eprintid: 15111 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/51/11 datestamp: 2022-06-24 02:57:09 lastmod: 2022-06-24 04:18:08 status_changed: 2022-06-24 02:57:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Asfia, Milla creators_name: Handayani, Trisni creators_id: millaasfia97@gmail.com creators_id: trisni@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0001-5364-0819 title: Pengaruh Program Prakerin Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Pada Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Mahadhika 1 Jakarta ispublished: pub subjects: H divisions: sch_med abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Program Prakerin Terhadap Pendidikan Karakter Siswa di SMK Mahadhika 1 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif. Adapun jumlah populasi 86 responden dalam penelitian ini dan sampel berjumlah 71 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling yaitu cara pengambilan sampel dari anggota populasi dengan menggunakan acak tanpa memperhatikan strata (tingkatan) dalam anggota populasi tersebut. Setelah data dinyatakan berdistribusi normal dan linier berdasarkan uji homogenitas, uji normalitas, uji liniearitas dan analisis varians (ANAVA) maka dilakukan perhitungan regresi linier. Hasil perhitungan regresi linier diperoleh Y= 26,99 + 0,79 (x) dan hasil signifikansi 0,322 karena nilai signifikansi lebih dari taraf a = 0,05 dan hasil perhitungan ANAVA didapat Fhitung < Ftabel yaitu (0,170< 1,76 dan Rhitung>Rtabel(42,132>3,98). Berdasarkan pengujian hipotesis hasil didapat Thitung>Ttabel (6,49>1,99) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, nilai koefisien determinasi (R2) adalah 0,37,9 artinya 37,9% berarti program prakerin berpengaruh terhadap Pendidikan karakter, Sedangkan sisanya sebesar 62,1 % dipengaruhi oleh faktor lain selain program prakerin. Oleh karena itu, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh program prakerin terhadap Pendidikan karakter siswa pada jurusan administrasi perkantoran siswa di SMK Mahadhika 1 Jakarta. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdoel Djalal AR. (2013). Pendidikan Karakter. Percetakan Pengadegan. abdul kadir. (2012). Dasar-Dasar pendidikan. Kencana Prenadamedia Group. Abiyuna, T. (2017). Mplementasi Pendidikan Berkarakter Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Antar Umat Beragama Siswa. 1–10. ADITYA, F. (2014). Analisis Pelaksanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin) Pada Program Keahlian Administrasi Perkantoran Kelas Xi Smk Negeri 4 Surabaya. Jurnal Administrasi Perkantoran (JPAP), 2(1), 1–53. Agama, K. K., & Probolinggo, K. (2017). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER ( PPK ) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS ). 04(01), 81–93. Agus Zaenul Fitri. (2012). Pendidikan Karakter. Ar-Ruzz Media: Jogjakarta. Aisyah M.Ali. (2018). Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenadamedia Group. Akhmad Muhamimin Azzet. (2011). Urgensi pendidikan Karakter Di Indonesia. Ar-Ruzz Media. Arikunto, S. (2007). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Baidi. (2016). Membangun Karakter Bangsa melalui Pendidikan Karakter dan Penanaman Nilai. Yogyakarta: Deepublish. Barnawi. (2012). Strategi & Kebijakan Pembelajaran pendidikan Karakter. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Dalia Rosita Ria Yuliana; Santhy Hawanti; Okto Wijayanti. (2016). Pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Kelas Melalui Manajemen Kelas di Sekolah D. Jurnal Tematik, Vol.9(No 2), 109–114. Dyah Sriwilujeng. (2017a). Panduan Implementasi Penguatan pendidikan Karakter. Erlangga. Dyah Sriwilujeng. (2017b). Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Erlangga. Idris Apandi. (2017). Guru Profesional Bukan Guru Abal-Abal. Yogyakarta: Depublish. Instrumen, P., Program, E., Industri, K., Keahlian, K., & Audio, T. (2014). Pengembangan Instrumen Evaluasi Program Praktik Kerja Industri Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video Smk. Journal of Educational Research and Evaluation, 3(2). Iriani, D. S., & Soeharto, S. (2015). Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Siswa Kompetensi Keahlian Jasa Boga SMK N 3 Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(3), 274. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i3.6835 Kesiapan, T., Siswa, K., Xii, K., & Negeri, S. M. K. (2015). Praktik Kerja Industri 104 (Prakerin) Dan Kontribusinya Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas Xii Smk Negeri 1 Pati. Economic Education Analysis Journal, 4(1), 194–202. Supadi. (2017). Evaluasi Program Praktek Kerja Industri. Susana, N. (2016). Pengelolaan praktik kerja industri. Manajer Pendidikan, 10(6), 579–587. Fatchul Mu’in. (2011). Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik & Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. FurqonHidayatullah. (n.d.). Pendidikan karakter:Membangun Peradaban bangsa. Yuma Pustaka: UNS. 2010. Gunawan, I. (2016). Pengantar Statistika Inferensial. PT RajaGrafindo Persada. H.Fuad Ihsan. (2011). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta. Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(2), 25. https://doi.org/10.26737/jpdi.v1i2.262 Imas Kurniasih. (2017). pendidikan Karakter. Kata pena. masnur mushlics. (2011). pendidikan Karakter Menjawab tantangan Krisis Multidimensial. Jakarta: Bumi Aksara. Maunah, B., & Tulungagung, I. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa the Implementation of Character Education in the Formation of Students’ Holistic Personality. Pendidikan Karakter, 1, 90–101. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615 Oemar Malik. (2007). Manajemen Pelatihan ketenagakerjaan pendekatan terpadu pengembangan Sumber daya manusi. Jakarta: PT Bumi aksara. Hamalik, Oemar. 2005. Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara. Riduwan. (2009). Belajar mudah penelitian untuk guru-karyawan dan peneliti pemula (Akdon (ed.); 6th ed.). alfabeta. Riduwan. (2015). Belajar Mudah penelitian untuk Guru - Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta. Rizki, N. A., Suyadi, B., & Sedyati, R. N. (2018). Pengaruh Praktik Kerja Industri Terhadap Kemampuan Penguasaan Hardskill Siswa Kelas Xi Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan Smk Negeri 5 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 89. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6452 Saifurrohman. (2014). Pendidikan Berbasis Karakter. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 47–54. https://ejournal.unisnu.ac.id/JPIT/article/view/215 Sofan Amri. (n.d.). Implementasi Pendidikan Krakter dalam Pembelajaran. jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya. 2011. 105 Sudana, I. M. (2017). Journal of Vocational and Career Education Keefektifan Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan Berbasis Industri pada Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video. 2(2). Sudjana. (2005). METODA STATISTIKA (6th ed.). Tarsito. Sugiyono. (n.d.). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta. In 2017. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In penelitian (23rd ed., p. 334). alfabeta. Sugiyono. (2017). Metodelogi Penelitian. bandung: Alfabeta. Susana, N. (2016). Pengelolaan praktik kerja industri. Manajer Pendidikan, 10(6), 579–587. Suwarman, S., & Pardjono, P. (2014). Pengelolaan praktik kerja industri pada program keahlian teknik pemesinan SMK se-Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 83–95. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2537 Syahroni, F. (2014). PERSEPSI SISWA TERHADAP MANFAAT PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI DI SMK N 1 LEMBAH GUMANTI. 2(15), 275–281. Tri Hidayati. (2019). Statistika Dasar Panduan bagi Dosen dan Mahasiswa. Jawa Tengah: CV Pena Persada. U. H. Saidah. (2016). Pengantar Pendidikan. Depok: PT RajaGrafindo Persada. Vivi Herlina. (2019). Panduan Praktis Mengolah data Kuisioner Menggunakan SPSS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Wahyudin. (2015). pengolahan data dengan program statistical. Makassar: Lembaga Perpustakaan. Wiratna Sujarweni. (2014). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. Yoga Purandina, I. P., & Astra Winaya, I. M. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270–290. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454 citation: Asfia, Milla dan Handayani, Trisni (2020) Pengaruh Program Prakerin Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Pada Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Mahadhika 1 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15111/1/FKIP_PENDIDIKAN%20EKONOMI_1601085115_MILLA%20ASFIA.pdf