eprintid: 15100 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/51/00 datestamp: 2022-06-21 09:06:51 lastmod: 2022-06-21 09:06:51 status_changed: 2022-06-21 09:06:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Wibowo, Hari creators_name: Mustika, Sri creators_name: Puspita, Virienia creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Representasi Perempuan Ideal pada Advertorial Susu Entrasol Diet Nutrition di Majalah Kartini (Analisis Wacana Kritis Sara Mills) ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan representasi perempuan Ramping dan Ideal pada advertorial susu Entrasol Diet Nutrition yang ada di majalah Kartini. Hal yang menarik perhatian peneliti adalah kecenderungan perempuan dipilih hanya sebagai alat untuk mewakili produk yang dijual dengan segala aspek keindahan fisiknya. Perempuan kerapkali hanya dimanfaatkan keindahan tubuhnya demi menciptakan unsur keindahan bagi produk yang diiklankan. Eksploitasi keindahan fisik perempuan semata untuk menciptakan keuntungan kaum kapitalis. Namun eksploitasi fisik perempuan dalam iklan tidak hanya dari segi visual saja, tetapi eksploitasi perempuan juga telah dilakukan melalui wacana pada advertorial. Penelitian ini dilakukan dengan paradigma kritis. Untuk menganalisis kasus tersebut, peneliti menggunakan analisis wacana Sara Mills sebagai metode analisis yang melihat bagaimana perempuan ditampilkan dan diposisikan pada teks wacana advertorial. Penelitian ini juga bertujuan untuk membongkar praktik ideologi yang berperan dibalik pembentukan wacana representasi perempuan ideal pada advertorial Entrasol Diet Nutrition. Bagaimana perempuan direpresentasikan bentuk tubuh idealnya berdasarkan kepentingan para pemilik modal yang dipaparkan melalui susunan teks dalam advertorial. Hasil analisis memperlihatkan bahwa susunan teks dalam wacana advertorial ini berusaha memberikan sebuah idealisasi bentuk tubuh perempuan ideal yaitu perempuan dengan tubuh yang langsing. Sehingga pada wacana ini pembaca (calon konsumen) telah digiring oleh sebuah konstruksi bahwa perempuan yang ideal yaitu perempuan yang bertubuh langsing sesuai idealisasi ideologi kapitalisme dan ideologi patriarkhi yang berperan dalam representasi perempuan pada advertorial Entrasol Diet Nutrition. Representasi perempuan ideal pada tataran wacana advertorial ini dipengaruhi oleh ideologi patriarki dan kapitalisme yang dipegang oleh pemilik produk (pemilik modal) serta pembuat iklan. Sehingga kehadiran sosok perempuan yang digambarkan melalui wacana bukanlah mewakili keberadaan pribadinya, melainkan keberadaan perempuan tersebut hanya mewakili produk yang dipasarkan tersebut. date: 2011 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Ardianto. Elvinaro. Komala, Lukiati dan Siti Karlinah. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Edisi Revisi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media. Barker. Chris. 2005. Cultural Studies : Teori dan Praktik. Yogyakarta : Penerbit Bentang. Bungin. Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan, Publik dan Ilmu Sosial. Jakarta : Prenada Media Group. Cangara. Hafield. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Effendy. Onong Uchjana. 1989. Kamus Komunikasi Indonesia, Bandung ; CV. Mandar Maju. Effendy. Onong Uchjana. 2000. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Effendy. Onong Uchjana. 2006. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Eriyanto. 2001. Analisis Wacana : Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta : LKIS. Fiske. John. 1990. Introduction to Communication Studies. 2nd Edition, London : Routledge. Fiske. John. 2007. Cultural and Communication Studies. Sebuah Pengantar Paling Komprehensif, Cetakan ketiga. Yogyakarta : Jalasutra. Gunadi. Y.S. 1998. Himpunan Istilah Komunikasi, Jakarta : PT. Grasindo. Hardt. Hanno. 2005. Critical Communication Studies : Sebuah Pengantar Komprehensif Sejarah Pertemuan Tradisi Kritis Eropa dan Tradisi Pragmatis Amerika. Yogyakarta : Jalasutra. Ibrahim, Idy Subandi dan Hanif Suranto. 1998. Wanita dan Media : Konstruksi Ideologi Gender dalam Ruang Publik Orde Baru. Bandung ; Remaja Rosda Karya. Kasiyan. 2008. Manipulasi dan Dehumanisasi Perempuan dalam Iklan. Yogyakarta : Penerbit Ombak. Kriyantono. Rahmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group. Lee, Monle dan Carla Johnson. 2007. Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global. Jakarta : Kencana. Mappadjantji. Amien. 2005. Kemandirian Lokal (Konsepsi Pembangunan, Organisasi, dan Pendidikan dari Perspektif Sains Baru). Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama. Mulyana. Dedy. 2001. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosda Karya. Mulyana. Dedy. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosda Karya. Pawito. 2009. Komunikasi Politik : Media Massa dan Kampanye Pemilihan, Yogyakarta : Jalasutra. Ratna Dewi. Liza Dwi. 2008. Teori Komunikasi Pemahaman dan Terapan. Jakarta : Renata Pratama Media. Shoemaker, Pamela. J dan Stephen D. Reese. 1996. Mediating the Message : Theories of Influences On Mass Media Content (Second Edition), Longman Publishers USA. Sobur. Alex. 2006. Analisis Teks Media. Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Sumiarni. Endang. 2004. Gender dan Feminisme, Yogyakarta : Jalasutra. Said Ramadhan. 2006. Representasi Perempuan dalam Iklan Shampo (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Gambar Iklan Shampo Sunsilk dan Dove di Media Cetak). Jakarta: Komunika UHAMKA Defina Martalisa. 2006. Penggambaran Tubuh Perempuan di Media Cetak dalam Perspektif Feminisme (Analisis Wacana Kritis di Majalah Popular). Jakarta: IISIP. Moch. Syaiful Arief. 2005. Penggambaran Citra Wanita dalam Iklan di Majalah Popular (Edisi Januari-Desember 2003). Jakarta : IISIP. www.kalbenutritionals.com Company Profile Majalah Kartini, 2005, Jakarta. citation: Wibowo, Hari dan Mustika, Sri dan Puspita, Virienia (2011) Representasi Perempuan Ideal pada Advertorial Susu Entrasol Diet Nutrition di Majalah Kartini (Analisis Wacana Kritis Sara Mills). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15100/1/FISIP_ILKOM_0606015030_HARI%20WIBOWO.pdf