eprintid: 15098 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/50/98 datestamp: 2022-06-22 02:46:28 lastmod: 2022-06-22 02:46:28 status_changed: 2022-06-22 02:46:28 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Lutvianti, Lutvianti creators_name: Suyatno, Suyatno creators_name: Emzir, Emzir creators_id: emzir.emzir@unj.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Membaca Dengan Keterampilan Menulis Argumentasi Ssiswa Kelas x MA Aal-Wathoniyah 43 Jakarta Utara. ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: Kemampuan Berpikir, Berpikir Kritis, Minat membaca, Keterampilan menulis, menulis argumentasi abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Membaca dengan Keterampilan Menulis Argumentasi siswa kelas X MA Al-Wathoniyah 43 Jakarta Utara. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September – Oktober 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MA Al-Wathoniyah 43 Jakarta Utara berjumlah 62 siswa, pengambilan sampel dapat diambil secara acak ( random sampling) dari populasi. Sampel yang diambil hanya 30 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif koresional. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran pertanyaan, angket dan tes pada nilai keterampilan menulis argumentasi. Data tersebut di analisis dengan menggunakan rumus Product Moment, sehingga diperoleh hasil (ry1) rhitung 0,259 dan (ry2) rhitung 0,852 dengan taraf signifikan (a) 0,95. Uji signifikansi korelasi dilakukan uji-t khusus untuk korelasi yang menghasilkan (ry1) thitung sebesar 14,68 dan (ry2) thitung 4,91. Dalam tabel diketahui ttabel pada taraf signifikansi (a) 0,95 dengan derajat kebebasan (dk) 28 adalah 1,70. Dapat terlihat hasilnya, diperoleh (ry1) thitung sebesar 14,68 > ttabel 1,70 maka Ho ditolak sedangkan Hi diterima dan (ry2) thitung sebesar 14,68 > ttabel 1,70 maka Ho ditolak sedangkan Hi diterima. Berdasarkan kriteria tingkat korelasi di atas, di peroleh r hitung sebesar 0,259 yang berarti berada diantara 0,20 sampai 0,40 dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MA Al- Wathoniyah 43 Jakarta Utara mempunyai hubungan yang rendah, karena kemampuan berpikir kritis akan mempengaruhi keterampilan menulis argumentasi pada siswa. Sedangkan tingkat korelasi di atas rhitung sebesar 0,852 yang berarti berada diantara 0,70 sampai 0,90 dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai minat membaca siswa kelas X MA Al- Wathoniyah 43 Jakarta Utara mempunyai hubungan yang kuat atau tinggi, karena minat membaca akan mempengaruhi keterampilan menulis argumentasi pada siswa. date: 2018-02-26 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Alek & Achmad H.P. 2011. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Prenada Media Group. Al-Uqshari, Yusuf. 2005. Melejit dengan Kreatif. Jakarta: Gema Insani. Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. . 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa. Fajrianthi, Wiwin Hendriani. 2016. Pengembangan Tes Berpikir Kritis dengan Pendekatan Item Response Theory. Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Harjanto, Bob. 2011. Merangsang dan Melejitkan Minat Baca Anak Anda. Yogyakarta: Manika Books. Hikmat, Ade. 2009. Kemampuan Apresiasi Pendekatan Pembelajaran dan Minat Baca Cerpen. Jakarta: Uhamka Press. Hayon, Josep. 2003. Membaca dan Menulis Wacana. Jakarta: Grafika. Hidayat, Wahyu. 2012. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematika Siswa SMA Melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk- Write ( MIPA UNY). Kuncoro, Mudrajad. 2009. Mahir Menulis. Jakarta: Erlangga. Lestari, Prembayun Miji. Bikin Kamu Tergila-gila Membaca. Yogyakarta: BOOK MAGZ Buku Rasa Majalah Pro-U Media. Langan, John. 2005. College Writing Skills, Sixth Edition. The McGraw-Hill Companies,Inc. Masjidi, Noviar. 2007. Agar Anak Suka Membaca. Yogyakarta: Media Insani. Miller, Roberth Keith. 2005. Motives for Writing. tt.p. McGraw- Hill Higher Education. M. Romli, Asep Syamsul. 2010. Lincah Menulis Pandai Berbicara. Bandung: Nuansa. Muanisah. Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Terbuka (OpenEnded) di Kelas VII SMP Sunan Ampel Menganti Gresik-tidak dipublikasikan hlm 13. Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca Disekolah Dasar.Padang: Bumi Aksara. Rahmawati, Dewi Mitra , Sriyono, Ashari. 2014. Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo Jalan. K.H. Ahmad Dahlan, No. 3.Purworejo mitradewirahmawati@gmail.com. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Robbins, P Stephen & Timothy A Judge . 2008. Perilaku Organisasi Organizational Behavior. Sabri, Alisuf. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya. Santi, Danar. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini: Antara Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks. Semi, M. Atar. 2013. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sudarman, Paryati. 2004. Belajar Efektif di Perguruan Tinggi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Sudarsana, Undang & Bastiano. 2014. Pembinaan Minat Baca. Banten: Universitas Terbuka. Sugiarto, Eko. 2014. Mahir Menulis Cerpen. Yogyakarta: Suaka Media. Sukardi, Edy. 2012. Pembelajaran Menulis. Jakarta: Uhamka Press. Sukino. 2010. Menulis Itu Mudah: Panduan Praktis Menjadi Penulis Handal. Yogyakarta: Pustaka Populer LkiS Yogyakarta. Suladi. 2016. Kepala Pusat Pembinaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Pusat Pembinaan. Sumardjo, Jakob. 2007. Catatan Kecil Tentang Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Suyatno. 2009. Struktur Narasi Novel Karya Anak. Surabaya: Jaring Pena. Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Grafindo Persada. citation: Lutvianti, Lutvianti dan Suyatno, Suyatno dan Emzir, Emzir (2018) Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Membaca Dengan Keterampilan Menulis Argumentasi Ssiswa Kelas x MA Aal-Wathoniyah 43 Jakarta Utara. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15098/1/SPS_INDONESIA_1509057028_LUTVI.pdf