eprintid: 15107 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/51/07 datestamp: 2022-06-25 05:28:58 lastmod: 2022-06-30 11:03:52 status_changed: 2022-06-25 05:28:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Amelia, Fera creators_name: Handayani, Isnaini creators_id: feraameliac08@gmail.com creators_id: isnaini_handayani@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0003-3436-8981 title: Hubungan Antaran Religiusitas Siswa Terhadap Resiliensi Matematis Pada Siswa SMA Muhammadiyah 1 Depok ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat religiusitas siswa SMA Muhammadiyah 1 Depok, (2) mengetahui tingkat resiliensi matematis siswa SMA Muhammadiyah 1 Depok, (3) mengetahui hubungan apakah terdapat hubungan antara religiusitas siswa dengan resiliensi matematis pada siswa SMA Muhammadiyah 1 Depok. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik korelasi. Sampel yang digunakan berjumlah 82 siswa SMA Muhammadiyah 1 Depok. Pengumpulan data variabel dengan cara menyebar kuisioner menggunakan google form dan diisi oleh siswa secara online. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reabilitas menggunakan Croanbach’s Alpha. Uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Kemudian untuk pengujian hipotesis mengunakan analisis korelasi product moment. Hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan singnifikan dengan tingkat hubungan rendah antara religiusitas siswa dengan resiliensi matematis. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi dengan nilai rXY = 0,341, koefisien determinasi r2=0,116=11,6%. hal ini menunjukan 11,6 % resiliensi matematis dipengaruhi oleh religiusitas siswa sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aisha, D. L., & Yuwono, S. (2014). Hubungan Antara Religiusitas Dengan Resiliensi Pada Remaja Di Panti Asuhan Keluarga Yatim Muhammadiyah Surakarta. Naskah Publikasi, 1, 1–14. Al Amin, M. (2017). Klasifikasi Kelompok Umur Manusia Berdasarkan Analisis Dimensifraktal Box Counting Dari Citra Wajah Dengan Deteksi Tepi Canny. MATHunesa, 2(6), 33- 42. Arikunto, Suharsimi. (2016). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta. . (2018). Dasar – dasar ilmu evaluasi pemdidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Cahyani, E. P., Wulandari, W. D., Rohaeti, E. E., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar Dan Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Numeracy, 5(1), 49–56. Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 129–136. Firmiana, M. E. (2012). Ketimpangan Relijiusitas Dengan Perilaku: Hubungan Religiusitas Dengan Perilaku Seksual Pra Nikah Remaja SMA/Sederajat Di Jakarta Selatan. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 1(4), 239–245. Hendriani, Wiwin. (2018). Resiliensi Psikologis Sebuah Pengantar. Jakarta Timur: Prenadamedia Group. Ismail, W. (2009). Analisis Komparatif Perbedaan Tingkat Religiusitas Siswa Di Lembaga Pendidikan PESANTREN, MAN, Dan SMUN . Jurnal Lentera Pendidikan, 12(1), 87–102. Kooken, J., Welsh, M. E., McCoach, D. B., Johnston-Wilder, S., & Lee, C. (2015). Development and Validation of the Mathematical Resilience Scale. Measurement and Evaluation in Counseling and Development, 49(3), 1–26. Mardhiyana, D., & Jailani, J. (2018). Pengembangan Model Asesmen Pembelajaran Matematika SMA Berdasarkan Kurikulum 2013 Developing Of Assessment Model Of Mathematics Learning In Senior High School Based On Curriculum 2013. Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan UNY, 12(2), 135–148. Nadzir, A. I., & Wulandari, N. W. (2013). Hubungan Religiusitas Dengan Penyesuaian Diri Siswa Pondok Pesantren. Jurnal Psikologi Tabularasa, 8(2), 698–707. Prapanca, Pandu. (2017). Pengaruh Tingkat Religiusitas Terhadap Self Resiliensi Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Karanganyar The Effect Of Religiousity On X Grader Student Self-Resilience In The High. E-Journal Bimbingan Konseling, 1, 62–70. Rahmawati, C., & Zhanty, L. S. (2019). Analisis Kemamampuan Komunikasi Siswa Menengah Terhadap Resiliensi Matematis. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, X(X), 147–154. Rustan, E., & Bahru, M. S. (2018). Penguatan Self Confidence dalam Pembelajaran Matematika melalui Metode Suggestopedia. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 1–14. Sahrudin. (2017). Peran Konsep Diri, Religiusitas, Dan Pola Asuh Islami Terhadap Kecenderungan Perilaku Nakal Remaja Di Cirebon. Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(1), 50–62. Saraswati, P., Alfarabi, A., & Dayakisni, T. (2017). Religiusitas Dengan Flow Akademik Pada Siswa. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 3(2), 145–154. Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sukriadi, S., Basir, A., & Rusdiana, R. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Sudut Dan Garis Di Kelas VII MTs Normal Islam Samarinda. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(2), 65–73. Wijayanti, T. (2016). Keefektifan Pendekatan CTL Dan Problem Solving Ditinjau Dari Prestasi Belajar Matematika Dan Religiusitas Siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 213–223. Yanuarto, W. N. (2016). Penggalian Nilai Karakter Religiusitas Siswa Melalui Kontekstual Matematika. Math Didactic: Jurnal Penidikan Matematika, 2(1), 52–58. Zanthy, L. S. (2018). Kontribusi Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan. Jurnal Mosharafa, 7(1), 85–94. citation: Amelia, Fera dan Handayani, Isnaini (2020) Hubungan Antaran Religiusitas Siswa Terhadap Resiliensi Matematis Pada Siswa SMA Muhammadiyah 1 Depok. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15107/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105025_FERA%20AMELIA.pdf