eprintid: 15114 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/51/14 datestamp: 2022-06-24 07:58:55 lastmod: 2022-06-24 07:58:55 status_changed: 2022-06-24 07:58:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Saputra, Rio creators_name: Suyatno, Suyatno creators_name: Syafii, Imam creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pendidikan Karakter Pada Materi Ajar Sastra Dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Kurikulum 2013. ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: Pendidikan karakter, buku pelajaran, dan materi ajar sastra abstract: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi secara lengkap danmendalam tentang: 1). Pendidikan karakter yang terdapat pada materi ajar sastra dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk SD kelas 4. 2) Kesesuaian pendidikan karakter pada buku pelajaran bahasa Indonesia untuk SD kelas 4 dalam materi ajar sastra dengan tingkat perkembangan kognitif siswa. 3). Kesesuaian pendidikan karakter dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia dengan kurikulum bahasa Indonesia 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (content analisys), dengan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah pendidikan karakter yang terdapat pada materi ajar sastra. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah buku tematik terpadu kurikulum 2013 pelajaran bahasa Indonesia untuk SD kelas 4, terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia edisi revisi tahun 2014 yang terdiri dari sembilan buku. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri dibantu table analisis. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, 1) Deskripsi keragaman pendidikan karakter pada buku pelajaran bahasa Indonesia untuk SD kelas 4 dalam materi ajar sastra sangat beragam. Pertama, olah hati sebesar 46% (23 data) berupa: religius, siddiq/ jujur, amanah, empati, cinta, syukur, keberanian, tanggung jawab, dan hati nurani. Pendidikan karakter olah hati yang tidak ditemukan adalah adil. Kedua, olah pikir sebesar 12% (6 data) berupa: pengendalian diri, bersikap positif, dan perhatian. Pendidikan karakter yang tidak ditemukan adalah kreatif dan rasa ingin tahu. Ketiga, olah raga sebesar 24% (12 data) berupa: bekerja keras, disiplin, mandiri, keuletan (1 data). Keempat, olah rasa dan karsa sebesar 18% (9 data) berupa, peduli, gotong royong, komunikatif (4 data), kerendahan hati (2 data), dan rasa hormat/ santun (1 data). Pendidikan karakter olah rasa dan karsa yang tidak ditemukan adalah toleransi, nasionalis, dan bijaksana. keragaman pendidikan karakter ini memiliki kewajiban terhadap Tuhan sebesar 3% (2 data), terhadap diri sendiri 34% (26 data), terhadap keluarga 10% (6 data), terhadap masyarakat dan bangsa 29% (17 data), terhadap alam lingkungan 14% (8 data). 2) Deskripsi kesesuaian pendidikan karakter pada buku pelajaran bahasa Indonesia untuk SD kelas 4 dalam materi ajar sastra dengan tingkat perkembangan kognitif siswa sudah sesuai dengan kelima materi ajar sastra yang ada. 3) Deskripsi kesesuaian pendidikan karakter dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia dengan kurikulum bahasa Indonesia 2013 sangat tinggi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan untuk membuat buku pelajaran yang lebih berkualitas khususnya sastra anak yang menyenangkan (sesuai perkembangan kognitif siswa) sekaligus memiliki pesan yang kuat (mengolah hati, pikir, rasa/ karsa, dan raga serta kewajiban terhadap Tuhan, diri sendiri, keluarga, masyarakat dan bangsa, serta alam lingkungan). date: 2018-08-27 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Uhamka department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Abdurrahman, S. J. 2017. Islamic Parenting Pendidikan Anak Metode Nabi. Terjemahan Agus Suwandi. Solo: Aqwam. Abidin, Yunus. 