eprintid: 15106 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/51/06 datestamp: 2022-06-25 05:29:06 lastmod: 2022-06-30 10:50:50 status_changed: 2022-06-25 05:29:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Septiani, Diah Rosa creators_name: Purwanto, Sigid Edy creators_id: diahrosasptni28@gmail.com creators_id: sigid@uhamka.ac.id title: Hubungan Antara Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII Berdasarkan Gender di SMP Negeri 5 Depok ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Peneilitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII berdasarkan gender di SMP Negeri 5 Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Pada uji validitas dengan menggunakan Korelasi Product Moment, untuk instrumen hasil belajar matematika sebanyak 8 soal essay dengan 5 soal valid dan 3 soal tidak valid sedangkan untuk kuisioner kepercayaan diri sebanyak 20 butir pernyataan dengan 13 pernyataan valid dan 7 pernyataan tidak valid. Selanjutnya dilakukan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach diperoleh Rhitung0,733 untuk instrumen hasil belajar matematika dan 0,7752 untuk kuisioner kepercayaan diri. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors Galat Taksiran Y terhadap X diperoleh L0 = 0,077 < Ltabel = 0,1519, karena L0 < Ltabel maka H0 diterima dan dapat disimpulkan bahwa data berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Pada uji hipotesis digunakan uji-t independent sample dan uji koefisien korelasi pearson product moment. Uji-t independent sample untuk menentukan perbedaan kepercayan diri peserta didik laki-laki dan perempuan diperoleh thitung = 0,9877 < ttabel = 2,04 dengan kesimpulan tidak terdapat perbedaan kepercayaan diri antara peserta didik laki-laki dan perempuan. Kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan uji koefisien korelasi pearson product moment dan diperoleh rxy = 0,731 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kepercayaan diri dengan hasil belajar matematika peserta didik. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Adhia, H., & Ardila, D. (2017). Hubungan Percaya Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Solok. 2(1), 637915. Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. In Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT) (Vol. 392). https://doi.org/10.1007/s00423-006-0143-4 Afiatman, N. H., Samparadja, H., & Anggo, M. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(3), 1. https://doi.org/10.36709/jppm.v7i3.9277 Afifah, A. dkk. (2019). Studi Komparasi Tingkat Kepercayaan Diri (Self Confidence) Siswa antara Kelas Homogen dengan Kelas Heterogen di Sekolah Menengah Atas. Happiness, 3(1), 43–53. Agustyaningrum, N., & Suryantini, S. (2017). Hubungan Kebiasaan Belajar dan Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 27 Batam. JIPMat, 1(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1242 Amalia, M., Kurniawan, H., & Budiyono. (2019). Hubungan Kecerdasan Interpersonal dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 228–233. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28916/12645 Arikunto, S. (2003). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Budiani, M. S., Mulyana, O. P., & Puspitadewi, N. W. S. (2020). Peran Kepercayaan Diri dan Kemampuan Multitasking terhadap Readiness to Change pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 10(2), 150–162. Dachi, S. W. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Strategi Belajar Small Group Work pada Mahasiswa Jurusan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1). https://doi.org/10.30596/edutech.v3i1.989 Delina, D., Afrilianto, M., & Rohaeti, E. E. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self Confidence Siswa SMP Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 281–288. Dinnullah, R. N. I. (2019). Perbedaan Model Problem Based Learning dan Discovery-Inquiry Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 1–8. Egok, A. S. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 186. https://doi.org/10.21009/JPD.072.01 Emzir. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitaif & Kualitatif. Depok: Rajawali Pers. Faradhila, N., Imam, S., & Yemi, K. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Pada Materi Pokok Luas Permukaan Serta Volume Prisma dan Limas Ditinjau dari Kemampuan Spasial Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi UNS, 1(1), 67–74. Fitriani, N. (2015). Hubungan Antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Self Confidence Siswa SMP yang Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Euclid, 2(2). Fitriani, W. (2017). “Analisis Self-Efficacy dan Hasil Belajar Matematika Siswa di MAN 2 Batusangkar Berdasarkan Gender.” Agenda, 1(1), 141–158. Hasbullah, H. (2016). Pengaruh Metode Belajar dan Rasa Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 4(2). https://doi.org/10.12928/admathedu.v4i2.4795 Hernanda, H., & Soemarmo, U. (2014). In Penilaian Pembelajaran Matematika (p. 58). Bandung: Refika Aditama. Kadir, K. (2011). Impelementasi Pendekatan Pembelajaran Problem Posing dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(2), 203. