eprintid: 15120 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/51/20 datestamp: 2022-06-24 07:58:25 lastmod: 2022-06-24 07:58:25 status_changed: 2022-06-24 07:58:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Umami, Sahrul creators_name: Akhadiah, Sabarti creators_name: Ibrahim, Nini creators_id: nini_ibrahim@uhamka.ac.id title: Nilai-Nilai Kemanusiaan dalam Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy (Analisis Isi) ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: Nilai-nilai kemanusiaan, novel, dan pendekatan sosiologi sastra abstract: Tujuan dalam penelitian ini adalah ―Untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai unsur instrinsik yang berkaitan nilai-nilai kemanusiaan dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habibburahman El Shirazy (Analisis Isi).‖ Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi dengan cara mendeskripsikan nilai-nilai kemanusiaan dilihat dari unsur intrinsik. Berdasarkan hasil analisis, 1) hubungan manusia dengan Tuhan, digambarkan pada tokoh utama yang bernama Ayna. Ayna merupakan santriwati yang menjadi khadimah di pondok pesantren. Ia selalu melaksanakan kewajibanya sebagai muslim yaitu dengan melakukan salat, bersalawat, puasa, dan mengaji Al- Quran dan Kitab. 2) hubungan manusia dengan sesama manusia, digambarkan pada para tokoh yang ada dalam novel. Terlihat tokoh Ayna, yang dibantu dengan Lestari, Mila, dan Uun untuk membina anak-anak jalanan dan kaum dhuafa dengan membuatkan rumah singgah yang diberi nama ―Bait Ibni Sabil‖. 3) hubungan manusia dengan dirinya sendiri, digambarkan Ayna yang berpikir cerdik bisa terlepas dan kabur dari Pak Kusmono dan Yoyok telah menjadikan Ayna sebagai ajang politik tidak baik. Dengan kecerdikan dan cara berpikirnya, Ayna bisa melepaskan diri dari segala masalah yang dihidapinya.4) hubungan manusia dengan alam sekitar, terlihat pada tokoh bernama Budi yang tidak lain adalah Gus Afif. Gus Afif dengan beberapa anak laki-laki berusaha membersihkan lingkungan dengan mengambili sampah yang ada selokan. Kegiatan tersebut dilakukan untuk mencegah kebanjiran di lingkungan ketika hujan turun. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai kemanusiaan dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy yang lebih dominan pada aspek hubungan manusia dengan Tuhan dan hubungan manusia dengan sesama manusia. 1) hubungan manusia dengan Tuhan terlihat pada para tokoh yang ada dalam novel khususnya tokoh utama yang selalu melaksanakan ibadah dan pengajian Al-Quran atau Kitab sebagai bentuk pengabdian, bersyukur, bersalawat, ketakwaan, keyakinan, dan mencari keridahan Allah swt.. dan 2) hubungan manusia dengan sesama manusia terlihat pada tokoh utama yang memiliki hubungan baik dengan sesama menusia. Hubungan baik ini diperlihat oleh tokoh utama menjaga keharmonisan sebagai makhluk sosial seperti saling membantu, menghormati, dan berinteraksi untuk saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. date: 2018-08-27 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Uhamka department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Ampera, Taufik. 2010. Pengajaran Sastra Teknik Mengajar Sastra Anak Berbasis Aktivitas. Bandung: Widya Padjajaran. Aqib, Zainal dan Sujak. 2011. Panduan & Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya. Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Aziez, Furqonul, dan Abdul Hasim. 2010. Menganalisis Fiksi Sebuah Pengantar. Bogor: Ghalia Indonesia. Beach, Richard W &James. D. Marshall. 1991. Teaching Literature In The Secondary School. London. Harcourt Brace College Publisher. Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik. Jakarta : Rineka Cipta Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Press. Emzir dan Saifur Rohman. 2015. Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: Rajawali Press. Finoza, Lammudin. 2008. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia. Fitri, Agus Zaenul. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai&Etika di Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Harmuni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani. Herimanto dan Winarno. 2016. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara. Ibrahim, Nini. 2014. Perencanaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis. Jakarta: Mitra Abadi. Ihsan, Fuad. 2011. Dasar-Dasar Kependidikan: Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta. Ismawati, Esti. 2013. Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Ombak. Jumali, M. dkk. 2008. Landasan Pendidikan. Surakarta: Muhammadiyah University Press. Keraf, Gorys. 2007. