%0 Thesis %9 Masters %A Romli, Muhamad %A Akhadiah, Sabarti %A Tarmini, Wini %B Sekolah Pascasarjana %D 2018 %F repository:15118 %I Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Uhamka %K Kognitif, Afektif, Psikomotor, Buku Teks Bahasa Indonesia %T Aspek Evaluasi Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas XI SMA-MA/SMK-MAK Kurikulum 2013. %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15118/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) ranah kognitif, (2) ranah afektif, (3) ranah psikomotor dalam buku teks bahasa Indonesia untuk siswa kelas XI SMA-MA/SMK-MAK Kurikulum 2013. Sumber data penelitian ini adalah soal-soal bahasa Indonesia dalam buku teks bahasa Indonesia untuk siswa kelas XI SMA-MA/SMK-MAK Kurikulum 2013 karya Yadi Mulyadi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data deskriptif diperoleh dari soal-soal dalam buku teks bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan mengkaji setiap soal-soal selanjutnya dikumpulkan berdasarkan aspek-aspek evaluasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis konten, yaitu pengadaan data, reduksi data, inferensi, analisis. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi teori dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan ranah kognitif mencapai 91%, afektif 3%, dan psikomotor 6%. Faktor penyebab penulis buku teks lebih memfokuskan peserta didik pada tahap ranah kognitif. Berdasarkan penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa ranah kognitif lebih dominan dibandingkan dengan ranah yang lain.