eprintid: 15123 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/51/23 datestamp: 2022-06-24 07:58:12 lastmod: 2022-06-24 07:58:12 status_changed: 2022-06-24 07:58:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Asih, Sri Mardi creators_name: Emzir, Emzir creators_name: Yanti, Prima Gusti creators_id: emzir.emzir@unj.ac.id creators_id: prima_gustiyanti@uhamka.ac.id title: Hubungan Antara Motivasi Menulis Dan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMK Perguruan Rakyat 2 Jakarta ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: Motivasi Menulis, Kemampuan berpikir kritis, Keterampilan Menulis abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Motivasi Menulis dan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi kelas X SMK Perguruan Rakyat 2 Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Perguruan Rakyat 2 Jakarta berjumlah 72 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan simpel random samplingdari populasi sampel yang diambil hanya 30 orang. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran pertanyaan, angket, dan tes pada keterampilan menulis teks negosiasi. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus Product Moment, sehingga diperoleh hasil (ry1) rhitung 0,360 dan (ry2) rhitung 0,646 dengan taraf signifikan α 0,95. Uji signifikansi korelasi dilakukan uji-t khusus untuk korelasi yang menghasilkan (ry1) thitung sebesar 1,88 dan (ry2) sebesar 1,86. Dalam table diketahui ttabel pada taraf signifikansi (α) 0,95 dengan derajat kebebasan (dk) 28 adalah 1,70. Dapat terlihat hasilnya, diperoleh (ry1) thitung sebesar 1,88 > ttabel 1,70 maka Ho ditolak sedangkan H1 diterima dan (ry2) thitung sebesar 1,86 maka Ho ditolak sedangkan H1 diterima. Berdasarkan kriteria tingkat korelasi di atas diperoleh r hitung sebesar 0,360 yang berarti berada di antara 0,200 sampai 0,399 dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai motivasi menulis siswa kelas X SMK Perguruan Rakyat 2 Jakarta mempunyai hubungan yang rendah karena kemampuan berpikir kritis akan mempengaruhi keterampilan menulis teks negosiasi pada siswa. Sedangkat tingkat korelasi di atas r hitung sebesar 0,646 yang berarti berada diantara 0,600 sampai 0,799 dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai kemampuan berpikir kritis siswa mempunyai hubungan yang kuat atau tinggi, karena kemampuan berpikir kritis akan mempengaruhi keterampilan menulis teks negosiasi pada siswa. date: 2018-12-04 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Uhamka department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Association, American Philosophical. 1990 volume 44 no. 1. Critical Thinking. A statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assessment and Instruction. New york: Journal of General Education. Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Brouwer, Kyle. 2012. Writing Motivation of Students with Language Impairments. USA: University of South Dakota. Cottrell, Stella. 2005. Critical Thinking Skills Developing Effective Analysis and Argument. New York: Palgrave Macmillan. Covey, Stephen R. 2008. The 8th Habit Melampaui Efektivitas, Menggapai Keagungan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Dalman. 2015. Penulisan Populer. Depok : PT Rajagrafindo Persada. . 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Dewojati, Cahyaningrum. 2010. Drama Sejarah, Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Dnumiharja, Muntarsih. 2014. Tenaga Kependidikan. Yogyakarta: Deepubilisit. Emzir. 2011. Metode Penelitian dan Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Fajrianthi, Wiwin Hendriani. 2016. Pengembangan Tes Berpikir Kritis dengan Pendekatan Item Response Theory Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Faster, Alec. 2008. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga. Gates, Steven. 2010. The Negotiation Book: Your Defenitive Guide the Successful Negotiating. Capstone: Europa. Hikmat, Ade dan Nani Solihati. 2013. Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa S1 & Pascasarjana, Guru, Dosen, Praktisi, dan Umum. Jakarta: PT Grasindo. HP, Achmad. 2010. Makalah Seminar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Husin dan Rustamji. 2016. Mengasah Kemampuan Diri Bahasa Indonesia untuk SMK/MAK kelas X. Jakarta: Erlangga. J.Lweicki,R dkk. 2012. Negosiasi. Jakarta: Salemba Humanika. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. . 2014. Buku Guru Bahasa Indonesia Ekspresi Diri. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kosasih, Engkos. 2013. Kreatif Berbahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga. Kuswana, Wowo Sunaryo. 2013. Taksonomi Berpikir. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. K.T, Aritonang. 2013. Catatan Harian Guru: Menulis itu Mudah. Yogyakarta: Andi Offset. Lillian, Randolph. 1986. The Journal of Conflict Resolution. Beverly Hills vol. 10, Iss. 3 : 344. Mardalis. 2009. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT Bumi Aksara. Maryanto, dkk. 2014. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik: Buku Guru Edisi Revisi 2014 SMA/SMK X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Molan, Benyamin. 2012. Logika dan Ilmu dan Seni Berpikir Kritis. Jakarta: Indeks. Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE. Nurjamal, Daeng. Dkk. 2011. Terampil Berbahasa Menyusun Karya Tulis Akademik, Memadu Acara (MC-Moderator), dan Menulis Surat. Bandung : Alfabeta. Priyatni, Endah Tri. 2012. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara. Purwanto, Joko. 2011. Komunikasi Bisnis Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga. Sarwono, Sarlito W. 2012. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Press. . 2005. Psikologi Sosial (Psikologi Kelompok dan Psikologi Terapan), Jakarta : Balai Pustaka. Shaleh, Abdul Rahman. 2015. Psikologi. Jakarta: Prenadamedia Group. Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia. Stephen P. Robbins & Timothy A Judge. 2008. Perilaku Organisasi Organizational Behavior. Jakarta: Salemba empat. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta. Sumardi. 2006. Password Menuju Sukses Rahasia Membangun Sukses Individu, Lembaga, dan Perusahaan. Jakarta: Erlangga. Suparno, Suhenah. 2001. Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas. Suyatno. 2011. Cerdas Membaca. Jakarta: UHAMKA PRESS. Syah, Muhibbin. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Uno, B Hamzah dkk. 2014. Variabel Penelitian dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Jakarta: PT Ina Publikatama. Woolfolk, Anita. 2009. Educational Psychology Active Learnig Edition. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Yaumi, Muhammad. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat. Yustinah. 2016. Produktif Berbahasa Indonesia untuk SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Erlangga. Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group. citation: Asih, Sri Mardi dan Emzir, Emzir dan Yanti, Prima Gusti (2018) Hubungan Antara Motivasi Menulis Dan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMK Perguruan Rakyat 2 Jakarta. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Uhamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15123/1/SPS_INDONESIA_1609057019_SRI%20MARDI%20ASIH.pdf