eprintid: 15118 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/51/18 datestamp: 2022-06-24 07:58:43 lastmod: 2022-06-24 07:58:43 status_changed: 2022-06-24 07:58:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Romli, Muhamad creators_name: Akhadiah, Sabarti creators_name: Tarmini, Wini creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Aspek Evaluasi Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas XI SMA-MA/SMK-MAK Kurikulum 2013. ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: Kognitif, Afektif, Psikomotor, Buku Teks Bahasa Indonesia abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) ranah kognitif, (2) ranah afektif, (3) ranah psikomotor dalam buku teks bahasa Indonesia untuk siswa kelas XI SMA-MA/SMK-MAK Kurikulum 2013. Sumber data penelitian ini adalah soal-soal bahasa Indonesia dalam buku teks bahasa Indonesia untuk siswa kelas XI SMA-MA/SMK-MAK Kurikulum 2013 karya Yadi Mulyadi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data deskriptif diperoleh dari soal-soal dalam buku teks bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan mengkaji setiap soal-soal selanjutnya dikumpulkan berdasarkan aspek-aspek evaluasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis konten, yaitu pengadaan data, reduksi data, inferensi, analisis. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi teori dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan ranah kognitif mencapai 91%, afektif 3%, dan psikomotor 6%. Faktor penyebab penulis buku teks lebih memfokuskan peserta didik pada tahap ranah kognitif. Berdasarkan penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa ranah kognitif lebih dominan dibandingkan dengan ranah yang lain. date: 2018-08-27 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Uhamka department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Ahiri, Jafar dkk. 2017. Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran. Jakarta: Uhamka Press. Airasian, Peter W dkk. 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Basuki, Ismet dan Hariyanto. 2014. Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. Depdikbud.2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta: Depdikbud Djajasudarna, T. Fatimah. 2006. Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Refika Aditama. Kunandar. 2015. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Majid, Abdul. 2014. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Mardapi, Djemari. 2012. Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika. Mulyadi, Yadi. 2017. Bahasa Indonesia untuk Siswa SMA-MA/SMK-MAK Kelas XI. Bandung: Yrama Widya. Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Murwani, Santosa. 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Uhamka Press. Nurdin, Syafruddin dan Adrianto. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada. Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta. .2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta. Purwanto, M. Ngalim. 2001. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. 2013. Pedoman Penulisan Tesis dan Desertasi. Jakarta: Uhamka Press. Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grasindo Persada. Sukardi. 2011. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: PT Bumi Aksara. Uno, Hamzah. B dan Satria Koni. 2013. Asessment Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara. Wahyuni, Sri dan Abdul Sykur Ibrahim. 2012. Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Refika Aditama. Wirawan. 2011. Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: PT Raja Grasindo Persada. citation: Romli, Muhamad dan Akhadiah, Sabarti dan Tarmini, Wini (2018) Aspek Evaluasi Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas XI SMA-MA/SMK-MAK Kurikulum 2013. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Uhamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15118/1/SPS_INDONESIA_1609057011_MUHAMMAD%20ROMLI.pdf