007. Dasar–dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa. Barnawawi dan M. Arifin. 2014. Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media. Barli, Bram. 1995. Write Well Improving Writing Skills. Yogyakarta: Kanisius. Dyer, Laura. 2009. Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak. Jakarta: Gramedia. Emzir. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo. Fauzi. 2010. Organisasi Pembelajaran. Bandung: Alumni. Gould, Eric, Robert DiYanni, dan William Smith. 1989. The educated child. New York: The Free Press. Hardini, Isriani & Dewi Puspitasari, 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu Yogyakarta: Familia. Hikmat, Ade dan Nani Solihati, 2013. Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia. Hopkins, David. 2008. Ateacher’s Guid to Classroom Reserach. New York: Open University Press. Huda, Miftahul. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Kaswan, Darmadi. 1996. Meningkatkan Kemampuan Menulis. Yogyakarta: ANDI. Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Nurgiyantoro, Burhan, 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta : BPFE. Riduwan. 2004. Metode & Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta. Sukino. 2010. Menulis Itu Mudah. Yogyakarta:Pustaka Populer. Sumardi, 2006. Password Menuju Sukses. Jakarta: Erlangga. Santoso, Teguh, 2011. Metode Membaca Secepat Kilat. Jakarta: Pustaka Widyatama. Suprihatiningsih. 2016. Keterampilan Tata Busana pada Madrasah Aliyah. Deepublish: Yogyakarta. S. Stuart, Timothy dan Cherly G. Bostrom, 2008. Children At Promise Jakarta: Bhuana Ilmu Populer. Steven W. Dulan and the faculty of Advantage Education. 2008. Conquering Act: English, Reading, and Writing. America: McGraw-Hill Company. Sri Fatmawati. Nina Ariesta, Laily Yunita Susanti, Darmaji, Surya Rosa Putra. 2015. Desain Laboratorium Skala Mini untuk Pembelajaran Sains Terpadu. Yogyakarta: DEEPUBLISH. Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa. Zalmansyah, Acril. 2017. Teknik Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi. Lampung: Ranah Jurnal Kajian Bahasa. citation: Nurhillal, Zahroh dan Akhadiah, Sabarti dan Tarmini, Wini (2019) Peningkatan Keterampilan Menulis Argumentasi melalui Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (Penelitian Tindakan di Kelas X SMAN 7 Kota Tangerang). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15128/1/SPS_INDONESIA_1509057040_ZAHROH.pdf