eprintid: 15095 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/50/95 datestamp: 2022-06-21 04:49:26 lastmod: 2022-06-21 04:49:26 status_changed: 2022-06-21 04:49:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Noveria, Cantika Adinda Putri creators_name: MUSTIKA, SRI creators_name: Wahdiyati, Dini creators_id: diniwahdiyati@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Busana Etnik Sebagai Bentuk Industri Budaya (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Foto-Foto Di Rubrik Busana Tabloid Nova Edisi Desember 2013) ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Dewasa ini, ketika perkembangan pasar fashion di Tanah Air mulai didominasi oleh produk-produk retail shop, busana siap pakai berlabel internasional seperti Zara, Mango, dan lain-lain, ini menandakan bahwa masyarakat Indonesia kurang berempati pada produkproduk lokal yang sebenarnya kualitas dan tampilannya tidak kalah dengan produk-produk internasional. Dengan kata lain, produk internasional memberikan kondisi keberlimpahan yang membebaskan masyarakat untuk berekspresi, namun hal itu pun mempengaruhi lemahnya cakrawala mereka akan kekayaan lokal. Media massa sering mengangkat kekayaan lokal, khususnya busana etnik, sehingga membuat kaum perempuan mengetahui perkembangan fashion di tanah air, sehingga mereka lebih mencintai dan bersedia menggunakan produk dalam negeri. Melihat permasalahan di atas, maka peneliti ingin menggunakan metode analisis semiotika, yaitu analisis semiotika Roland Bhartes. yang perhatiannya terletak pada sistem tanda denotasi, konotasi dan mitos. Dimana semiotika dalam foto melihat bagaimana gambar dimaknai melalui tahap leksia dan lima kode pembacaan. Penelitian ini menggunakan paradigma kritis dan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa busana etnik dalam rubrik Busana tabloid Nova edisi Desember 2013 merupakan pakaian yang dapat digunakan untuk aktifitas-aktifitas tertentu seperti bekerja, menghabiskan waktu di rumah, acara keagamaan, dan acara pesta dengan menyesuaikan jenis model, motif, warna serta penggunaaan aksesoris untuk menunjang penampilan. Pada pemaknaan konotasi, fashion busana etnik ini menjelaskan bahwa busana etnik dapat dilihat sebagai produk dari industri budaya bagi masyarakat yang menegaskan batas-batas sosial yang memiliki biaya sangat tinggi. Ideologi Kapitalisme merupakan pikiran pokok pada rubrik Busana Tabloid Nova untuk menaikkan minat pembaca dan segmentasi “kelas” pembaca naik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan mahasiswa akan kekayaan lokal di Indonesia sehingga dapat menjadi referensi dalam penelitian selanjutnya untuk menggali lebih dalam persoalan-persoalan kekayaan lokal di Indonesia. date: 2014 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Abdullah, Irwan, 2010. Konstruksi dan Reproduksi Kebudayaan. Cet. IV. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Ardianto, Elvinaro. 2007. Komunikasi Massa, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Arifin, Anwar. 2003. Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Barker, Chris. 2005. Cultural Studies : Teori dan Praktik, Terj. Tim KUNCI Cultural Studies Centre. Bentang. Barnard, Malcolm. 2007. Fashion Sebagai Komunikasi: Cara Mengkomunikasikan Indentiitas Sosial, Seksual, Kelas, dan Gender. Yogyakarta: Jalasutra. Budiman, Kris. 2004. Semiotika Visual. Yogyakarta: Buku Baik dan Yayasan Seni Cemeti. Bulaeng, Andi. 2004. Metode Penelitian Komunikasi Kontemporer. Yogyakarta : Andi Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Prenada Media Group. _____________. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial. Jakarta: Prenada Media Group. Denzin, Norman K. dan Lincoln, Yvonna S. 2009. Handbook of Qualitative Research, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Effendy, Onong, Uchjana, 2003. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti _____________________, 2007. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya. Eriyanto, 2005. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta:LKIS. Ermanto. 2005. Menjadi Wartawan Handal dan Profesional. Yogyakarta: Cinta Pena Fiske, John, 1990. Cultural and Communication Studies : Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra. __________, 1990. Introduction to Communication Studies. London: Routledge. Hardiman, F. Budi. 1993. Menuju Masyarakat Komunikatif. Yogyakarta: Kanisius. Hardt, Hanno. 2007. Critical Communication Studies (penrh. Idi Subandy Ibrahim). Yogyakarta: Jalasutra. Stokes, Jane. 2006. How To Do Media And Cultural Studies: Panduan untuk Melaksanakan Penelitian dalam Kajian Media dan Budaya. Yogyakarta: Bentang Pustaka. Kartiwa, Suwati. 1989. Tenun Ikat. Jakarta: Djambatan _____________. 2007. Ragam Kain Tradisional Indonesia Tenun Ikat. Jakarta: P.T. Gramedia Pustaka Utama Kartodirdjo, Sartono. 1992. Pendekatan Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Kohn, Hans. 1984. Nasionalisme, Arti Dan Sejarahnya. PT. Pembangunan: Jakarta Kridalaksana, Harimurti. 1984. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka. Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana Kusumaningrat, Purnama Kusuma dan Hikmat Kusuma Ningrat. 2005. Jurnalistik Teori dan Praktik. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya. Madjadikara, Agus S. 2004. Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan. Jakarta: P.T. Gramedia Pustaka Umum McQuail, Denis. 2005. McQuail's Mass Communication Theory (Fifth Edition). London: Sage Publication. Mulyana, Deddy, 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Pawito. 2008. Penelitain Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKiS Pareno, Sam Abede. 2005. Media Massa Antara Realitas dan Mimpi. Surabaya: Papyrus. Piliang, Yasraf Amir. 2003. Hipersemiotika Tafsir Cultural Studies Atas Matinya Makna. Yogkarta: Jala Sutra Poloma, Margaret M. 1999. Sosiologi Kontemporer. Jakarta: Rajawali Pers. Rajasa, Okke Hatta. 2010. Tenun Handwoven Textiles of Indonesia. Jakarta: Cita Tenun Indonesia. Rakhmat, Jalaluddin, 2005. Metode Penelitian Komunikasi: Dilengkapi Contoh Analisis Statistik. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sendjaja, Sasa Djuarsa, 2003. Materi Pokok Pengantar Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka Severin, Werner .J. dan James W. Tankard, Jr. 2005. Teori Komunikasi Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa. Edisi Kelima. Jakarta: Prenada Media Shafer, Boyd C,1974. Nationalism: Myth and Reality. New York : Harcourt Brace Jovanovich Siregar, Ashadi, 2000. Bagaimana Mengelola Media Korporasi-Organisasi. Yogyakarta: Kanisius. Sobur, Alex. 2009. Analisis Teks Media. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Sobur, Alex. 2009. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya. Suhandang, Kustadi. 2004. Pengantar Jurnalistik Seputar Organisasi, Produk, dan Kode Etik. Bandung: Nuansa. Sumadiria, AS. Haris, 2006. Jurnalistik Indonesia: Menulis Berita dan Feature (Panduan Praktis Jurnalis Profesional). Bandung: Simbiosa Rekatama Media Sunardi, St, 2004. Semiotika Negativa. Yogyakarta: Buku Baik Yogyakarta. Sutrisno, Mudji dan Hendar Putranto. 2005. Teor-teori Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius. Tubbs, Stewart L.Moss, Sylvia, 2001. Human Communication: Prinsipprinsip Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Vardiansyah, Dani, 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi: Pendekatan Taksonomi. Bogor: Ghalia Indonesia Walgito, Bimo, 2003. Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta: ANDI Wibisono, Christianto. 1997. Pengetahuan Dasar Bagi Wartawan Indonesia. Jakarta: Dewan Pers. Wibowo, Wahyu, 2007. Berani Menulis Artikel Babakan Baru kiat Menulis Artikel untuk Media Massa Cetak. Jakarta: P.T. Gramedia Putaka Utama. Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: P.T. Gramedia Widiasarana Internet E-BOOK: http://www4.ncsu.edu/~mseth2/com417s12/readings/HallRepresentation.PDF Judul: Representation: Cultural Representation and Signifying Practies edited by Stuart Hall. London: Sage Publication, 1997, diakses pada 1 Januari 2014 pukul 14.57 WIB. E-PAPER: http://file.upi.edu/Direktori/FPTK/JUR._PEND._KESEJAHTERAAN_KELU ARGA/195509291983032- MALLY_MAELIAH/Bahan_Ajar_BU_451_Inovasi_Busana_Etnik/BAB__V III_iNOVASI_bUS_eTNIK.pdf Judul: Inovasi Busana Etnik oleh Mally Maeliah, 2009, diakses pada 1 Januari 2014 pukul 15.57 WIB http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/661/jbptunikompp-gdl-regaperdan-33037- 10-unikom_r-i.pdf Judul: Tinjauan Motif Songket Palembang Bungo Pacik, diakses pada 2 September 2014, pukul 0.42 WIB. BLOG: http://butskibutong.wordpress.com/kain-tradisional-indonesia-pelangi-budayanusantara/ Judul: Kain Tradisional Indonesia Pelangi Budaya Nusantara oleh Syarief Nur Iman, diakses 27 Desember 2013, pukul 00:38 WIB. http://uripsantoso.wordpress.com/2011/10/21/arti-warna-dalam-kehidupansehari- hari/ Judul: Arti Warna dalam Kehidupan Sehari-hari oleh Prof. Ir. Urip Santoso, S.IKom., M.Sc., Ph.D, diakses pada 15 Mei 2014, pukul 19.54 WIB http://elliefashionbag.wordpress.com/2012/03/05/cara-memilih-clutch-bag/ Judul: Cara Memilih Cltuc Bag oleh Erry Astari, diakses pada 21 Mei 2014, 19.45 WIB http://www.mrslarasati.com/2014/01/jenis-sepatu-wanita.html Judul: Jenis Sepatu Wanita oleh Mrs.Larasati, diakses pada 21 Mei 2014, pukul 8.59 WIB MEDIA ONLINE: detik.com/news/read/2012/03/091242/1805159/686/cantiknya-sepat-pumpshoes- bagi-si-feminin, diakses pada 21 Mei 2014, pukul 17.55 WIB WIKIPEDIA: http://id.wikipedia.org/wiki/Kaus_tanpa_lengan, diakses pada 21 Mei 2014, pukul 20.00 WIB http://id.wikipedia.org/wiki/tunik , diakses pada 21 Mei 2014, pukul 17.45 WIB SKRIPSI Maulina, Cahya, 2008. Membongkar Tren Busana Muslimah sebagai Budaya Populer (Analisis Kritis Terhadap Tren Busana Muslimah dalam Rubrik Noor Style di Majalah Noor). Jakarta: UHAMKA. citation: Noveria, Cantika Adinda Putri dan MUSTIKA, SRI dan Wahdiyati, Dini (2014) Busana Etnik Sebagai Bentuk Industri Budaya (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Foto-Foto Di Rubrik Busana Tabloid Nova Edisi Desember 2013). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15095/1/FISIP_ILKOM_1006015014_Cantika%20Adinda%20Putri%20Noveria.pdf