2015. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama. Adisusilo, Sutardjo. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter: Kontruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Press. Agustin, A. K. M. , Padmomartono, Sumardjono dan Windrawanto, Yustinus. 2015. Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia 10-12 Tahun Melalui Terapi Bermain Di Ppa Agape Io-847 Salatiga. Sumber: http://ris.uksw.edu/download/jurnal/kode/ J01093. Akhadiah, Sabarti. 2013. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah PROF. DR. HAMKA (SPs. UHAMKA). _______________. 2016. Prinsip-Prinsip Pengajaran Bahasa. Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah PROF. DR. HAMKA (SPs. UHAMKA). Almerico, G. M. 2014. Building Character Through Literacy with Children’s Literature. Research in Higher Education Journal Volume 26 October sumber: http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1055322.pdf. Anam, Saiful. 2005. Indra jati Sidi dari ITB untuk Pembaruan Pendidikan. Jakarta: Teraju. Antariksa, Yodhia. 2014. Satu Rahasia Kunci yang Akan Menebak Kesuksesan Anak Anda 40 Tahun Kemudian. Sumber: http://strategimanajemen.net/2014/12/01/ satu-rahasia-kunci-yang-akan-menebak-kesuksesan-anak-anda-40-tahunkemudian/ diakses pada 2 Agustus 2017. Arifin, Syamsul dan Kusrianto, Adi. 2009. Sukses Menulis Buku Ajar & Referensi. Jakarta: Grasindo. Aristotle. 1933. Metaphysics. Cambridge, MA: Harvard University Press. Arthur, James. 2003. Education with Character The moral economy of schooling. London and New York: Taylor & Francis e-Library (RoutledgeFalmer). _________ et al. 2015. Character Education in UK Schools. University of Brimingham: The Jubilee Centre for Character and Virtues. Aslamiyah, R. 2017. Kajian Teoritis Tentang Agama. Sumber: http://repository.uinbanten. ac.id/ 1221/4/ BAB%20III.pdf diakses pada 29 November 2017. Barizi, Ahmad (Ed). 2005. A. Malik Fajar Holistika Pemikiran Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. Bohlin, K. E. 2005. Teaching Character Education Through Literature, Awakening the Moral Imagination in Secondary Classrooms. London: Routledge Falmer. Borba, Michele. 2008. Membangun Kecerdasan Moral Tujuh Kebajikan Utama untuk Membentuk Anak Bermoral Tinggi. Terjemahan Lina Jusuf. Jakarta: Gramedia. Brown, James Dean. 1995. The Elements of language Curriculum. Massachucets: Heinle & Heinle Publisher. Budiman, Arief. 2017. Seminar Pendidikan : Implementasi Pendidikan Karakter Profetik dalam Tantangan Global. Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Bunanta, Murti. 2004. Buku Mendongeng dan Minat Membaca. Jakarta. Burgess, S. 2017. Education Systems: Assignment, Admissions, Accountability and Autonomy. In L. Matyas, R. Blundell, E. Cantillon, B. Chizzolini, M. Ivaldi, W. Leininger, et al. (Eds.), Economics without Borders: Economic Research for European Policy Challenges (pp. 159-193). Cambridge: Cambridge University Press, Hal. 160. doi:10.1017/9781316636404.006. Brown, B. 2012. Daring greatly: How the courage to be vulnerable transforms the way we live, love, parent, and lead. Penguin. Choiri, Moh. M. 2017. Peran Pendidikan Karakter dalam Keluarga Sebagai Upaya Pembentukan Kecerdasan Spiritual Anak. Sumber: http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/discovery/article/download/192/187. Diakses pada tanggal 29 November 2017 Crowley, Kevin. 