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia. Kosasih, E. 2008. Apresiasi Sastra Indonesia: Puisi, Prosa, dan Drama. Jakarta: Nobel Edumedia _____________. 2012. Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya. Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Nurgiantoro, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Pranowo, Bambang. 2013. Sosiologi Sebuah Pengantar. Jakarta: Laboratorium Sosiologi Agama. Prawironegoro, Darsono. 2011. Filsafat Ilmu. Jakarta: Nusantara Consulting. Purwanto, M. Ngalim. 2009. Ilmu Pendidikan Teoretiis dan Praktis. Bandung: PT. Rosdakarya. Semi, Atar. 1988. Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya. Setiadi, Elly M., dkk. 2012. Ilmu sosial dan Budaya Dasar Edisi Kedua. Jakarta: Kencana. Siswanto, Wahyudi. 2008. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Grasindo. Sumardjo, Jakob dan Saini K.M. 1994. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Suriasumantri, Jujun S. 2001. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan. Tafsir, Ahmad. 2008. Filsafat Pendidikan Islam: Integrasi Jasmani, Rohani, dan Kalbu Memanusiakan Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Tumanggor, Rusmin, dkk. 2014. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana. Taum, Yosep Yapi. 2011. Studi Sastra Lisan. Yogyakarta: Lamalera. Uno, Hamzah B. 2011. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara. Walgito, Bimo. 1987. Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM. Widiastono. 2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: Gramedia. Yandianto. 2003. Apresiasi Karya Sastra dan Pujangga Indonesia. Bandung: CV M2S. Zaidan, Abdul Rozak, dkk. 2007. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Balai Pustaka. Diana, Ani. 2017. Nilai Kemanusiaan pada Novel Sepatu Terakhir Karya Toni Tegar Sahidi. Dalam Jurnal Pesona. Volume 3. No. 2. Tahun 2017. ISSN Cetak: 2356-2080. ISSN Online: 2356-2072. Pada Website: https:// ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/pesona /article/view/442/219. Diunduh pada Jumat, 16 Februari 2018. Pukul 21.25 WIB. Eliastuti, Maguna. Analisis Nilai-Nilai Moral dalam “Kembang Turi” Karya Budi Sardjono. Dalam Jurnal Genta Mulia. Volume VII. No. 1 Januari 2017. hlm. 40. ISSN: 2301-6671. Pada Website : http://ejournal.stkipbbm.ac.id /index.php/gm/article/view/75/ 73. Diunduh pada Jumat, 16 Februari 2018. Pukul 21.15 WIB. Hermansyah, Agus Kichi. 2017. Nilai-Nilai Kemanusiaan dalam Buku 100 Cerita Anak Pilihanan Kesesuaiannya Sebagai Bahan Pembelajaran Sastra di SD/MI. Dalam Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI. Vol 4. No. 1. Tahun 2017. hlm. 17-28. Pada Website: http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/ index.php/ibtida/article/view/1368/1090. Diunduh pada Jumat, 16 Februari 2018. Pukul 21.20 WIB. Khasinah, Siti. Hakikat Manusia Menurut Pandangan Islam dan Barat. Dalam Jurnal Ilmiah Didaktika. Vol. XIII No. 2. Februari 2013. ISSN: 1411-612X. Permata, Kadek Adi Wira, I Wayan Rasna, dan I Gede Nurjaya. Analisis Nilai- Nilai Kemanusiaan Novel “Bekisar Merah” Karya Ahmad Tohari dan Kesesuaiannya sebagai Bahan Pembelajaran Sastra. Dalam Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha. Vol. 2. No.1. Tahun 2014. Dalam Website: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/ article/view/3268. Diunduh pada minggu, 21 Januari 2018. Pukul 03.30 WIB. Raharjo, Yusuf Muflikh, Herman J. Waluyo, dkk. Kajian Sosiologi Sastra dan Pendidikan Karakter dalam Novel Nun Pada Sebuah Cermin Karya Afifah Afra serta Relevansinya dengan Materi Ajar Di SMA. Dalam Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 6. No.1. April 2017. hlm. 17. P-ISSN: 2303- 288X E-ISSN: 2541-7207. Pada Website: https://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JPI/article/view/8627/6321. Diunduh Pada Jumat, 16 Februasi 2017. Pukul 21.45 WIB. Sukayasa dan Evie Awuy. Pengintegrasian Nilai-Nilai Kemanusiaan (Human Values) dalam Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Kreatif Universitas Tadulako. Vol. 17 No. 2. Tahun 2014. dalam Website: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/kreatif/article/view/1952. Diunduh pada Minggu, 21 Januari 2018. Pukul 03.06 WIB. citation: Umami, Sahrul dan Akhadiah, Sabarti dan Ibrahim, Nini (2018) Nilai-Nilai Kemanusiaan dalam Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy (Analisis Isi). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Uhamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15120/1/SPS_INDONESIA_1609057014_SAHRUL%20UMAMI.pdf document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15120/2/SPS_INDONESIA_1609057014_SAHRUL%20UMAMI.pdf