eprintid: 15122 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/51/22 datestamp: 2022-06-24 07:58:31 lastmod: 2022-06-24 07:58:31 status_changed: 2022-06-24 07:58:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Julianti, Ulfah creators_name: Hikmat, Ade creators_name: Syafii, Imam creators_id: adehikmatns@yahoo.co.id title: Bentuk Campur Kode Dalam Naskah Drama Siswa Kelas XI IPS 5 SMA Negeri 6 Kota Tangerang Selatan ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: Campur Kode, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Materi Drama, Naskah drama abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk-bentuk campur kode dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi drama siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 6 Kota Tangerang Selatan, (2) faktor-faktor penyebab terjadinya campur kode. Sumber data penelitian ini adalah naskah drama siswa yang dibuat pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data deskriptif diperoleh melalui teknik baca dan catat. Sumber data berasal dari naskah drama yang dibuat oleh siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik Simak Bebas Libat Cakap (SLBC), teknik sadap, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, model data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi teori dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk campur kode yang terdapat dalam naskah drama terdiri dari kata, frasa, dan klausa. Campur kode dalam bentuk kata sebanyak 32, frasa 3 dan klausa 3. Faktor dominan penyebab terjadinya campur kode yaitu dengan tujuan agar interaksi yang dilakukan saling dimengerti sebanyak 78,6%, untuk menciptakan kesan santai dan akrab sebanyak 66,7%, untuk menunjukkan solidaritas sebanyak 64,3%. Berdasarkan penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan campur kode yang dilakukan siswa kelas XI IPS 5 yaitu untuk mengubah dari situasi formal ke informal dan menunjukkan kesantaian dalam berbicara. date: 2018-08-27 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Uhamka department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Amanda, Widyansi. 2017. Skripsi Unsur-unsur Intrinsik Naskah Drama Aeng Karya Putu Wijaya dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Bandar Lampung: Universitas Lampung. Aslinda dan Leni Safyahya. 2007. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: Refika Aditama. Atmazaki. 2007. Ilmu Sastra : Teori dan Terapan. Padang: Universitas Negeri Padang Press Badudu, J. S. 1996. Inilah Bahasa Indonesia yang Benar III. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta. .2007 Linguistik Umum. Jakarta : Rineka Cipta Chaer, Abdul & Agustina Leonie. 2010. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta. Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Indrawan, Dhani. 2014. Skripsi Asuhan Keperawatan Pada Tn. A Dengan Gangguan Sensori Persepsi : Halusinasi Penglihatan di Ruang Bima Rumah Sakit Umum Daerah Banyumas..Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers. Hasan Alwi, 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka, Ismiyati. 2011. Bahasa Prokem di Kalangan Remaja Kotagede. Universitas Negeri Yogyakarta: Skripsi: Belum diterbitkan. Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Maharani, Elia Putri. 2011. “Ragam Bahasa Remaja Dalam Situs Jejaring Sosial Facebook”. Universitas Jember. Skripsi. Mustikawati, Diyah Atiek. 2011. Alih Kode Dan Campur Kode Antara Penjual Dan Pembeli (Analisis Pembelajaran Berbahasa Melalui Studi Sosiolinguistik). Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3 No. 2. Murliaty, dkk. 2013. Campur Kode Tuturan Guru Bahasa Indonesia Dalam Proses Belajar Mengajar : Studi Kasus di Kelas VII SMP Negeri 20. Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 1 No. 2; Seri D 241 – 317. Nursalim, Misbah Priagung. 2017. “Nilai Sosial dan Nilai Edukasi dalam Ragam Bahasa Buku Diri di Grup Latihan Jurnalisme Warga. Jakarta: Universitas Indra Prasta. Tesis. Resmini. 2011. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Bandung: UPI PRESS. Rulyandi, dkk. 2009. Alih Kode dan Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Jurnal Paedagogia, Jilid 17, Nomor 1. Sugono, Dendi. 2009. Mahir berbahasa Indonesia dengan Benar. Jakarta : Gramedia. Suwandi, Sarwiji. 2010. Serba Linguistik (Mengupas Pelbagai Praktik Bahasa) Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press. Sumarsono dan Paina Partana, 2007. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Partinem dan Sujoko. 2011. Kode, Alih Kode dan Campur Kode. UNNES. Purnomo, Imam Aji. 2017. Tesis Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pkn Materi Globalisasi Menggunakan Metode Make A Match Media Amplop Kepintaran Kelas Iv Sd N 1 Pliken Bachelor. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Julianti, Ulfah. 2015. Skripsi Pemakaian Jargon Pada Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan: Kajian Sosiolinguistik. Tangerang Selatan : Universitas Pamulang. citation: Julianti, Ulfah dan Hikmat, Ade dan Syafii, Imam (2018) Bentuk Campur Kode Dalam Naskah Drama Siswa Kelas XI IPS 5 SMA Negeri 6 Kota Tangerang Selatan. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Uhamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15122/1/SPS_INDONESIA_1609057017_ULFAH%20JULIANTI.pdf