2014. Child Development a Practical Introduction. London: SAGE Publications Ltd. Cunningsworth, Alan. 1995. Choosing Your Coursbook. Oxford: Heinemann. Damon, William. 2002. Bringing in a New Era Education Character. California: Hoover Institution Press. Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Dewantara, K. H. 2011. Bagian Pertama Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa. Dewey, Jhon. 2004. Democracy and Education. Delhi: Aakar Books. ___________. 1997. Experience and Education. United States of America: Kappa Delta Pi. Dimerman, Sara. 2009. Character is The Key: How to Unlock The Best in Our Children and Ourselves. Canada: John Wiley & Sons Canada, Ltd. Djamarah, S. B. 2008. Psikologi Belajar Edisi 2 . Jakarta: Rineke Cipta. Esten, Mursal. 2013. Kesusastraan Pengantar Teori dan Sejarah. Bandung: Angkasa. Evans, C. A., Nelson, L. J., Porter, C. L., & Nelson, D. A. 2012. Understanding Relations Among Children’s Shy and Antisocial/ Aggressive Behaviors and Mother’s Parenting: The Role of Maternal Beliefs. Journal of Merrill-Palmer Quarterly, 58(3), 341-374. Djamas, Nurhayati. 2017. Pendidikan Karakter: Masalah Ketahanan Keluarga dan Masyarakat. Bekasi: PT. Penjuru Ilmu Sejati. Djuanda, Dadan. 2014. Pembelajaran Sastra di SD Dalam Gamitan Kurikulum 2013. Mimbar Sekolah Dasar, Volume 1 Nomor 2 Oktober 2014, Hal. 192-193. Sumber: http://ejournal.upi.edu/index.php/mimbar/article/view/882/616 diakses 20 Juli 2017. Fathurrohman, Pupuh. et al. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama. Fitri, A. Z. 2012. Pendiidkan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Jogjakarta: Ar. Ruzz Media. Garner, Howard. 2006. The development and education of the mind : the selected works of Howard Gardner. New York: Taylor & Francis e-Library. _____________. 2009. Five minds for the future. Harvard Business Review Press. Ghuddah, A. F. A. 2015. Muhammad Sang Guru: Menyibak Rahasia Cara Mengajar Rasulullah. Terjemahan Agus Khudhlori. Temanggung: Armasta. Gill, Roger. 2012. Theory and Practice of Leadership. London: SAGE Publications Ltd. Gill, Scherto & Thomson, Garrett. 2017. Human Centred Education : A Practical Handbook and guide. New York: Routledge. Goelman, Daniel. 2011. Harvard Business Review’s 10 Must Reads on Leadership. Boston: Harvard Business Review Press. Gray, Alex. 2016. The 10 skills you need to thrive in the Fourth Industrial Revolution. Sumber: https://www.weforum.org/agenda/2016/01/the-10-skills-you-need-tothrive -in-the-fourth-industrial-revolution/ diakses pada tanggal 9 Agustus 2017. Hadi, Faisol. 2017. Siswa SD di Gondosari Gebog Kudus di Bully Sadis. Sumber : http://www.murianews.com/2017/07/31/121784/siswa-sd-di-gondosari-gebogkudus- dibully-sadis.html di akses pada tanggal 29 Agustus 2017. Hamdani, D. A. 2014. The Character Education In Islamic Education Viewpoint. Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1, No. 1, June 2014 M/1435 H. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati., Hal. 103. Sumber: http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jpi/article/ view/614/pdf_65 diakses 5 September 2017. Hamid, Hamdani dan Saebani, Ahmad. 2013. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Pustaka Setia. Hamka. 2015. Pribadi Hebat. Jakarta: Gema Insani. _____. 2015. Tafsir Al-Azhar: Jilid 3 Diperkaya dengan Pendekatan Sejarah, Sosiologi, Tasawuf, Ilmu Kalam, Sastra, dan Psikologi. Jakarta: Gema Insani. _____. 2015. Tafsir Al-Azhar: Jilid 6 Diperkaya dengan Pendekatan Sejarah, Sosiologi, Tasawuf, Ilmu Kalam, Sastra, dan Psikologi. Jakarta: Gema Insani. Hart, M. H. 2009. 