eprintid: 15116 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/51/16 datestamp: 2022-06-24 07:58:49 lastmod: 2022-06-24 07:58:49 status_changed: 2022-06-24 07:58:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Marselinda, Mercy creators_name: Suyatno, Suyatno creators_name: Tarmini, Wini creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Hubungan Antara Kemampuan Mengembangkan Paragraf Narasi dan Sikap terhadap Bahasa Indonesia (Studi Korelasi pada Siswa Kelas IV SD IslamAzhari Lebak Bulus) ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: Narasi, paragraf narasi, keterampilan menulis, Sikap terhadap Bahasa Indonesia abstract: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang hubungan antara kemampuan mengembangkan paragraf narasi dan sikap terhadap bahasa Indonesia dengan keterampilan menulis cerita anak. Hipotesis yang diuji adalah (1) terdapat hubungan positif antara kemampuan mengembangkan paragraf narasi dengan keterampilan menulis cerita anak (2) terdapat hubungan positif antara sikap terhadap bahasa Indonesia dengan keterampilan menulis cerita anak (3) terdapat hubungan positif antara kemampuan mengembangkan paragraf dan sikap terhadap bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Islam Azhari Lebak Bulus yang berjumlah 50 siswa. Jumlah sampel penelitian sebanyak 44 siswa dengan teknik simple random sampling.Teknik pengambilan data untuk variable kemmapuan mengembangkan paragraf narasi (X1) dan variabel ketrampilan menulis cerita anak (Y) menggunakan tes menulis, sedangkan variabel sikap terhadap bahasa Indonesia (X2) menggunakan angket model skala Likert. Analisis reliabilitas untuk variabel X1 dan Y dihitung dengan rumus Alpha Cronbach 2 (untuk karya tulis), sedangkan perhitungan untuk variabel X2 menggunakan KR 21. Dari hasil pengujian didapatkan kesimpulan terdapat hubungan positif antara kemampuan mengembangkan paragraf narasi dengan keterampilan menulis cerita anak. persamaan regresi linier Ŷ = 20.780 +0,735X1 thitung = 6.489 dengan tabel = 1,68, koefiesien korelasi rxy = 0,708 dan Fhit (Fchange) = 42.105 dengan demikian korelasi antara kemampuan mengembangkan paragraf (X1) keterampilan menulis cerita anak (Y) signifikan. Terdapat hubungan positif antara sikap terhadap Bahasa Indonesia dengan keterampilan menulis cerita anak. Persamaan regresi linier Ŷ = 76.604 +0,30X2. Dari hasil analisis diperoleh, thitung = I,68 dengan tabel = 1,68, koefiesien korelasi (rxy) = 0,569 dan Fhitung 1.750 dengan demikian korelasi antara sikap terhadap bahasa Indonesia (X2) keterampilan menulis cerita anak (Y) signifikan. Terdapat hubungan positif antara kemampuan mengembangkan paragraf narasi (X1) dan sikap terhadap bahasa Indonesia (X2) dengan keterampilan menulis cerita anak (Y). Persamaan regresi linier Ŷ = 13,102 + 0,745X1+ 101X2, thitung = 6.489 dengan harga Fhitung 21.329, koefisien korelasi (rxy)= 0, 714 dan Fhit (Fchange) = 21.329 dengan demikian terdapat korelasi antara kemampuan mengembangkan paragraf (X1), sikap terhadap bahasa Indonesia (X2) dengan keterampilan menulis cerita anak (Y). Kata kunci. date: 2018-08-27 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Uhamka department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Abbas, Saleh.2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif di Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Aminuddin, 1987. Pengantar Apresiasi Sastra. Malang: IKIP Malang. Brown, Douglas. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat. Cahyani, Isah. 2015. Peningkatan Keterampilan Menulis dengan Model PAKEM melalu Teknik Menjadi Wartawan Junior di Sekolah Dasar, Sosiohumanika, Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan, vol.8 Dalman. 2011. Menulis Karya Ilmiah. Jakarta : Raja Grafindo Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik. Jakarta ; Yayasan Obor Indonesia Djiwandono, Soenardi. 