eprintid: 15109 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/51/09 datestamp: 2022-06-24 07:59:12 lastmod: 2022-06-24 07:59:12 status_changed: 2022-06-24 07:59:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Syafa’ah, Siti creators_name: Darma, Yoce Aliah creators_name: Solihati, Nani creators_id: nani_solihati@uhamka.ac.id title: Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Berpikir Logis Terhadap Menulis Laporan Observasi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kota Tangerang ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: Metode Pembelajaran, berpikir logis, Menulis abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan metode Group Investigation dengan metode Student Teams Achievement Division dan berpikir logis dalam menulis laporan observasi siswa kelas X SMA Negeri 2 kota Tangerang. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kota Tangerang pada semester 2 tahun ajaran 2018-2019. Sampel penelitian ini berjumlah 60 orang siswa dari kelas X MIPA dan X IIS yang seluruhnya diteliti. Instrumen berupa tes uraian dan pilihan ganda. Uji normalitas menggunakan uji Liliefors maka diketahui Lhitung kelompok siswa yang diberi motode pembelajaran Student Teams Achievement Division (A1) diperoleh harga sebesar 0,0649 sementara L-tabel untuk n = 30 diperoleh harga 0,161. Hipotesis nihil yang menyatakan bahwa sampel berasal dari populasi berdistribusi normal diterima jika L-hitung lebih kecil dari L-tabel. Berdasarkan hasil yang diperoleh terlihat bahwa L-hitung (0,0649) lebih kecil dari L-tabel (0,161) sehingga hipotesis nihil yang menyatakan sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal diterima. Selain uji normalitas, salah satu syarat yang diperlukan dalam menganalisis data dengan menggunakan ANAVA adalah uji homogenitas. Ringkasan hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan X2hitung = 2,89 lebih kecil dari X2tabel = 87,46 dengan db k = 3 pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian hipotesis nol diterima. Ini berarti bahwa varians populasi bersifat homogen. Dari pengujian yang terpenuhi oleh data penelitian yang akan diolah dengan teknik analisis varians sudah terpenuhi. Rerata hasil belajar kelompok siswa yang memperoleh metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (μA1 = 85) lebih tinggi daripada rerata kemampuan menulis laporan observasi kelompok siswa yang memperoleh metode pembelajaran Group Investigation (μA2 = 77,66). Dari data yang sudah didapat, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran dan berpikir logis dengan menulis laporan observasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Kota Tangerang. date: 2018-08-27 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Uhamka department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta. Astuti, Dwi 2013. Bahasa Indonesia Untuk SMA/MA/SMK/MAK/Kelas 10A. Jakarta: HaKa MJ. Atar Semi, M. 2007. Dasar–dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa. Barnawawi dan M. Arifin, 2014. Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media. Dyer, Laura, 2009. Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak. Jakarta : Gramedia. Hardini, Isriani & Dewi Puspitasari, 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu Yogyakarta:Familia. Hikmat, Ade dan Nani Solihati, 2013. Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia. Huda, Miftahul. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Ibrahim, Nini 2012. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: UHAMKA PRESS. Iba, Chairil, dkk. 2015. Pedoman Menulis Karya Ilmiah Skripsi, Artikel, dan Makalah. Jakarta: UHAMKA. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2011. Bahasa Indonesia Eksperi Diri dan Akademik. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif. Kennedy, Mary Lynch, William J. Kennedy dan Hadley M. Smith. 1985. Writing in the Disciplines Patti : McConville. Kusuma, Suherli. 2012. Guru Bahasa Indonesia Profesional. Jakarta : Multi Kreasi Satudelapan. Ma’mur Asmani, Jamal, 2014. 7 Aplikasi Pakem. Jogjakarta: DIVA Press. Mulyasa, 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. Nazir, Moh. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia. Nurgiyantoro, Burhan, 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta : BPFE. Aek Phakiti. 2014. Experimental Research Methods in Language Learning. USA: Bloomsbury. Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Bandung : Raja Grafindo Persada. S. Stuart, Timothy dan Cherly G. Bostrom, 2008. Children At Promise Jakarta: Bhuana Ilmu Populer. Santoso, Teguh, 2011. Metode Membaca Secepat Kilat. Jakarta: Pustaka Widyatama. Sudjana. 2009. Metoda Statistik. Bandung : Alfabeta. Sugiyono. 2014. Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung : Alfabeta. ------------. 2013. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta. Sukino, 2010. Menulis Itu Mudah. Yogyakarta:Pustaka Populer. Sumardi, 2006. Password Menuju Sukses. Jakarta: Erlangga. Taniredja, Tukiran, Efi Miftah Faridli dan Sri Harmianto, 2012. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta. Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa. citation: Syafa’ah, Siti dan Darma, Yoce Aliah dan Solihati, Nani (2018) Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Berpikir Logis Terhadap Menulis Laporan Observasi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kota Tangerang. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Uhamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15109/1/SPS_INDONESIA_1509057034_SITI%20SYAFAAH.pdf