100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Sejarah. Penerjemah: Ken Ndaru, M. Nurul Islam. Jakarta: Hikmah. Hasanah, Aan. 2013. Pendidikan Karakter Berperspektif Islam. Bandung: Insan Komunika. Hayat, Bahrul. 2017. Seminar Nasional: Pengembangan Perangkat Kurikulum, Model Pembelajaran, dan Perbukuan dalam Peningkatan Mutu Pendiidkan Karakter. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Hendarman, et al. 2017. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan karakter : Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Hidayatulloh, Furqon M. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Bandung: Yuma Pustaka. Hill, Malcolm dan Tisdall, Kay. 1997. Children & Society. London and New York: Longman. Horvathova, Michaela. et al. 2015. Character Education for the 21st Century: What Should Students Learn?. Boston: Center for Curriculum Redesign. Hyde, Brendan. 2016. Holistic religious education – is it possible? The complex web of religion, spirituality and morality. International Journal of Children's Spirituality, Sumber : http://dx.doi.org/10.1080/ 1364436X.2016.1260646 diakses tanggal 4 Oktober 2017. Ibrahim, Nini & Anwar, Muhammad. 2009. Telaah Kurikulum dan Buku Teks Bahasa Indonesia. Jakarta: UHAMKA PRESS. Ikrar, Taruna. 2016. 60 Fakta Kesehatan Mutakhir. IKA Unhas Jabodetabek. Irawati, R. P. 2013. ‘Bahan Ajar Bahasa Indonesia Tematik Berkarakter dan Berbudaya Dengan Sastra Anak Bagi Siswa SD.’ Varia Pendidikan. Vol. 25. No.2. Irawati, R. P. dan Elmubarok, Zaim. 2014. Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Tematik Berkarakter Bagi Siswa SD Melalui Sastra Anak. Jurnal Pendidikan Karakter No. 02. . Uiversitas Negeri Yogyakarta: Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Sumber: http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/download/2179/1816 diakses 13 Juli 2017. Irfani, R. N. 2017. Konsep Teori Belajar dalam Islam Perspektif Al-Quran dan Hadits. TA’DIB, Vol. VI, No. I, (Mei 2017), Hal. 89. Sumber: http://ejournal.unisba.ac.id/index.php/tadib/ article/download/2319/1806. Jamaris, Martini. 2010. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta: Yayasan Penamas Murni. Ja’far, Fathudin. 2017. Talkshow: Dakwah dalam Era Masyarakat Milineal. Depok. Kadir, Abdul. 2014. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana. Kemdikbud. 2016. Membangun Manusia Indonesia Unggul, Berdaya Saing, dan Berkarakter. Sumber: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/ membangun-manusia-indonesia-unggul-berdaya-saing-dan-berkarakter diakses pada tanggal 3 Agustus 2017. Koellhoffer, T. T. 2009. Character Education: Being Fair and Honest. New York: Infobase Publishing. Sutirna. 2013. Perkembangan dan Pertumbuhan Peserta Didik. Yogyakarta: C.V.Andi Offset. Sutjicpto. 2012. Pendidkan Nasional: Arah ke Mana. Jakarta: Kompas. Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Rosdakarya. Suyatno. 2012. Peran Pembelajaran Bahasa dan Sastra dalam Pendidikan Karakter. Jakarta: UHAMKA Press. Sternberg, Robert. 2003. Wisdom, intelligence, and creativity synthesized. Cambridge University Press. Syarbini, Amirulloh. 2012. Buku Pintar Pendiidkan Karakter Panduan Lengkap Mendiidk Karakter Anak di sekolah, Madrasah, dan Rumah. Jakarta: Prima Pustaka. Tafsir, Ahmad. 2016. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Thomas, C. C. 2017. Driving performance excellence through disruptive innovation and visionary leadership. In: Dubai Global Convention 2017 and 27th World Congress on Leadership for Business Excellence and Innovation, 18-20th April 2017, Dubai, UAE. Sumber: http://gala.gre.ac.uk/ 16527/7/16527%20COULSONTHOMAS_Driving_Performance_Excellence_ 2017.pdf diakses pada tanggal 12 Agustus 2017. Thompson, W. G. 2002. The Effects of Character Education on Student Behavior. Electronic Theses and Dissertations. Paper 706. Sumber: http://dc.etsu.edu/etd/706. Tilaar, H. A. R. 1990. Pendidikan Dalam Pembangunan Nasional Menyongsong Abad XXI. Jakarta: Balai Pustaka. Tilaar, H.A.R. & Nugroho, Riant. 