eprintid: 15102 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/51/02 datestamp: 2022-06-27 01:21:25 lastmod: 2022-06-27 01:21:25 status_changed: 2022-06-27 01:21:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Budiarti, Iis Giri creators_name: Handayani, Sri Lestari creators_id: Iisgiribdarti@gmail.com creators_id: srilestarih@uhamka.ac.id title: Pengaruh Model Problem Based Instruction Melalui E-Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Perpindahan Kalor Kelas V SDN Jatisampurna X ispublished: unpub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan model Problem Based Instruction pada peserta didik kelas V SDN Jatisampurna X Pada Semester 2 Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Pre-Experimental design bentuk One Group Pretest Posttest, sampel yang digunakan sampel jenuh. Populasi pada penelitian ini seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 57 peserta didik dan sampel yang digunakan ialah kelas V-A berjumlah 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tes tertulis (Pretest-posttest). Teknik analisis data menggunakan uji normalitas lilliefors, uji fisher, dan uji t beda dua mean data berpasangan. Pada Uji Validitas dengan menggunakan Korelasi Product Moment Sebanyak 15 Soal Essay dengan 11 soal valid dan 4 soal tidak valid. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha memperoleh Rhitung =0,716>Rtabel = 0,60 maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data analisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors diperoleh Lhitung = 0,0926 < Ltabel = 0,173 untuk Pretest, dan Lhitung = 0,077859 < Ltabel = 0,173 untuk Posttest maka dapat disimpulkan bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal, sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung 1,666 < Ftabel =1,99 Maka dapat disimpulkan data tersebut homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh Thitung 9,62>Ttabel 1,70 dengan demikian, maka Ho ditolak dan H1 diterima yang menyatakan bahwa adanya pengaruh model Problem Based Instruction terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik materi perpindahan kalor kelas V SDN Jatisampurna X. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ahmatika, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Pendekatan Inquiry/Discovery. Jurnal Euclid, vol.3, No.1, p.394, 3(2355–1712), 394–403. https://doi.org/10.33603/e.v3i1.324 Amelia, A. (2014). Penerapan Model Problem Based Instruction (Pbi) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 1(1), 1–8. Ardayati, & Zesti, H. (2018). Concept Oriented Reading Insturuction (CORI) Strategy In Teaching Reading Comprehension To Secondary Education Level Student. Proceedings of the Sixth International Conference on English Language and Teaching (ICOELT-6), 6, 8–13. Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Ariyati, E. (2010). Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA Vol 1. no 2 Juli 2010, 1(2), 1–13. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v1i2.194 Chandrawati, S. R. (2010). Pemamfaatan E-Learning dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 8 No 2(101–203), 172–180. Elyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta, 56(1829–7463), 3. Fakhriyah, F. (2016). Pengaruh Model Problem Based Instruction Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1), 74–80. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.559 Febriani, D., & Suryanti. (2018). Pengaruh Penggunaan Model PBI (Problem Based Instruction) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SDN WAGE II Taman SIDOARJO. JPGSD Volume 06 Nomor 11 Tahun 2018, Halaman 1990-1999, 06(2), 1990–1999. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i2.11672 Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah. (n.d.). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Kreano 10 (1) (2019): 68-77, volume 10(1), 68–76. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822 Hidayati, N. (2010). Sistem E-Learning Untuk Meningkatkan Proses Belajar Mengajar : Studi Kasus SMA NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG. Jurnal TELEMATIKA MKOM, 2 No 2(2085-725X), 153–170. https://doi.org/10.23887/janapati.v5i3.9922 Ismaimuza, D. (2011). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 2 Nomor 1 Januari 2011, 2(1), 11–20. Karitas, D. (2017). Panas dan Perpindahannya: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Tema 6. Kementerian Pedidikan dan Kebudayaan. Khanafiyah, S., & Yulianti, D. (2013). Model Problem Based Instruction Pada Perkuliahan Fisika Lingkungan untuk Mengembangkan Sikap Kepedulian Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 9 (2013) 35-42, 9(1693–1246), 35–42. Kusdiwelirawan, A. (2014). Statistika Pendidikan (2 ed.). UHAMKA PRESS. Liberna, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode Improve pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Formatif2(3): 190-197 ISSN: 2088-315X, 2, 190–197. Listiowati, A. D. (2013). Penerapan Model Problem Based Instruction dengan Pendekatan Predict-Observe-Explain. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 7, No. 2, 2013, hlm 1189-1200, 7(2), 1189–1200. Mabruroh, F., & Suhandi, A. (2017). Construction Of Critical Thinking Skills Test Instrument Related The Concept On Sound Wave. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series, 812(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001 Muah, T. (2016). Penggunaan Pembelajaran Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas9B Semester Gasal Tahun Pelajaran 2014/2015 SMP NEGERI 2 TUNTANG - SEMARANG. Scholaria, Vol. 6, No. 1, Januari 2016: 41 - 53, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p41-53 Muhammad, N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Penilaian Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1 tahun 2016, 4(1), 1–11. Rachmadtullah, R. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 287–298. https://doi.org/10.21009/jpd.062.10 Riadi, E. (2014). Metode Statistika: Parametik & Non Parametrik. Pustaka Mandiri. Rozhana, K. M., & Fidiastuti, H. R. (2017). Model Problem Based Intruction Berbantuan Mind Mapping pada Materi Permasalahan Sosial di Lingkungan Setempat untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2, 198–204. Safrina, R., Riswandi, & Sugiman. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based learning terhadap Kemampuan Bepikir Kritis di Kelas IV. Jurnal Pendidikan Geografi, 1–9. Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher OrderThinking Skills). Tanggerang: Tira Smart. Sari, N. L., Suwignyo, H., & Utaya, S. (2017). Penerapan Model Pembelajarab Problem Based Insturction untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN KELAYAN BARAT 3. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM Vol. 3 No. 1, 3(1), 21–26. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. ALFABETA. Suharyanto, & Mailangkay, A. B. . (2016). Penerapan E-Learning Sebagai Alat Bantu Mengajar dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Widya, 3 No 4(2337–6686), 17–21. https://doi.org/10.1016/j.neubiorev.2016.02.001 Susanti, E. D. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Disertai Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Dan Retensi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika Sma (Studi Pada Kelas X Mia Sman Arjasa Jember). Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 4 No 3. Desember 2015, hal 255-260, 4(3), 255–260. Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar (hal. 121). Prenadamedia Group. Walfajri, R. U., & Harjono, N. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Tematik Muatan IPA Melalui Problem Based Learning Kelas 5 SD. Jurnal Basicedu Volume 3 Nomor 1 Tahun 2019 Halaman 16- 20, 3(2), 16–20. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.406 Yustanti, I., & Novita, D. (2019). Pemanfaatan E-Learning Bagi Para Pendidik Di Era Digital 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional, 338–346. https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/download/2543/2357 citation: Budiarti, Iis Giri dan Handayani, Sri Lestari (2020) Pengaruh Model Problem Based Instruction Melalui E-Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Perpindahan Kalor Kelas V SDN Jatisampurna X. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15102/1/-FKIP_PGSD_1601025008_IIS%20GIRI%20BUDIARTI.pdf