eprintid: 15096 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/50/96 datestamp: 2022-06-21 07:45:17 lastmod: 2022-06-21 07:45:17 status_changed: 2022-06-21 07:45:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Tusdayu, Nurkhumaira creators_name: Suyatno, Suyatno creators_name: Solihati, Nani creators_id: nani_solihati@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Peningkatan Kemampuan Menulis Iklan Layanan Masyarakat melalui Model Explicit Instruction (Penelitian Tindakan pada Siswa Kelas VIII B SMP Al-Azhar Syifa Budi Jatibening). ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: Kemampuan Menulis, Model Explicit Instruction, dan Penelitian Tindakan abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis iklan layanan masyarakat melalui model explicit instruction (penelitian tindakan pada siswa kelas VIII B SMP Al-Azhar Syifa Budi Jatibening). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah hasil kemampuan menulis iklan layanan masyarakat siswa kelas VIII B dan perubahan tingkah laku siswa dalam pembelajaran menulis iklan layanan masyarakat melalui model explicit instruction. Fokus utama penelitian ini adalah peningkatan kemampuan menulis menulis iklan layanan masyarakat melalui model explicit instruction. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewis, peneliti melaksanakan model explicit instruction dalam pelajaran menulis iklan layanan masyarakat baik pada siklus 1 maupun siklus 2. Peningkatan kemampuan menulis iklan layanan masyarakat melalui model explicit instruction dapat dilihat pada nilai rata yang diperoleh siswa kelas VIII B pada siklus 1, yakni mencapai nilai rata-rata 75 atau 50% siswa sudah mencapai KKM. Sebelumnya, nilai ratarata siswa kelas VIII B hanya memeperoleh 69,25 atau baru mencapai 15%. Meskipun jika dilihat secara perorangan dari 20 siswa pada siklus I terdapat 10 siswa yang belum mencapai KKM (75). Akan tetapi, jika dibandingkan dengan sebelum dilakukan tindakan jumlah siswa yang belum mencapai KKM berjumlah 17 siswa. Selanjutnya, peningkatan kemampuan menulis iklan layanan masyarakat pada siklus 2 mencapai 100% karena seluruh siswa sudah mencapai KKM. Hasil nilai rata-rata pada siklus 2 yakni 86,5 meningkat 11,5% dari siklus sebelumnya. Meskipun peningkatan tidak terlalu besar namun secara umum kemampuan menulis iklan layanan masyarakat siswa kelas VIII B SMP Al-Azhar Syifa Budi Jatibening terjadi peningkatan yang lebih baik. date: 2018-05-14 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Agustrijanto. 2002. Copywriting; Seni Mengasah Kreativitas dan Memahami Bahasa Iklan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2010. Medesain Model Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group. Alwi, Hasan dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Archer, Anita L. dan Charles A Hughes. 2011. Explicit Instruction; Effective and Efficient Teaching. United States: Library of Congres Cataloging. Conrad, Ronald. 1987. The Act of Writing; Canadian Essays for Composition Second Edition. Canada: McGraw-Hill Ryerson Limited. Ensiklopedi Nasional Indonesia. 2004. Jilid 2 AN-AZ. Jakarta: Delta Pamungkas. Darminto, Dwi Prastowo. 2002. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: YKPN. Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta. Hasnawi. 2006. Pendekatan Contextual Teaching Learning Hubungannya Dengan Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Volume 3 Nomor 1, April 2006. Hidayah, Nurul. 2016. Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Garudhawaca. Huda, Miftahul.2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran; Isu-Isu Metodis dan Pragmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Iskandar, Dadang dkk. 2009. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Universitas Pasundan. Joyce, Bruce dkk. 2009. Models of Teaching (Model-Model Pengajaran). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Kertamukti, Rama. 2015. Strategi Kreatif dalam Periklanan; Konsep, Pesan, Media, Branding, dan Anggaran. Depok: Raja Grafindo Persada. Lefudin. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish. Maley, Alan. 1993. Writing; Tricia Hedge. Berline: Oxford University Press. Moriarty, Sandra E. 1991. Creative Advertising: Theory and Practice. Brasil: Prentic- Hall. Inc. Munandar, Haria dan Dody Priatno. 2004. Prinsip-prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global. Jakarta: Prenada. Nurgiantoro, Burhan. 2010. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE. ---------------------------------. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE. Setiyadi, Bambang. 2014. Penelitian Tindakan untuk Guru dan Mahasiswa. Yogyakarta: Graha Ilmu. Soelaiman. 2007. Manajemen Kinerja ; Langkah Efektif untuk Membangun, Mengendalikan dan Evaluasi Kerja. Jakarta: PT. Intermedia Personalia Utama. Suhandang, Kustadi. 2016. Manajemen, Kiat dan Strategi Periklanan Edisi Revisi. Bandung: Nuansa. Sukardi, Edy. 2012. Pembelajaran Menulis. Jakarta: Uhamka Press. Shoimin, Aris. 2013. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Parera, J.D. 2004. Teori Semantik Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga. Pranomo. 2014. Teori Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Pujiyanto. 2013. Iklan Layanan Masyarakat. Yogyakarta: Andi. Runtiko, Agus Ganjar. 2013. Desain Iklan Layanan Masyarakat Pememrintah. Banyumas: Universitas Jenderal Soedirman. Richards, Jack C. & Willy A. Renandya. 2000. Methodology in Language Teaching; An Anthology of Current Practice. New York: Cambridge University Press. Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran; Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo. Sagor, Richard. 2000. Guiding School Improvement with Action Research. USA: Association for Supervision and Curriculum Development. Sanjaya, Wina. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenamedia. Suhandang, Kustadi. 2016. Manajemen, Kiat dan Strategi Periklanan Edisi Revisi. Bandung: Nuansa. Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas; Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga. Taniredja, Tukiran. 2009. Penelitian Tindakan Kelas; Untuk Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta. Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa. Wells, William etc. 2006. Advertising Principles & Practice. New Jersey: Pearson. Yunus, Suparno Mohamad. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka. citation: Tusdayu, Nurkhumaira dan Suyatno, Suyatno dan Solihati, Nani (2018) Peningkatan Kemampuan Menulis Iklan Layanan Masyarakat melalui Model Explicit Instruction (Penelitian Tindakan pada Siswa Kelas VIII B SMP Al-Azhar Syifa Budi Jatibening). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15096/1/SPS_INDONESIA_1509057020_NURKHUMAIRA%20TUSDAYU.pdf