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i2.18 KBBI. (2020, April 16). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Retrieved from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/belajar KBBI. (2020, April 16). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Retrieved from Kamus Besar Bahasa Indonesia: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/hasil. Komara, I. B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa SMP. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 33. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4474 Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118 Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama. Milsan, A. L., & Wewe, M. (2019). Hubungan Antara Kecerdasan Logis Matematis Dengan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Technology, 2(2), 65. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16183 Najichun, M., & Winarso, W. (2016). The Relationship of Students ’ Perception About the Mathematics Teacher With Students Learning Math Results. Jurnal Psikologi Undip, 15 No.2(79263), 139–146. Ningsih, G., & Sari, R. N. (2017). Hubungan Rasa Percaya Diri dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 16 Batam Tahun Pelajaran 2016/2017. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 78–84. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i1.1038 Noviyana, I. N., Dewi, N. R., & Rochmad, R. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Confidence. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 704–709. Nurika, B., & Asyanti, S. (2016). Hubungan Antara Konsep Diri denganKepercayaan Diri Remaja yang Mengunggah Foto Selfie Di Instagram (Ditinjau Dari Jenis Kelamin dan Usia). Naskah Publik : Universitas Muhammadiyah Surakarta, 23(45), 5–24. Nursaptini, N., Syazali, M., Sobri, M., Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Profil Kemandirian Belajar Mahasiswa dan Analisis Faktor yang Mempengaruhinya: Komunikasi Orang Tua dan Kepercayaan Diri. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 85. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.711 Parsons, S., Croft, T., & Harrison, M. (2011). Engineering Students’ Self-Confidence In Mathematics Mapped Onto Bandura’s Self-Efficacy. Engineering Education, 6(1), 52–61. https://doi.org/10.11120/ened.2011.06010052 Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri “X.” Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 7(1), 43. https://doi.org/10.26740/jptt.v7n1.p43-49 Rahmadhani, E. (2018). Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL): Peningkatan Disposisi Matematika dan Self-Confidence Mahasiswa Tadris Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 159–167. https://doi.org/10.21831/jrpm.v0i0.20962 Regina, F., Relita, D. T., & Kurniati, A. (2016). Hubungan antara Rasa Percaya Diri dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Karya Sekadau Tahun Pelajaran 2014/2015. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 51–66. Slameto, D. (2018). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito. Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta. Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1), 29–39. https://doi.org/10.30998/formatif.v1i1.61 Sulasteri, S., Rahman, U., Wahyuni, S., & Sriyanti, A. (2019). Application of Savi Approach by Integrating Verses of Al-Quran in Terms of Motivation and Students Learning Outcomes in Mathematics Pendahuluan. 05(02), 243–258. Sulistiana, Sriyono, & Nurhidayati. (2013). Pengaruh Gender , Gaya Belajar , Dan Reinforcement Guru Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri Se- Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Radiasi, 3(2), 102–106. Vandini, I. (2016). Peran Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 210–219. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.646 Wiranatha, F. D., & Supriyadi, S. (2015). Hubungan Antara Citra Tubuh Dengan Kepercayaan Diri Pada Remaja Pelajar Puteri Di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 2(1), 38–47. https://doi.org/10.24843/jpu.2015.v02.i01.p04 citation: Septiani, Diah Rosa dan Purwanto, Sigid Edy (2020) Hubungan Antara Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII Berdasarkan Gender di SMP Negeri 5 Depok. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15106/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105014_DIAH%20ROSA%20SEPTIANI.pdf