%D 2020 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Program Prakerin Terhadap Pendidikan Karakter Siswa di SMK Mahadhika 1 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif. Adapun jumlah populasi 86 responden dalam penelitian ini dan sampel berjumlah 71 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling yaitu cara pengambilan sampel dari anggota populasi dengan menggunakan acak tanpa memperhatikan strata (tingkatan) dalam anggota populasi tersebut. Setelah data dinyatakan berdistribusi normal dan linier berdasarkan uji homogenitas, uji normalitas, uji liniearitas dan analisis varians (ANAVA) maka dilakukan perhitungan regresi linier. Hasil perhitungan regresi linier diperoleh Y= 26,99 + 0,79 (x) dan hasil signifikansi 0,322 karena nilai signifikansi lebih dari taraf a = 0,05 dan hasil perhitungan ANAVA didapat Fhitung < Ftabel yaitu (0,170< 1,76 dan Rhitung>Rtabel(42,132>3,98). Berdasarkan pengujian hipotesis hasil didapat Thitung>Ttabel (6,49>1,99) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, nilai koefisien determinasi (R2) adalah 0,37,9 artinya 37,9% berarti program prakerin berpengaruh terhadap Pendidikan karakter, Sedangkan sisanya sebesar 62,1 % dipengaruhi oleh faktor lain selain program prakerin. Oleh karena itu, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh program prakerin terhadap Pendidikan karakter siswa pada jurusan administrasi perkantoran siswa di SMK Mahadhika 1 Jakarta. %T Pengaruh Program Prakerin Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Pada Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Mahadhika 1 Jakarta %I Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka %L repository15111 %A Milla Asfia %A Trisni Handayani