2011. Tes Bahasa, Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Jakarta : PT. Indeks Dunnette. 1976. Ketrampilan Mengaktifkan Siswa. Jakarta : Kencana Prenada Media Group Edition. New Jersey : Pearson Education, lnc., Upper Saddle River Emzir. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta : Rajagrafindo Persada. Gagne Robert M. and Briggs Leslie J. 1992. Principles of Instructional Design. New York: holt Rinehart and Winston, hlm. 109 Gay,L.R., Mills, Geofrey E., Airasian Peter, Educational Research:Competencies for Analiysis, Ney Jersey : Pearson Education Inc, 2012, hlm. 131 Gordon. 1994. Management Sistem Informasi. Jakarta : Gravindo 118 Haryadi & Zamzani.1996 . Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Irmsher ,William F. 1975. The Nature of Literature, United States of America : Holt, Reinhart and Winston Inc. Iverson. 2001. Keterampilan Dasar. PT. Grapindo Persada: Jakarta Jalaluddin. 2009. Psikologi agama. Jakarta : Raja Grafindo Presada Jumanto. Sugiaryo, 2014. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Melalui Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Sondakan No. 11 Surakarta, Widya Wacana, vol.9 Kadir.2015. Statistika Terapan (Konsep, contoh dan Analisis dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian). Jakarta : Raja Grafindo Persada. Keraf, Gorys. 1997. Komposisi., Flores: Nusa Indah. Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta : Gramedia Knapp, P dan Megan Watkins. 2005. Genre Text, Grammar: Technologies for Teaching Kridalaksana, Harimurti. 2001. Kamus Linguistik, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama. Moore, Kenneth, D. 2005. Effective Instructional Strategies from theory to practice, United States of America : Sage Publications Inc. Muhammad Kharizmi, Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi, JUPENDAS : 2015, vol.2 Muwarni, Santosa. 2001. Statistika Terapan (Teknik Analisis Data). Jakarta: PPS UNJ Muwarni, Santosa. 2015. Statistika Terapan ( Teknik Analisis data). Jakarta : Sekolah Pascasarjana UHAMKA Nadler. 1986. Keterampilan dan Jenisnya. PT. Grapindo Persada. Jakarta. Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta. Nurgiyantoro, Burhan. 2002. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada Nuttall, Christine. 2008. Teaching Reading Skills in a foreign language, Thailand : Macmillan Education Popp. Marcia S. 2008. Teaching Language and Literature in Elementary Classrooms: A resource book for professional development (Second Edition). London: Lawrence Erlbaum Associates Publisher Purwanto, Ngalim. 2008. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Rosda Karya, hlm. 7 Ratnawulan, Elis & Rusdiana, A. 2015.Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Pustaka Setia Robbins, P. Stephen and Timothy A. Judge. 2009. Organizational Behavior, 13th Saifuddin, Azwar. 2008. Sikap Manusia (Teori dan Pengukurannya). Yogyakarta : Pustaka Pelajar Sobur, Alex.2005. Psikologi Umum. Jakarta : Pustaka Setia. Stemberg Robert J. 1994. Encyclopedia of Human Intellegence. New York: Macmillan Publising Company Stewig, John Warren. 1980. Children and Literature. Chicago: Rand McNally College Publishing Company. Sudjana, Nana. 1996. Metode statistika. Bandung : Tarsito Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Suharsimi Arikunto. 2015. Dasar-Dasar evaluasi Pendidikan (Edisis kedua). Jakarta: Bumi Aksara, Sumardi, 2009, Panduan Apresiasi Cerpen. Jakarta : Uhamka Press Sumarsono & Paina Partana. 2006. Sosiolinguistik, Jakarta : Persad. citation: Marselinda, Mercy dan Suyatno, Suyatno dan Tarmini, Wini (2018) Hubungan Antara Kemampuan Mengembangkan Paragraf Narasi dan Sikap terhadap Bahasa Indonesia (Studi Korelasi pada Siswa Kelas IV SD IslamAzhari Lebak Bulus). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Uhamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15116/1/SPS_INDONESIA_1609057010_MERCY%20MARSELINDA.pdf