2012. Kebijakan Pendidikan Pengantar untuk memahami kebijakan Pendidikan dan Kebijakan Pendidikan sebagai kebijakan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Tim Pengembang. 2005. Pedoman Penulisan Buku Pelajaran: Penjelasan Standar Mutu Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Pusat Perbukuan, Depdiknas. Tomlinson, Brian. 2007. Developing Materials For Language Teaching. London: Continuum. Tracy, Brian. 2016. Just Shut Up and Do itu! 7 Langkah Jitu untuk Meraih Impian Anda. Jakarta: Gramedia. Trianto. 2009. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka. Tripungkasingtyas, S. Y. 2016. Pembelajaran Sastra Di Sekolah Dasar Melalui Karya Sastra Cerita Rakyat Sebagai Salah Satu Bentuk Pengenalan Budaya Nusantara. Konferensi Nasional Bahasa dan Sastra III Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Sebelas Maret. [online] http://s3pbi.fkip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2016/01/SriYuniarti.pdf diakses pada tanggal 20 Juli 2017. Tusriyanto. 2014. Kepemimpinan Spritual Menurut M. Quraish Shihab. Jurnal Akademika, Vol. 19, No. 01, Januari -Juni 2014. Hal. 125. Sumber: http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod= viewarticle&article=279693 diakses 5 Agustus 2017. Ulwan, A. N. 2017. Tarbiyatul Aulad: Pendidikan Anak dalam Islam. Terjemahan Emiel Ahmad. Jakarta: Khatulistiwa Press. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah R.I. Tahun 2010. Terbitan 2011. Bandung: Citra Umbara. Undang-undang Sistem Perbukuan untuk wujudkan Buku Bermutu, Murah, Merata. 2017. Jendela Pendidikan dan Kebudayaan. Media Komunikasi dan Inspirasi. Edisi XIII/ Agustus 2017. Wahab, A. J. 2015. Indeks Kesalehan Sosial Masyarakat Indonesia. Jakarta: Puslitbang Kehidupan Keagamaan. Weber, Robert Philip. 1990. Basic Content Analysis. United Kingdom: Sage Publication. Wellek, Rene & Warren, Austin. 2016. Teori Kesusastraan. Terjemahan Melani Budianta. Jakarta: Gramedia. Wibowo, Agus. 2016. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah (Konsep dan Praktik Implementasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Widyastono, Herry. 2014. Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah dari Kurikulum 2004, 2006, ke Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara. Wulan, Neneng Sri. 2014. Perkembangan Mutakhir Pendidikan Bahasa Indonesia: Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar Universitas Yanti, Prima Gusti. 2011. Sastra Dalam Konstelasi Pendidikan Karakter. Jurnal Educatio Indonesiae Volume 19, No. 2, Desember 2011. Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Kencana. Zinn, J. K. 1990. Full Catastrophe Living: Using the Wisdom of Your Body and Mind to Face Stress, Pain, and Illness. New York: Delacorte. Zubaedi. 2013. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana, Hal. 9. 40% Pengguna Narkoba Pelajar-Mahasiswa. 2017. Koran Sindo, Rabu 15 November 2017: 5. citation: Saputra, Rio dan Suyatno, Suyatno dan Syafii, Imam (2018) Pendidikan Karakter Pada Materi Ajar Sastra Dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Kurikulum 2013. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Uhamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15114/1/SPS_INDONESIA_1509057039_RIO%20SAPUTRA.pdf